Workshop Dispusip Pekanbaru dan Erlangga : Perpustakaan di Era Digitalisasi

oleh -102 views

Pekanbaru – Perpustakaan penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dimasa pandemi covid-19 sekarang ini. Perpustakaan harus berkembang dan bergeser dari konvensional menjadi digital library. Tuntutan ini juga datang dari perkembangan teknologi yang semakin canggih dan generasi millenial yang tidak bisa dipisahkan dengan teknologi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Ir.Hj Nelfiyonna, M.Si saat menjadi pembicara dalam workshop pembuatan program e-library dan manajemen pengelolaan perpustakaan sekolah berbasis digital kerjasama Penerbit Erlangga dengan Dispusip Kota Pekanbaru mengatakan perpustakaan diharapkan dapat merubah tampilan ruangan semenarik mungkin agar peserta didik mau berkunjung ke pustaka serta melakukan peralihan koleksi buku cetak ke digital, Kamis (11/2/2021).

“Pengelolaan perpustakaan digital di sekolah akan membantu peserta didik dalam mengakses sumber buku untuk belajar. Bagaimana membuat perpustakaan menarik dikalangan milenial, salah satu caranya digitalisasi. Upaya ini juga dilakukan Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru dengan menghadirkan inovasi aplikasi iPekanbaru dalam genggaman. Dengan delapan ribu judul buku yang bisa diakses melalui smartphone kapanpun dan dimanapun,” kata Nelfiyonna.

Komitmen bersama membudayakan literasi tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan perpustakaan sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam meningkatkan mutu pendidikan dan melahirkan SDM unggul. Untuk itulah, Pemerintah juga membangun strategi budaya literasi dari hulu ke hilir, mulai dari lingkungan keluarga membiasakan budaya membaca dan menulis sejak dini.

“Di lingkungan sekolah, perpustakaan sekolah adalah sarana penting setelah kelas belajar. Artinya perpustakaan harus dibenahi sesuai dengan Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SD hingga SMA. Serta lingkungan masyarakat, kami berkolaborasi dengan berbagai komunitas dan stakeholder menyediakan sarana dan kemudahan akses membaca. Contohnya saja Pusteling, TBM, perpustakaan digital hingga lomba literasi,” jelasnya.

Selain Nelfiyonna, kegiatan workshop juga menghadirkan Ketua Dewan Perpustakaan Provinsi Riau, Dr. Chaidir, MM, Manager Produk Digital Erlangga, Hardian Tjahjo Permono, SE, MM, Pustakawan Nasional, Dr. Drs. H Muhammad Tawwaf, S.IP,.M.Si. Kegiatan diikuti oleh 452 peserta zoom meeting dari seluruh Indonesia.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.