Sosialisasi Pengelolaan Arsip di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru 2018

oleh -182 views

Pekanbaru, Selasa – 5 Juni 2018, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Arsip di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. Acara Sosialisasi Pengelolaan Arsip di buka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru yaitu Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si bahwa untuk menjamin Tata Kelola Arsip dan terciptanya Sadar Tertib Arsip Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru berusaha melakukan pengelolaan arsip, baik Arsip Dinamis dan Arsip Statis. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Arsip yaitu agar terciptanya peningkatan pengelolaan dan penatausahaan arsip di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah Kota Pekanbaru.
1
8Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Arsip juga di hadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau yaitu DR. Hj. Rahma M.Si beliau menjelaskan pemahaman sadar tertip arsip yang harus di miliki oleh Pemerintah Kota Pekanbaru yaitu ada 4 Pilar Kearsipan
1. Tata Naskah Dinas
2. Klasifikasi Arsip
3. Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip
4. Jadwal Retensi Arsip
Beliau juga menyampaikan arsip harus dikelola dengan baik, dengan cara mengimplementasikan hasil dari kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Arsip di Organisasi Perangkat Daerah, dasar hukum pengelolaan arsip, penganggaran, sarana dan prasarana serta SDM Kearsipan. Kehilangan arsip maka akan terkena sanksi.
Kegiatan ini dilaksanakan untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada setiap pengelola arsip yang ada pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta demi terwujudnya Gerakan Sadar Tertib Arsip sebagai salah satu bentuk Smart Goverment di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.

2
3
7
6

Acara Sosialisasi Pengelolaan Arsip disampaikan oleh pemateri dari Arsiparis Provinsi Riau yaitu
1. Dra. Hj. Minang Puji Astuti dengan Judul Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif
2. Winarno Hamiseno A.Ks., M.Si dengan judul Pengelolaan Arsip Dinamis Inaktif
3. H. Suwarno S.Sos dengan judul Akuisisi Arsip
4. Ramli Arsyad SE., ME dengan judul Penyusutan Arsip.

Sosialisasi Pengelolaan Arsip di ikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru dengan perwakilan Kasubbag Umum dan Tenaga Pengelolaan Kearsipan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini Tata Kelola Arsip akan menjadi lebih baik, transparan dapat di pertanggungjawabkan, mudah dalam penemuan kembali arsip, terutama di Lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.
Kegiatan ini diadakan di  Aula KESBANGPOL KOTA PEKANBARU,
Jl. Arifin Ahmad, Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau

———————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.