Uji Cerdas 110, Membaca Bercerita 100 Semifinalis

BABAK penyisihan Uji Cerdas Sang Juara sudah usai Sabtu (26/3) lalu. Rencana awal, untuk lomba ini ada 100 siwa-siswi berprestasi yang akan lolos ke semifinal, tapi nyatanya membengkak menjadi 110 siswa-siswi karena terdapat nilai rata-rata yang sama, maupun dukungan yang sama terhadap peserta lomba. Menurut Koordinator Event Gerakan Gemar Membaca, Syaiful Azim, 110 siswa-siswi yang lolos ke babak semifinal Uji Cerdas berasal dari 70 siswa-siswi yang mengikuti ujian tulis dan mendapatkan nilai tertinggi, serta 40 siswa-siswi berasal dari empat grup, yakni grup A, grup B, grup C dan grup D, yang mendapatkan peringkat 1 sampai 10 dukungan kupon poling terbanyak pembaca.

“Dari 70 peserta yang mendapatkan nilai tertinggi saat Uji Cerdas, ada juga mereka mendapatkan banyak dukungan poling. Dukungan poling itu juga menjadi penentu di babak final kelak, apabila nanti saat Uji Cerdas, nilai rata-rata mereka sama saat ujian tertulis,” kata syaiful.

Pada babak semifinal, sudah tidak ada lagi pembagian grup. Semuanya sudah menjadi satu kelompok lomba. “Grup A, B, C dan D sudah dibubarkan. Nantinya, dari 110 semifinalis yang berada dalam satu kelompok ini, akan diambil 50 persen siswa-siswi berprestasi yang akan masuk babak final, terdiri dari 40 peserta ujian tulis dan 15 siswa-siswi yang mendapatkan poling tertinggi. Makanya, silahkan terus memberikan dukungan kepada peserta,” kata Syaiful.

Begitu pun dengan Lomba Bercerita sambil Membaca Buku;  nantinya akan diambil 100 siswa-siswi berprestasi untuk berlaga di babak semifinal. Yakni terdiri dari peringkat 1 hingga 4 sebanyak 40 siswa-siswi ditambah 60 siswa-siswi yang mendapatkan dukungan poling terbanyak.

Khusus untuk perlombaan Tantangan Membaca, setelah diverifikasi terdapat 300 siswa-siswi yang “Gila Membaca” yang layak ikut perlombaan di babak penyisihan yang akan berlangsung di Perpustakaan Kota Pekanbaru, Jalan Dr Sutomo No 1 Gobah Pekanbaru. “Nanti mereka yang 300 ini akan diuji juga, apakah benar-benar memang sudah banyak membaca buku atau tidak. 100 siswa-siswi di perlombaan ini yang nanti akan masuk babak semifinal dan 50 saja yang masuk babak final,” jelas Syaiful.

Para pemenang utama di ketiga lomba ini akan mendapatkan hadiah-hadiah yang sudah dijanjikan Riau Pos, yakni tabungan pendidikan, produk dari sponsor serta wisata edukasi gratis ke Jakarta. “Kalau bertemu dan berfoto bersama Mendikbud Anies Baswedan sudah ditunaikan Riau Pos pada saat pencanangan Riau Provinsi Literasi,” tutup Syaiful. (eko)

bpa-pekanbaru pustaka riau

LOKASI LOMBA : Gedung Pustaka Kota Pekanbaru akan menjadi lokasi pergelaran lomba Bercerita sambil Membaca Sang Juara Riau Pos.

Sumber : Riaupos edisi 30 Maret 2016 hal. 19

 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :