Sinopsis buku Ensiklopedia kebudayaan Melayu Riau

oleh -835 views
Ensiklopedia kebudayaan Melayu Riau
Ensiklopedia kebudayaan Melayu Riau

Sinopsis Buku Ensiklopedia kebudayaan Melayu Riau
Judul : Ensiklopedia kebudayaan Melayu Riau
Penerbit : Pusat Penelitian Kebudayaan dan Kemasyarakatan Universitas Riau
Cetakan : Pertama, 2012
ISBN : 978-979-3879-08-6
Sinopsis Buku Melayu Riau:
Ensiklopedia kebudayaan Melayu Riau merupakan senarai khazanah kebudayaan Melayu di kawasan subur tempat tumbuh dan berkembangnya kebudayaan Melayu. Berupaya memenuhi dua keinginan Pertama, menjadi bukti tekstual tentang kekayaan budaya Melayu di Riau, Kedua, memberi pemahaman awal (bersifat umum) tentang butir-butir karya budaya itu, tempat karya-karya itu bertapak dan berkembang, serta pelaku-pelaku (baik individu maupun komunitas) yang memangku tradisi itu dari zaman ke zaman.

Arus perubahan sering tak dapat diramal dari mana datangnya, dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kehidupan atau kematian sebuah tradisi. Dalam konteks ini, Ensiklopedia Kebudayaan Melayu Riau ini setidaknya akan menjadi rekaman tekstual yang mendokumentasikan kosabudaya: yang masih bertahan hidup dan yang kehidupannya masih terlacak. Di samping itu, melalui pencermatan atas penghidupannya, direkamkan pula perasaan, pengetahuan, dan pendekatan logis para penyusun dan penyuntingnya terhadap kosabudaya tersebut. Ini akan menjadi bahan yang relative berharga bagi pengetahuan masa depan tentang apa-apa yang dipandang penting di zaman ini.

Pusat Penelitian Kebudayaan dan Kemasyarakatan Lernbaga Penelitian Universitas Riau hingga 2012 merampungkan sembiIan kitab ensiklopedia kebudayaan Melayu Riau. Sudah terbit, yakni:

  1. Ensiklopedia Kebudayaan Melayu Riau (5 jilid) (2012)
  2. Ensiklopedia Baturijal (2012)

Menunggu proses penerbitan, yakni:

  1. Ensiklopedia Kebudayaan Bengkalis,
  2. Ensiklopedia Kebudayaan Pelalawan,
  3. Ensiklopedia Kebudayaan Petalangan, dan
  4. Ensiklopedia Kebudayaan Inderagiri,

Dan kitab-kitab ensiklopedia sungai, yakni:

  1. Sungai Rokan: Mengarung Sungai Rokan Mengarang Manik-manik Berserakan,
  2. Sungai Siak Menyusuri Kampung-kampung Tepi Zaman, dan
  3. Sungai Kampar: Mengarung Sungai Kampar.

Berharap pula tahun hadapan dapat menuntaskan ensiklopedia wilayah budaya, sungai, dan kampung-kampung lainnya di Riau, sehingga keagungan kebudayaan Melayu Riau dapat terserlah dari kitab-kitab tersebut. Ensiklopedia Melayu Riau ini diupayakan telus berkembang. Dan, Menyadari keterbatasan sifat keberaksaraan yang statis, maka pusat penelitian kebudayaan dan kemasyarakatan lembaga Penelitian Universitas Riau menyediakan wb-site yang dapat diakses kapan saja dimana saja, siapa saja, dan berharap ada masukan perbaikan dari semua pihak.

#AyoMembaca #Buku Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru#DispusipPekanbaru #Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan
#AyoJagaArsip #TertibArsip #perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip #dokumen #library #librarian #book #archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu

#SalamLiterasi
#SalamSmart

BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.