Sinopsis Buku Jamuan Ramadhan

jamuan ramadhan

Sinopsis Buku Jamuan Ramadhan
Penulis : Dr. Muhammad Iqbal
Tahun Terbit : 2010
Halaman : 310
Ukuran 16 x 15 cm
Penerbit : Srigunting

Daftar Isi
BAGIAN PERTAMA: Ramadhan dan Simpul-simpul Takwa

BAGIAN KEDUA: Ramadhan: Dari Kesalehan Personal ke Kesalehan Sosial

BAGIAN KETIGA: Ramadhan: Apa yang Keliru? Tradisi Tanpa Pengetahuan

BAGIAN KEEMPAT: Ramadhan: Upaya Spiritualisasi Kekuasaan

BAGIAN KELIMA: Setelah Ramadhan Berlalu

Ramadhan merupakan bulan yang sangat penting bagi seluruh umat Islam. Tradisi merayakan dan mengagungkan bulan ini dilakukan dengan berbagai cara. Kreatifitas dan inovasi yang kemudian menjadi tradisi banyak bermunculan pada bulan ini. Anak-anak muda yang di motori oleh kaum remaja menyambut dan menjalani bulan Ramadhan dengan berbagai aktivitas sejalan dengan gejolak remajanya. Istilah “jalan-jalan sore menunggu berbuka” atau “ngabuburit”, “asmara subuh”, “buka bersama”, “fashion trend lebaran”, “petasan dan kembang api”, “takbir akbar”, menjadi fenomena yang senantiasa mewarnai ibadah di bulan Ramadhan.

Buku ini mengulas tradisi-tradisi yang berlangsung dalam masyarakat selama ini dan mengajak kita mengkritisi dan membuat refleksi diri terhadap ibadah bulan Ramadhan. Apakah hikmah shaum Ramadhan sudah diperoleh, atau hanya sekedar lapar dan dahaga? Penulis buku ini mengajak kita “by the rules” dalam menjalani kewajiban shaum Ramadhan dengan mengacu kembali kepada apa yang di firmankan Allah Swt. dan meneladani Rasulullah Saw. Diharapkan di setiap Ramadhan kita semua lebih baik dari kemarin.

Pesan-pesan dalam buku ini dikemas dengan sangat cerdas, karena bahasanya yang ringan, mengalir, dan komunikatif. Penulis sekaligus mencoba melihat sisi lain dari sebuah persoalan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Persoalan Ramadhan disorot oleh penulis tidak dari sudut fiqh an sich, yang berbicara pahala, batal atau tidak batal puasa, raka’at shalat tarawih dan segala hal lain yang bersifat simbolis. Penulis berusaha mengajak kita untuk menyeberangi makna ritual simbolis di balik ibadah puasa yang kita lakukan. Untuk selanjutnya penulis mengajak kita membenahi pelaksanaan Ramadhan kita agar lebih bermakna.

Ruang Umum
#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru
#DispusipPekanbaru #Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan
#AyoJagaArsip #TertibArsip #perpustakaan #pustaka #pustakawan
#arsip#dokumen #library #librarian #book #archive #history #bandarayamelayu#bandarserimelayu

#SalamLiterasi
#SalamSmart

BACA & PINJAM >>> GRATISSS

Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://twitter.com/dpkpekanbaru
Facebook : https://www.facebook.com/DpkPekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/ipekanbaru.id

-SALAM SMART-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :