Sosok PNS Pejuang Literasi, Kadispusip Jadi Pembicara Webinar GPMB dan Perpusnas

oleh -301 views

Pekanbaru – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonna M Si berkesempatan menjadi pembicara dalam acara Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia dengan tema jelang 20 tahun GPMB seri minat baca kedelapan : sosok-sosok PNS pejuang literasi dalam obsesi dan aksi, ahad (24/01/2021).

“Umum di daerah bahwa masalah anggaran dan SDM terbatas, ini bisa diatasi dengan semangat tinggi. Bagaimana kita menggerakan teman-teman jajaran Dispusip untuk bersama-sama bersinergi menggandeng CSR dan stake holder lainnya untuk meningkatkan minat baca,” kata Nelfiyonna.

Sejak 2015 lalu, Yonna sapaan akrabnya menyampaikan bahwa Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru telah mengalami peningkatan jumlah pengunjung yang datang pustaka, taman baca masyarakat (TBM) maupun digital library Pekanbaru. Dari tahun 2015 hanya sekitar 26 ribu pengunjung, sekarang kunjungan sudah mencapai 420 ribu pengunjung.

“Ini tidak akan terwujud jika kita tidak melakukan inovasi dan kreativitas untuk kemajuan minat dan budaya baca masyarakat itu sendiri. Dalam membangun budaya baca yang terpenting adalah harus bekerja dengan sepenuh hati,” tambahnya.

Webinar skala nasional ini menampilkan tema khusus guna menunjukan bagaimana para Aparatur Sipil Negara (ASN) bergiat literasi untuk mendorong peningkatan minat baca pada masyarakat. Hal ini disampaikan Ketua II PP GMPB Bidang Prokestra, Herlina Mustikasari dalam sambutannya.

“Indeks literasi masyarakat sejatinya merupakan parameter capaian literasi masyarakat. Kami berharap acara ini bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat untuk mendengar apa yang sudah dilakukan ASN ditengah kesibukan mereka masing-masing,” ucapnya.

Selain itu, webinar juga menghadirkan berbagai pengiat literasu dari berbagai daerah di Indonesia, diantaranya Melkion Donald selaku Kepala Seksi Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur, Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Penulis, Muhsin Kalida, Ketua Forum TBM Maluku Utara dan DPAD Kota Ternate, Mashur Abdullah Tomagola, Ketua GPMB dan ASN Kabupaten Bekasi, Sapto Nopriantoro dan Ketua Imum PP-GPMB dan Dosen IPDN Kemendagri, Tjahjo Suprajogo.

Acara terbuka untuk umum melalui Live Zoom Meeting. Dimana, peserta sebelumnya telah mendaftar di bit.ly/SeriMinatBaca8.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.