Wujudkan Kemakmuran Masyarakat Lewat Perpustakaan Kelurahan

oleh -147 views

Pekanbaru – Perpustakaan sebagai bagian dari unsur penting dalam mencerdaskan anak bangsa perlu tetap berkiprah dalam memberikan informasi ilmu meski ditengah pandemi Covid-19, Kamis (15/7/2021).

Pada Rabu (14/7/2021) lalu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru mendampingi tim juri melakukan visitasi Lomba Perpustakaan umum Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Riau ke Perpustakaan Melebung Cerdas Kelurahan Melebung, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

“Perpustakaan kelurahan sangat berperan dalam memberikan sumber informasi yang sesuai dan dibutuhkan masyarakat setempat. Dengan keikutsertaan Perpustakaan Melebung Cerdas mewakili Kota Pekanbaru dalam perlombaan perpustakaan umum desa/kelurahan di tingkat Provinsi Riau diharapkan bisa mendukung terciptanya kemakmuran bagi masyarakatnya,” kata Kepala Dispusip Kota Pekanbaru, Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si melalui Kepala Bidang P4KM, Robert Panjaitan, S.E.

Seperti diketahui, Perpustakaan Melebung Cerdas akan bersaing dengan enam perpustakaan lainnya dari Kabupaten/Kota se Provinsi Riau untuk meraih juara 1 dan bertanding ke tingkat nasional. Untuk itu, ia berharap keikutsertaan Perpustakaan Melebung Cerdas dalam lomba perpustakaan desa tingkat Provinsi Riau bisa menjadi motivasi kelurahan yang ada di Kota Pekanbaru untuk mengembangkan budaya literasi.

“Sehingga mampu mendorong inovasi, kreatifitas dan pemerataan informasi masyarakat di kelurahan. Dan sebagai pusat pemberdayaan masyarakat, perpustakan kelurahan juga harus mampu mengembangkan potensi masyarakat dengan berbasis literasi,” ujarnya.

Tahapan awal penilaian dilaksanakan dengan melakukan penilaian administrasi oleh tim juri dengan memeriksa instrumen lomba berikut bukti fisiknya. Hasil dari penilaian administrasi dan presentasi yaitu terpilihnya tujuh perpustakaan yang akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu penilaian visitasi. Tim juri visitasi terdiri dari Rudi Candra Deni, SE, dan Amirti, S.Sos dari Dipersip Riau, juri Dr. Suriani S.Ag, SS, M.Si, pustakawan UIN Suska Riau serta Kunni Masrohanti Wartawan Riau Pos.

Lomba ini diikuti tujuh peserta, diantaranya Perpustakaan Melebung Cerdas Kota Pekanbaru, Perpustakaan Umar Yunus Kabupaten Rokan Hulu, Perpustakaan Ogung Mandiri Kabupaten Pelalawan, Perpustakaan Bina Ilmu Kabupaten Siak, Perpustakaan Bunga Bangsa Kota Dumai, Perpustakaan Encik Nurlela Kabupaten Bengkalis dan Perpustakaan Jendela Ilmu Kabupaten Kampar.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.