Tim Visitasi Lomba Perpustakaan Tinjau Lima Perpustakaan Sekolah

oleh -164 views

Pekanbaru – Sehubungan dengan akan diadakan lomba perpustakaan SLTA tingkat Kota Pekanbaru tahun 2021 pada Rabu (19/05/2021) mendatang. Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) melakukan kunjungan visitasi sekolah yang masuk nominasi lima besar dalam perlombaan tersebut.

“Kita berharap perlombaan ini dapat menyebarkan virus membaca kemana-mana, dengan adanya peningkatkan pelayanan perpustakaan. Mulai dari koleksinya, SDM pengelolanya hingga inovasi-inovasi untuk meningkatkan minat baca tersebut,” ungkap Kadispusip Kota Pekanbaru, Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si pada Selasa (18/05/2021).

Untuk meningkatkan minat baca, Nelfiyonna mengungkapkan generasi muda khususnya pelajar era kini dekat dengan perkembangan teknologi digital dan IT. Hal ini menjadi tantangan bagi perpustakaan sekolah untuk bertransformasi melakukan berbagai perubahan, pembenahan dan penyelarasan agar dampak layanan dapat dirasakan oleh pengguna.

“Mari expand (ekspansi,red). Kita selaku pengelola harus bisa mendekatkan perpustakaan dengan teknologi yang dekat dengan anak. Bagaimana kita mendorong anak mencari dan membaca buku dari hal-hal yang mereka sukai. Misalnya siswa suka dengan robot, games atau lainnya. Disini perpustakaan bisa menyediakan buku sesuai dengan kebutuhan anak,” jelasnya.

Selain itu, ia mengatakan diadakan lomba kali ini bertujuan untuk memotivasi perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar peserta didik agar terus berinovasi dan berkembang sehingga keberadaan perpustakaan dapat menghasilkan SDM unggul, kompetitif dan berliterasi.

“Dan tentunya kami sangat mengapresiasi kepala sekolah yang turut mendukung untuk kemajuan perpustakaan. Perubahan tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari seluruh pihak untuk meningkatkan kinerja mutu, peran perpustakaan mewujudkan budaya baca di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Melalui Bidang P4KM, Dispusip Kota Pekanbaru telah melaksanakan pembinaan perpustakaan sekolah dan melaksanakan
technical meeting yang diikuti kepala sekolah dan kepala perpustakaan guna memberikan rincian teknis pelaksanaan lomba secara detail kepada peserta lomba. 

Penilaian visitasi dilaksanakan di Perpustakaan Mutiara Ilmu SMKN 6 Pekanbaru, Perpustakaan Risalah Ilmu SMAN 1 Pekanbaru, Perpustakaan Cahaya Aksara SMAN 5 Pekanbaru, SMAN 7 Perpustakaan Pelita Hati dan Perpustakaan Wana Hartika SMKN Kehutanan. Dengan dewan juri sebagai berikut, Drs. Hendri Pides, M.Si selaku Praktisi Perpustakaan, Wildan Hadi Putra, S.STP, M.Si selaki Kepala Seksi Pembinaan dan pengembangan SDM, Kelembagaan dan Minat Baca Dipersip Provinsi Riau, Dr. Deni Satria, M.Pd selaku Direktur Yayasan Pendidikan Cendana Riau, Syahyarwan Zam, S.E, M.Si selaku Pustakawan Ahli Madya Dispusip Kota Pekanbaru dan Ahyar, S.Kom, S.IP, M.Kom selakuPustakawan Ahli Madya Dispusip Kota Pekanbaru.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.