Tips Mudah Membangun Perpustakaan Dengan SLiMS (Senayan Library Management System)

oleh -219 views

slims

BPA Pekanbaru- Perpustakaan tanpa system yang sudah terkomputerisasi adalah hal yang sangat rumit karena dalam mengelola baik koleksi buku sampai pada pelaporannya masih manual. Pustakawan menggunakan kertas mulai dari menulis koleksi bukku, memasukkan kode buku, membuat daftar anggota baru,membuat kartu perpustakaan, kartu katalog hingga membuat pelaporan. Selain ketelitian dari pustakawan ini juga membutuhkaan waktu yang lama. Bayangkan jika disuatu perpustakaan yang mempunyai koleksi ribuan bahkan sampai puluhan ribu buku – buku, maka diperkirakan dalam setahun pustakawan kerjanya hanya input bibliography saja. Belum lagi membuat kartu katalog, kartu perpustakaan hingga datangnya pengunjung yang ingin meminjam buku di perpustakaan.

Maka dari itu dibutuhkan system perpustakaan yang mampu secara khusus menangani pengelolaan perpustakaan. Salah satu system itu adalah dengan menggunakan aplikasi senayan library management system (SLiMS). Pada aplikasi SLiMS ini sudah menjawab semua kebutuhan dari perpustakaan baik input bibliography, input data eksemplar, input data anggota pustaka hingga proses cetak kartu anggota, kartu katalog dan cetak pelaporan. Dengan menggunakan aplikasi SLiMS ini pustakawab dapat dengan mudah menggunakannya mulai dari proses install hingga proses cetak.

Buku ini merupakan panduan yang praktis dan cocok bagi anda yang ingin mengenal lebih dalam dengan SLiMS. Buku ini bisa menjadi salah satu referensi yang membantu. Didalamnya menyuguhkan berbagai tips dan trik dalam mengadministrasi manajemen perpustakaan.

Saat buku ini disusun, penulis menggunakan aplikasi SLiMSversi 7 atau yang biasa disebut dengan SLiMS cendana, tapi sekarang sudah muncul aplikasi SLiMS yang baru yaitu SLiMS 8 yang disebut dengan SLiMS akasia. Walaupunpada buku ini penulis membahas aplikasi SLiMS 7 tidak kalah pentingnya dengan aplikasi SLiMS 8 yang baru tersebut. Karena SLiMS cendana ini sudah stabil dan mempunyai banyak kelebihan. Secara umum pembahasan buku ini menggunakan aplikasi SLiMS 7 cendana hampir sama dengan aplikasi SLiMS 8 akasia. Kelebihan tersebut sudah diakui oleh pustakawan yang telah menggunakannya, untuk membuktikannya silahkan baca dan pelajari isi buku ini.

jika nanti ada pustakawan, tenaga perpustakaan, mahasiswa perpustakaan dan pengelola perpustakaan yang ingin membaca dan mendapatkan buku ini dapat melalui :

Penulis : Sanak Hardan

Email : sanakhardan@gmail.com

No. HP : 081268838509

Atau langsung melalui BPA Kota Pekanbaru. Terima Kasih.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.