Penerapan Good Governance, Dispusip Lakukan Pembinaan Kearsipan kepada Inspektorat Pekanbaru

oleh -362 views

PEKANBARU – Dalam upaya mewujudkan clean and good government yang sejalan dengan program Smart Government, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan Kearsipan yang dilaksanakan pada Kamis (6/2/2020) pagi. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Inspektorat Kota Pekanbaru. Hadir dalam kegiatan ini, Inspektur, pejabat struktural dan fungsional, serta seluruh staf Inspektorat Pekanbaru.

WhatsApp Image 2020-02-06 at 11.57.25 (1)

Sosialisasi dan pembinaan ini sendiri diisi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Pekanbaru selaku pembina kearsipan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Pemko Pekanbaru. Kepala Dispusip Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonna MSi hadir langsung di kegiatan ini dan didampingi Kabid Kearsipan, Nurfasary SPd serta beberapa pejabat fungsional Arsiparis.

Inspektur Inspektorat Kota Pekanbaru, Syamsuwir, mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini dipercepat dari rencana sebelumnya. Untuk jadwal di inspektorat, sosialisasi kearsipan harusnya diadakan Juni 2020 nanti. “Namun karena urusan kearsipan ini sangat penting, saya meminta kepada Ibu Kadis untuk segera melakukan pembinaan di awal tahun ini,” sebutnya.

Syamsuwir juga menganggap sosialisasi ini perlu karena nilai rata -rata Laporan Audit Kearsipan Internal (LAKI) di Pekanbaru sangat rendah di masing-masing OPD. Pembinaan ini akan dilakukan selama empat hari, meliputi bimbingan teknis (bimtek) kearsipan serta penggunaan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD).

“Aplikasi SIKD ini merupakan aplikasi yang dibangun untuk mengelola surat menyurat di OPD,” sebut Syamsuwir.

Syamsuwir juga minta jajarannya untuk menyusun jadwal retensi arsip dan menyerahkannya ke Dispusip selaku Lembaga Kearsipan Daerah (LKD). Ia juga meminta agar aplikasi SIKD diterapkan di Inspektorat.

WhatsApp Image 2020-02-06 at 11.57.25 (3)

Sementara itu Kepala Dispusip Pekanbaru, Nelfiyonna menyatakan bahwa pengelolaan arsip di OPD harus dilaksanakan dengan baik. Untuk mencapai indikator pemerintah yang baik atau smart government, memerlukan good and clean government atau pemerintah yang baik dan bersih. Untuk mewujudkannya, diperlukan tata pemerintahan yang baik atau good governance. Maka dari itu, pengarsipan yang baik di tiap OPD mutlak diperlukan.

“Arsip mewariskan informasi berharga kepada penerus. Arsip itu vital dan tidak tergantikan. Merekam keputusan, tindakan-tindakan, memori. Dalam roadmap reformasi birokrasi, juga tercantum perubahan yang perlu dilakukan adalah pengelolaan kearsipan yang handal.” sebut Nelfiyonna.

Berdasarkan hasil LAKIyang dilakukan oleh Tim Pengawasan Kearsipan Internal Pemko Pekanbaru terhadap 45 OPD di lingkup Pemko 2019 lalu, menunjukkan hasil yang masih jauh dari memuaskan. Ini menjadi momentum bagi OPD untuk mengevaluasi komitmen dalam mengimplementasikan budaya tertib arsip. Di awal tahun 2019, Pemko juga sudah melakukan penandatanganan komitmen bersama dalam Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di lingkup Pemko Pekanbaru.

“Hal ini juga menjadi tolok ukur yang menunjukkan bahwa pelaksanaan pembinaan kearsipan yang dilaksanakan oleh Dispusip sebagai lembaga pembina kearsipan daerah belum optimal,” ujar Nelfiyonna.

Dalam membangun budaya tertib arsip, ujar Nelfiyonna, pembinaan kearsipan merupakan salah satu tahapan penting dalam penyelenggaraan kearsipan. Melalui pembinaan kearsipan, dapat dilakukan upaya seperti koordinasi, bimbingan teknis, supervisi, dan sebagainya dari lembaga pembina kearsipan kepada pihak pencipta arsip.

WhatsApp Image 2020-02-06 at 11.57.26

“Budaya tertib arsip yang mapan memerlukan proses internalisasi kearsipan melalui pelaksanaan pembinaan secara sistematik kepada pencipta arsip. Agar pencipta arsip dapat memahami dan mematuhi norma, standar, kriteria, prosedur yang tercantum dalam regulasi kearsipan,” jelas Nelfiyonna.

Nelfiyonna juga menyampaikan apresiasi terhadap komitmen Kepala Inspektorat untuk memperbaiki pengelolaan kearsipan di OPD-nya. Dispusip juga akan menjadikan Inspektorat sebagai salah satu dari lima pilot project pembinaan kearsipan di tahun ini. “Kami akan menjadikan Inspektorat jadi salah satu dari lima pilot project pembinaan kearsipan tahun ini,” pungkas Nelfiyonna.

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru #DispusipPekanbaru
#salamLiterasi#ayokeperpustakaan#Ayomembaca#perpustakaan #kearsipan
#budayabaca#perpussemakinbaik #mobilkelilingperpustakaan#Indonesia
#Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book
#archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu #BICorner
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaa
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.Pku
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-n dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.