Novel Pergi (Sinopsis Buku)

oleh -15.419 views

pergiii

Judul : Pergi
Penulis : Tere Liye
Co-author :Sarippudin
Penerbit : Republika Penerbit
Tebal Buku : iv+455 halaman; 13.5 x 20.5 cm
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : April 2018
ISBN : 9786025734052

Sinopsis :

Sebuah kisah tentang menemukan tujuan, ke mana hendak pergi, melalui kenangan demi kenangan masa lalu, pertarungan hidup-mati, untuk memutuskan ke mana langkah kaki akan dibawa.

Kata “PERGI” dikatakan jika saah seorang akan menuju ke suatu tempat, atau bisa jadi menjadi menjadi suatu tujuan hidup seseorang. Menetukan akan kemana setelah ini itu tidaklah mudah, apalagi itu berhubungan dengan hidup pribadi. prosesnya tidak lah sesingkat ketika membuat status social media kalian.

Yah cerita dalam novel ini tentang Bujang, ya tokoh yang sama di novel PULANG dengan pengarang yang sama yaitu Tere Liye. Berkisah tentang Bujang yang sibuk menjadi pentolan keluarga Tong. Keluarga Tong adalah salah satu dari shadow economy. Shadow economy sendiri dibagi beberapa keluarga dengan daerah – daerah tersendiri. Terlalu rumit urusan keluarga shadow economy tersebut.

Kehidupan bujang setelah ditinggal oleh orang – orang terdekat nya seperti mamak, Tauke besar, dan beberapa guru yang mengajarinya. Bujang tinggal tetap di markas keluarga tong di ibu kota. Kali ini Bujang telah memiliki banyak rekan dan beberapa rekan lamanya yang ada di novel sebelumnya. Di cerita ini Bujang bukanlah menjadi tukang pukul nomor satu di keluarga tong, tetapi juga tetap menjadi keluarga tong.

Bujang bekerja sama dengan kepala tukang pukul keluarga tong yaitu Togar dan orang yang ada di novel sebelumnya yaitu Parwez untuk membawa keluarga Tong menjadi lebih besar dan berkembang kearah yang lebih baik.

Di novel ini bujang bertemu dengan Thomas ya yaitu salah satu tokoh di novel negeri para bedebah dan negeri di ujung tanduk. dan tokoh yang muncul beberapa kepala keluarga dari shadow economy. Dan ada sosok bertopeng misterius yang muncul di meksiko yang telah mengetahui nama asli bujang, padahal tidak sembarangan orang tahu nama asli dari Bujang si babi hutan.

==============================================================================

Tidak menyangka bahwa novel Pulang akan ada novel berikutnya yang mengisahkan kisah sang Bujang anak dari tukang pukul keluarga tong yaitu Samad, dan cucu dari si mata merah yang terkenal di daerahnya.  Novel yang menceritakan banyak tentang siapa bujang, dan beberapa keluarga shadow economy.

Ya ini novel aksi dari Tere Liye ya berlanjut dari novel sebelumnya. Saran saja jika ingin membaca novel pergi ini sebaiknya baca novel sebelumnya dulu yaitu pulang. Masih suka dengan novel aksinya banyak adegan aksi dari teknik bela diri, menembak pistol dan lain lain seperti di film – film action pada umumnya. Di novel ini tidak hanya bercerita tentang aksinya saja, yang lebih dominan juga adalah masalah keluarga. Ya masaah keluarga Bujang, Samad dan Midah. Terharu hampir, saat membaca bagian suratnya.

Untuk kalangan membaca dianjurkan untuk usia 15+ , karena ada peringatan di bagian cover belakang U15+ , jadi pembaca yang usia kurang tidak di anjurkan untuk membaca. Disetiap novel TERE LIYE ini pasti ada pelajaran yang dipetik.

Latar cerita ada dari berbagai negara, seperti Indonesia, Singapura, Meksiko, Hongkong  dan beberapa negara lainnya.

Siapakah sosok bertopeng yang muncul di Meksiko dihadapan Bujang dan temannya?

Berhasilkah Bujang menentukan hakikat PERGI untuk dirinya?

Silahkan baca buku PERGI karangan Tere Liye  ini 😀😀

Sumber: https://duniaresensinovel.wordpress.com/2018/04/20/resensi-novel-pergi/

————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.