Wujudkan Perpustakaan Berkualitas, Dispusip PKS dengan 23 Sekolah di Pekanbaru

oleh -741 views

Pekanbaru – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru merangkul  kepala sekolah untuk mengembangkan perpustakaan sekolah sesuai standar yang ditetapkan. Komitmen ini ditandai dengan adanya penandatangan perjanjian kerjasama (PKS) dengan 23 sekolah.

“Sebelumnya PKS ini, Dispusip juga telah melaksanakan PKS dengan Kepala Dinas Pendidikan, bapak Abdul Jamal terkait komitmen dan dukungan dua opd untuk memajukan perpustakaan sekolah,” ungkap Kepala Dispusip Kota Pekanbaru, Hj. Erna Juita, SH,. M.Si pada Sabtu (29/7/2023).

Selain itu, Erna juga menyampaikan tujuan PKS dilakukan ialah untuk meningkatkan pengelolaan perpustakaan di masing-masing sekolah dengan adanya pembinaan dan koordinasi oleh para pustakawan. Informasi yang diterima saat ini, terdapat sekitar 528 sekolah tingkat TK, SD, dan SMP di Kota Pekanbaru. Sayangnya, hanya 50 sekolah yang memiliki perpustakaan yang sudah terakreditasi, dan ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah.

“Momentum ini menjadi kesempatan bagi pemerintah untuk mendorong perpustakaan sekolah agar bisa terakreditasi,” tambahnya.

PKS menjadi instrumen penting dalam menggerakkan perubahan positif. Dalam kesepakatan ini, Dispusip berkomitmen untuk memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan untuk memajukan perpustakaan di sekolah-sekolah, diantaranya layanan pinjam paket buku, pembinaan hingga pelatihan bagi pengelola perpustakaan.

“Dengan dukungan kepala sekolah pastinya. Bagaimana memberikan akses pendidikan berkualitas bagi generasi penerus bangsa. Karena perpustakaan bukan hanya sekadar ruang kosong dengan rak-rak buku, melainkan oase pengetahuan yang hidup, memberikan inspirasi dan membuka jendela dunia bagi para siswa,” ujarnya.

Berikut daftar sekolah yang melaksanakan PKS dengan Dispusip Kota Pekanbaru

  1. TK Metta Maitreya Kota Pekanbaru
  2. SD Kemala Bhayangkari 01 Kota Pekanbaru
  3. SD Metta Maitreya Kota Pekanbaru
  4. SD IT Islam Terpadu Al-Andalus
  5. SD Islam Terpadu Raudhaturrahmah
  6. SD Negeri 7 Kota Pekanbaru
  7. SD Negeri 20 Kota Pekanbaru
  8. SD Negeri 58 Kota Pekanbaru
  9. SD Negeri 69 Kota Pekanbaru
  10. SD Negeri 85 Kota Pekanbaru
  11. SD Negeri 182 Kota Pekanbaru
  12. SD Negeri 103 Kota Pekanbaru
  13. SD Negeri 112 Kota Pekanbaru
  14. SD Negeri 118 Kota Pekanbaru
  15. SD Negeri 133 Kota Pekanbaru
  16. SD Negeri 152 Kota Pekanbaru
  17. SD Negeri 170 Kota Pekanbaru
  18. SD Negeri 182 Kota Pekanbaru
  19. SD Annur Kota Pekanbaru
  20. MTs Negeri 1 Kota Pekanbaru
  21. SMP Negeri 31 Kota Pekanbaru
  22. SMP Negeri 41 Madani Kota Pekanbaru
  23. SMK Metta Maitreya Kota Pekanbaru

About the author

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

No More Posts Available.

No more pages to load.