Siswa SMAN 7 Pekanbaru Keliling dunia lewat Selembar Kertas

oleh -105 views

Hari ini Jum’at tanggal 09 November 2018, SMA Negeri 7 Pekanbaru menggelar tumbuh kembang minat baca yang dihadiri Tim GPMB (Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca) Kasi Pembinaan Perpustakaan Kota Pekanbaru, Bapak Ahyar, S.Kom,S.IP, Bapak Resky Pradana SE. (Penerbit PT. Inprasa), dan Bapak Dincy (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan), M.Kom, serta Master of The Storyteller, Kak Agus DS hadir di SMA Negeri 7 Pekanbaru dalam rangka menyosialisasikan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) kepada seluruh masyarakat kota Pekanbaru terutama pelajar.

Acara dilaksanakan di halaman SMAN 7 Pekanbaru yang diawali sambutan kepala SMAN 7 Pekanbaru Hj. Nurhafni, M. P.d. Dalam sambutannya kepala SMAN 7 pekanbaru mengajak siswa untuk terus membaca agar bisa keliling dunia, “Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak kata yang bisa kamu pelajari, bahkan kata yang belum pernah kamu dengar sebelumnya”. Dengan menguasai banyak kosa kata otomatis hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan kamu dalam berbicara. Selain itu, membaca buku juga sangat penting saat kamu belajar bahasa baru yang akan membantumu memperluas kosa kata dan memahami struktur penulisan suatu bahasa.
Kepala SMAN 7 Pekanbaru Bu Afni juga mengajak semua warga sekolah untuk literat dengan membaca Buku, torehkan tintamu diatas kertas putih, bukalah pintu dunia lewat aktivitas membaca. Membaca akan menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman melebihi usia Ananda.

sma 7

Kehadiran GPMB merupakan rangkaian sepekan Literasi. Dalam sambutannya, Bapak Ahyar menyampaikan kepada seluruh siswa SMAN 7 Pekanbaru untuk lebih giat lagi dalam berliterasi karena pemerintah tidak tinggal diam dalam menyukseskan kegiatan ini. Buktinya, akan ada kegiatan Workshop Flash Writing Ayo ke Perpustakaan yang ditaja oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru. Adalagi kegiatan Workshop Mahir Hypotelling: Mendongeng dengan kekuatan Hypnotis bersama Kak Agus DS, Master of Storyteller. Mendukung program pemerintah tersebut, SMA Negeri 7 Pekanbaru ikut berpartisipasi dengan mengirimkan utusan siswa untuk mengikuti kegiatan workshop. Intinya, SMA Negeri 7 siap menyukseskan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca.

Dalam acara sore hari ini aksi Kak Agus DS membuat semua siswa berubah menjadi antusias dengan kelucuan yang ia buat. Teriknya matahari dan panas yang menyengat menjadi titik awal kami untuk memulai dan menata diri untuk menjadi penulis handal. Kak Agus pun menjelaskan Bagaimana menariknya sebuah cerita pada acara hari ini. Me-mindset diri menjadi lebih baik dan fokus merupakan janji seluruh siswa yang dinyatakan secara langsung dengan keseruan yang tiada habisnya.

sma 7 pku

Dongeng Kak Agus pun membuat seluruh siswa tertawa lepas untuk melepaskan beban di sore hari ini. Namun tidak lupa pula suatu tantangan diberikan kepada para siswa untuk menulis disebuah kertas yang dibagikan dengan tema “Keliling Dunia dengan Selembar Kertas”. Dongeng yang dibacakan pun merupakan tantangan yang diujikan kepada siswa. Disitulah mulai titik fondasi siswa untuk mulai menjadi penulis handal dan akan diseleksi kembali oleh Kak Agus bersama dengan teman-temannya. Semakin menariklah tantangan ini karna tidak lupa pula diberikan hadiah kepada pemenang yang berhak mendapatkannya jika karyanya lah yang terbaik.

Meskipun waktu sangat singkat, banyak pelajaran yang bisa diambil dari cerita Kak Agus. Semua ada jalan setiap orang yang mau berusaha. Ia pun membagikan tips bagaimana mewujudkan sekolah SMA Negeri 7 ini menjadi Sekolah Literasi terbaik di Pekanbaru. Cerita masa lalunya pun menjadi motivasi yang sangat luar biasa disore ini.
Semoga SMA Negri 7 Pekanbaru ini selalu menjadi kebanggaan dan teladan bagi sekolah sekolah lain karna prestasi dan cerdasnya para siswa/i SMA ini.
Salam Literasi.

Created By: EDWINA (X MIA 4)
Narasumber: Hj. Nurhafni, M.Pd
Sumber : https://blogsman7pekanbaru.blogspot.com

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.