Tenas Effendy Resmi Menjadi Nama Perpustakaan Umum Pekanbaru

Pekanbaru – Budayawan dan sastrawan terkemuka asal Kampung Tanjung Malim Kuala Panduk, Kerajaan Pelalawan, Provinsi Riau, H Dr Tengku Nasaruddin Said Effendy bin Tengku Said Umar Muhammad Al-Jufri atau lebih dikenal dengan nama Tenas Effendy secara resmi diabadikan menjadi nama Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru yang dikelola Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Selasa (23/06/2020).

pemotongan pita

Peresmian dihadiri langsung oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si, Ketua Dewan Pustaka Provinsi Riau Dr Khaidir, Tengku Ubay Dilah adik Tenas Effendy, T Hidayati Etiya anak Tenas Effendy serta para pemenang lomba literasi daring. Sementara penandatanganan prasastri nama Perpustakaan Tenas Effendy oleh Walikota Pekanbaru, Firdaus ST, MT saat syukuran Hari Jadi Pekanbaru ke 236 di Komplek Perkantoran Tenayan Raya.

peresmian nama perpustakaan

Sementara itu, Kepala Dispusip Kota Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonna, Msi mengungkapkan penggunaan nama Tenas Effeny ini sebagai bentuk penghargaan atas kontribusinya kepada negara, terutamanya dalam karya kesusastraan melayu. Apalagi, keberadaan perpustakaan sendiri memiliki peranan yang strategis dalam upaya peningkatan minat baca masyarakat.

IMG_0629

“Dengan penabalan Perpustakaan Tennas Effendy menjadi suatu kehormatan dari tokoh hebat Riau dan kepercayaan keluarga, kami diizinkan menggunakan nama beliau (Tenas Effendy,red) dikukuhkan sebagai nama Perpustakaan Umum Pekanbaru. Jasa besar beliau membuat kebudayan melayu Riau tak hanya dikenal Indonesia namun juga di mancanegara,” jelas Nelfiyonna.

peresmian nama perpustakaan pekanbaru

Pada kesempatan itu, Dispusip sekaligus memberikan hadiah dan penghargaan kepada para pemenang lomba literasi daring. Untuk kategori Lomba Perpustakaan tingkT SMA/SMK/MA tingkat Negeri dan Swasta, Lomba Mading Digital Tingkat SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta, Lomba Menulis Cerpen Virtual tingkat SMP/MTS Negeri dan Swasta dan Lomba Membaca Puisi Virtual tingkat SD/MI Negeri dan Swasta.

“Selamat kepada para pemenang lomba. Terimakasih sudah menyempatkan datang pada hari ini. Selain itu, Dispusip juga berbangga karena berhasil meraih juara dua dari 28 OPD, untuk kategori video pembangunan Pekanbaru,” ucapnya.

IMG_0786

Minatnya dalam menulis inilah yang melahirkan nama “Tenas Effendy” sebagai nama pena dari Tengku Nasaruddin Said Effendy saat mempublikasikan karya-karyanya. Sebut saja karya-karyanya seperti, Lancang Kuning, Kubu Terakhir, Banjir Darah di Mempusun, Tunjuk Ajar Melayu Tentang Pemberi dan Penerima Amanah (cetakan II) dan lainnya yang lahir dari kesederhanaan hidupnya bersamaan dengan kepekaan, keprihatinan dan kearifan sosial masyarakat melayu.

IMG_0813

Selain menulis, ia juga menaruh kecintaan terhadap seni pertunjukan, seni lukis hingga seni tari. Ini membuatnya sering diundang ke berbagai acara hingga menerima puluhan penghargaan. Diantaranya Anugerah Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2019, Gelar Tanda Kehormatan RI Bintang Mahaputera Nararya dari Presiden Republik Indonesia tahun 2019 dan masih banyak lainnya.

Tenas Effendy Resmi Menjadi Nama Perpustakaan Umum Pekanbaru

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 10 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 9 Tahun 2008 Dispusip Kota Pekanbaru, Dispusip diberi amanat untuk mengelola Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru. Dikepalai oleh seorang kepala, sekretariat dan tiga bidang yakni bidang pembinaan, bidang informasi layanan dan bidang akuisisi, deposit dan pengolahan.

Selain mengorganisasikan perpustakaan, Dispusip juga diketahui mengurus hal lainnnya. Diantaranya empat perpustakaan keliling, dua taman bacaan masyarakat dan satu unit pengelola arsip statis Kota Pekanbaru.

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru #DispusipPekanbaru

#salamLiterasi #ayokeperpustakaan #Ayomembaca #perpustakaan #kearsipan

#budayabaca #perpussemakinbaik #mobilkelilingperpustakaan #Indonesia

#Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip

#perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip #dokumen #library #librarian #book

#archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu #BICorner

#SalamLiterasi #SalamSmart #Sinopsis #SinopsisBuku

BACA & PINJAM >>> GRATISSS

————————

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru

Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.

Telpon : (0761) 859318

WA : 0813-7809-1515

Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com

Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id

Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU

Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.Pku

Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/

-SALAM SMART-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :