SMP IT Al Ittihad Wisata Literasi ke Dispusip Pekanbaru

oleh -109 views

Pekanbaru – Proses belajar mengajar tidak harus selalu dilaksanakan di dalam kelas saja. Untuk menimba pengetahuan, kegiatan di luar kelas juga bisa dilaksanakan. Untuk itu, SMP IT Al Ittihad pada Jumat (14/2/2020) melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru.

Kunjungan SMP IT Al Ittihad

Rombongan tersebut terdiri dari 86 orang siswa dan didampingi oleh empat orang guru. Rombongan ini disambut langsung oleh Kepala Dispusip Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonna MSi beserta jajarannya.

Kunjungan ini sendiri merupakan bagian dari program unggulan yang ada di SMP IT Al Ittihad, di mana tiap semesternya dilakukan field trip ke luar kelas. Perpustakaan Kota Pekanbaru menjadi pilihan pada field trip kali ini.

Kunjungan SMP IT Al Ittihad

Kedatangan rombongan tersebut diawali dengan kunjungan ke Ruangan Galeri Arsip Pekanbaru. Siswa-siswi tersebut antusias dalam melihat koleksi foto-foto lama tentang Kota Pekanbaru. Mulai dari foto-foto bangunan lama, dokumentasi kegiatan-kegiatan lama, hingga foto-foto Walikota Pekanbaru dari masa ke masa.

Kunjungan SMP IT Al Ittihad

Setelah itu, rombongan siswa-siswi Al Ittihad mengunjungi ruang baca umum di Perpustakaan Pekanbaru. Di ruangan ini, mereka dipersilahkan untuk melihat koleksi-koleksi buku yang ada. Tidak ketinggalan juga, siswa-siswi tersebut mengunjungi BI Corner maupun English Corner. Siswa-siswi juga diperkenankan untuk meminjam buku yang ada dengan terlebih dahulu membuat kartu anggota.

Usai melihat koleksi buku, anak-anak tersebut diajak untuk mendengarkan materi yang sudah disiapkan oleh Dispusip. Mulai dari pengenalan Perpustakaan dan motivasi oleh Kadispusip, Materi tentang pantun Raja Ira Novia Badar Putri, dan juga tentang aplikasi iPekanbaru oleh Rubaman Hasuli.

Kunjungan SMP IT Al Ittihad

Kepala Dispusip Pekanbaru, Nelfiyonna, pada kesempatan itu mengajak seluruh siswa-siswi SMP IT Al Ittihad untuk menjadi generasi yang literate dengan gemar membaca.  Karena sebagai calon pemimpin masa depan, penting bagi siswa-siswi untuk meningkatkan pengetahuan.

“Jika ingin sukses di masa yang akan datang, harus gemar membaca. Karena dengan membaca kita bisa menjelajahi dunia,” sebut Nelfiyonna.

Kunjungan SMP IT Al Ittihad

Selain itu, keberadaan perpustakaan sendiri saat ini tidak hanya sebagai tempat menyimpan buku saja. Perpustakaan saat ini, sesuai dengan arahan Perpusnas, sedang bertransformasi menjadi perpustakaan yang berbasis inklusi sosial. “Silahkan berkunjung dan membaca buku di Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru di Jalan Sutomo nomor 1. Atau bisa mengakses perpustakaan digital di aplikasi iPekanbaru yang dapat diunduh di Android beserta 8.000 judul buku yang tersedia dalam genggaman,” sebut Kadispusip.

Kunjungan SMP IT Al Ittihad

Dispusip memiliki layanan perpustakaan baca di tempat, peminjaman buku, perpustakaan keliling, ruang baca anak, galeri arsip, dan lainnya yang bisa dinikmati setiap hari.

Kepala SMP IT Al Ittihad, Ahmad Basir SAg, dalam kesempatan itu menyampaikan terimakasih atas sambutan baik dari Dispusip. Ia mengatakan bahwa kegemaran membaca buku saat ini sudah semakin berkurang, terlebih dengan adanya gadget. Dengan internet, kita bisa mendapatkan informasi dengan lebih mudah ketimbang membaca buku.

Kunjungan SMP IT Al Ittihad

“Namun di internet, informasi yang ada tidak semuanya benar. Bahkan banyak informasi yang memang dibuat untuk menyesatkan. Untuk itu kegemaran membaca buku buku tidak bisa ditinggalkan, karena sumber informasinya lebih kredibel,” sebut Basir.

Kunjungan SMP IT Al Ittihad

Dalam kunjungan Field Trip ke Dispusip, Basir mengatakan bahwa ada banyak manfaat yang dirasakan. Salah satunya yakni kunjungan ke Galeri Arsip yang menurutnya sangat berkesan. “Kita menyadari bahwa arsip ini sangat penting, banyak yang mengetahui kondisi saat ini saja namun lupa dengan sejarahnya. Di sini bisa kita dapati itu,” tutup Basir.

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru #DispusipPekanbaru
#salamLiterasi#ayokeperpustakaan#Ayomembaca#perpustakaan #kearsipan
#budayabaca#perpussemakinbaik #mobilkelilingperpustakaan#Indonesia
#Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book
#archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu #BICorner
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaa
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.Pku
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-n dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.