Syair Ikan Terubuk

ikan terubuk

                    Syair Ikan Terubuk adalah sebuah kumpulan syair Melayu yang diciptakan abad ke-19 yang lampau melalui media lisan, tanpa ada kejelasan siapa penciptanya. Sebagai sastra lisan, Syair Ikan Terubuk dijumpai banyak versi yang beredar di masyarakat, salah satunya yang terdapat dala buku ini.

Terdiri dari 285 bait, karya besar yang menjadi masterpiece pada zamannya ini membentangkan habitat kehidupan di dalam air, baik air laut maupun air tawar secara lengkap. Namun boleh jadi, gambaran yang terkandung dalam bait-bait syairnya juga menyiratkan konstelasi politik kala itu, bahwa negeri-negeri pantai di wilayah Semenanjung Melayu lebih mepunyai gairah penaklukan terhadap negeri-negeri pedalaman seperti Pagaruyung dan negeri agraris lainnya.

Hal yang menarik lagi, Syair Ikan Terubuk menjadi sangkakala mantra dalam upacara Semah Laut di Bengkalis, yaitu sebuah upacara mengundang ikan-ikan terubuk secara supranatural. Melalui medium para Batin (ketua upacara), ikan-ikan terubuk yang dipercaya berasal dari Selat Malaka diundang ke wilayah perairan Bengkalis agar mau bertelur, berkembang biak, dan akhirnya ditangkap oleh para nelayan.

Identitas Sastra Melayu
Judul Sastra : Syair Ikan Terubuk
ISBN : 979-9246-96-2
Penulis/Pengarang : Ulul Azmi
Penerbit : BALAI KAJIAN DAN PENGEMBANGAN BUDAYA MELAYU
Terbit : 4 Juli 2006
Jumlah Halaman : 75 Halaman

Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/

-SALAM SMART-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :