Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Perpustakaan Melebung Cerdas Kembangkan Bunga dari Amsterdam

oleh -90 views

Pekanbaru – Perlahan tapi pasti, program transformasi perpustakaan yang berbasis inklusi sosial terus diterapkan di Pekanbaru. Salah satu yang menerapkannya program tersebut yakni Perpustakaan Melebung Cerdas Cerdas Kampung KB Kembang Serai, Kelurahan Melebung, Kecamatan Tenayan Raya.

Melebung Cerdas 1

Perpustakaan tersebut sebelumnya diresmikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonna MSi pada akhir Desember 2019 lalu. Perpustakaan komunitas ini termasuk perpustakaan yang cukup aktif meski lokasinya berada di pinggiran kota Pekanbaru.

Melebung Cerdas

Setiap hari, Perpustakaan Melebung Cerdas selalu didatangi oleh pengunjung, terutama anak-anak yang banyak membaca buku bergambar di perpustakaan tersebut. Namun tidak hanya tempat membaca, Perpustakaan Melebung Cerdas juga menjadi basis kegiatan untuk kesejahteraan masyarakat.

Melebung Cerdas 6

Salah satu kegiatan yang digagas oleh Perpustakaan Melebung Cerdas ini adalah kegiatan Ibu-Ibu Kader Kampung KB untuk membudidayakan bibit bunga dari Amsterdam, Belanda. Bibit bunga ditanam dengan memaksimalkan halaman dan pekarangan rumah. Kegiatan ini sendiri melibatkan sekitar 40 orang kader ibu-ibu PKK di Kelurahan Melebung, Tenayan Raya.

Melebung Cerdas 4

Kepala Dispusip Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonna MSi, menyebutkan bahwa perpustakaan berbasis inklusi sosial ini merupakan langkah awal untuk mentransformasi lembaga perpustakaan. Ini perlu dilakukan dengan perubahan paradigma di mana perpustakaan yang semula hanya hanya menjadi tempat transfer ilmu menjadi pusat kegiatan masyarakat.

“Perpustakaan tidak hanya sebagai tempat menyimpan buku saja. Dengan adanya program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang digagas Perpusnas, perpustakaan menjadi tempat pusat kegiatan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Nelfiyonna.

Melebung Cerdas 5

Ketua Penyuluh Program Kependudukan, KB, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), Ade Annisa, mengatakan bahwa salah satu program tersebut memberdayakan lahan pekarangan di rumah masing-masing. Para kader diberikan bibit bunga dari berbagai jenis yang berasal dari Amsterdam untuk ditanam di pekarangan.

“Dalam program ini kita memanfaatkan Perpustakaan Melebung Cerdas sebagai basis untuk pembelajaran menanam bunga. Jadi tanaman bunga kita ini merupakan hasil dari transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial,” sebut Ade.

Melebung Cerdas 3

Tanaman bunga ini nantinya akan dimanfaatkan masyarakat untuk kesejahteraan keluarga serta memperindah pekarangan rumah. Sedangkan untuk jangka panjang, terjadi kerjasama lintas sektor di mana Kampung KB menjadi salah satu destinasi wisata. “Karena sungai di sini bisa dijadikan tempat memancing dengan berbagai macam jenis ikan, ditambah dengan banyak tanaman bunga,” sebut Ade,

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru #DispusipPekanbaru
#salamLiterasi#ayokeperpustakaan#Ayomembaca#perpustakaan #kearsipan
#budayabaca#perpussemakinbaik #mobilkelilingperpustakaan#Indonesia
#Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book
#archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu #BICorner
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.Pku
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.