Warisan Generasi Mendatang, Dispusip Mengadakan Rapat Penyelamatan Arsip Bersama Chevron dan ANRI

oleh -50 views

Pekanbaru – PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) yang dahulu bernama Caltex Pacific Indonesia telah berada di wilayah Indonesia, khususnya Propinsi Riau sejak tahun 1924 an untuk mengeksplorasi minyak bumi. Lebih dari 90 tahun, Chevron telah memproduksi lebih dari 12 miliar barel minyak dari wilayah Riau dan Kalimantan.

Seperti diketahui, Perusahaan yang berkantor di Rumbai, Kota Pekanbaru itu akan diambil alih oleh  PT Pertamina (Persero) pada Agustus 2021 mendatang. Untuk itu, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru berupaya menyelamatkan arsip dalam proses transisi tersebut.

Pada Selasa (9/2/2021), Dispusip Pekanbaru mengadakan rapat penyelamatan arsip statis sebagai memori kolektif bangsa bersama pihak PT Chevron, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan komunitas melalui daring. “Chevron telah menjadi bagian dalam sejarah perkembangan Kota Pekanbaru. Seperti bagaimana bus-bus karyawan yang parkir disekitar bioskop Lativa menjadi sebuah cerita hangat masyarakat, foto Pekanbaru juga terdokumentasi dengan baik oleh PT Chevron. Kondisi saat ini menjadi kesempatan besar sekaligus tanggungjawab bagi kami untuk menyelamatkan arsip,” kata Kadispusip Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonna M Si.

Nelfiyonna yang juga menjabat sebagai Kepala Lembaga Kearsipan (LKD) Kota Pekanbaru mengatakan pengelolaan arsip pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman literasi kepada masyarakat yang dimulai dari baca tulis. Sementara, pengembangan literasi selanjutnya seperti literasi digital, numerik dan lainnya tetap membutuhkan keberadaan perpustakaan sebagai pengelola sistem pengarsipan yang ada di Indonesia.

“Arsip itu penting sebagai sumber informasi, dokumentasi serta menjadi bukti catatan peristiwa personal, kelompok hingga kehidupan bernegara dimasa lampau yang lebih otentik,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Akuisisi ANRI, Rudi Anton mengatakan ada tigal hal yang akan diwariskan ke anak cucu di masa mendatang yakni, sumber daya alam (SDA), lingkungan yang terjaga dan kondisi masa kini yang menjadi informasi bagi generasi mendatang. Selama 97 tahun mengelola perusahaan di Indonesia, perjalanan Chevron telah terekam melalui arsip.

“Arsip Chevron bisa menjadi pembelajaran. Berapa puluh disertasi, tesis, skripsi maupun disiplin ilmu yang bisa lahir. Penyelamatan arsip bukan bicara sepuluh atau dua puluh tahun, tapi bicara ratusan tahun selama negara Indonesia masih berdiri,” ungkapnya.

Selanjutnya, Manager Corporate Affairs Asset South PT CPI Wan Dedi Yudhistira menyebutkan sampai saat ini pihaknya masih dalam proses penataan dan pemetaan dokumen. Setelah diputuskan oleh pemerintah Indonesia kontrak Blok Rokan diserahkan ke PT Pertamina sebagai operator baru. “Pembicaran mengenai arsip juga telah kami lakukan dengan beberapa pihak terkait hal tersebut. Ada proses transisi, sampai saat ini masih dalam tahap pemisahaan,” tutupnya.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.