Sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Pekanbaru

oleh -22 views

Pekanbaru, 2 April 2019 – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru mengikuti Sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang ditaja oleh Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru (diskominfo), diadakan di Evo Hotel Jalan Jenderal Sudirman No.8, Wonorejo, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau 28125.

Acara ini dihadiri oleh Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST, MT, kepala Diskominfo Riau, Kepala Diskominfo Pekanbaru dan juga di hadiri oleh Kepala OPD Se-kota Pekanbaru, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si juga ikut menghadiri Sosialisasi PPID ini.

Pembukaan Sosialisasi PPID

Walikota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, ST, MT membuka sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Pekanbaru tahun 2019. Dalam sambutannya, Walikota menyampaikan tiga pesan dan menginstruksikan kepada seluruh kepala OPD dan Sekretaris, untuk memastikan kenerja ASN dan PPID di masing-masing OPD berjalan dengan semestinya.

“Pertama Implementasi Sakip dalam proses pembangunan berkelanjutan. Kepala OPD dan Sekretaris tidak boleh lengah dalam merumuskan indikator kinerja utama yang mengacu pada RPJMD,” ujar Walikota.

Kedua adalah dalam menghadapi derasnya perkembangan informasi, baik melalui media massa, cetak dan online serta media sosial, Kepala OPD dan Sekretaris jangan menutup diri dan antipati terhadap permintaan informasi yang masuk ke OPD-nya masing-masing, sehingga permintaan informasi tersebut dapat disediakan dan tersaji oleh PPID pembantu.

Yang ketiga pesan Walikota adalah sebagai pelayan masyarakat yang memberikan edukasi kepada masyarakat, aparatur pemerintah seharusnya dapat menciptakan smart goverment, sehingga dapat membangun smart people.

“Jadi informasi yang dibungkus dengan baik dan transparan di setiap masing-masing OPD, dapat menjadi stimulus dalam menggerakkan masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam menggerakkan pembangunan” ujar Walikota.

SOSIALISASI PPID

soekartono

Pentingnya bersinergi agar terwujudnya keterbukaan informasi publik di kota Pekanbaru. Sesuai dengan amanat UU No. 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Salah satu tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi. Terkait dengan tugas tersebut, PPID menetapkan standar layanan informasi di lingkungan PPID Pemerintah Kota Pekanbaru. Dengan adanya Standar Operasional Pelayanan Informasi Publik ini, diharapkan implementasi UU KIP dapat berjalan efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas dapat secara nyata terpenuhi.

Soekartono menjelaskan bahwa PPID merupakan ujung tombak dalam pelayanan keterbukaan informasi publik. “PPID saat ini merupakan ujung tombak dalam pelayanan keterbukaan informasi kepada publik,” ujar Soekartono. Dalam memberikan informasi publik harus sesuai dengan Peraturan Komisi Informasi (Perki) Nomor 1 Tahun 2010 merupakan rambu-rambu bagi badan publik memberikan informasi.

“Dalam memberikan informasi disesuaikan dengan Perki Nomor 1 Tahun 2010, yang menjadi dasar bagi setiap badan publik memberikan informasi,” jelas Soekartono.

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru
#DispusipPekanbaru #Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan
#AyoJagaArsip #TertibArsip #perpustakaan #pustaka #pustakawan
#arsip #dokumen #library #librarian #book #archive #history
#bandarayamelayu #bandarserimelayu

#SalamLiterasi
#SalamSmart

BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.