Sharing Session Genbi Riau di Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru 2019

Pekanbaru, 29 Juni 2019 – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru mengadakan acara sharing session bersama Genbi Riau yang diadakan di ruag baca umum Perpustakaan Kota Pekanbaru jalan Soetomo No 1 dengan tema Bijak Bermedia di era millennial.

Dalam kata sambutan kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si. “Milenial pada umumnya adalah anak-anak dari generasi baby boomers dan gen-x yang tua. Milenial kadang-kadang disebut sebagai “echo boomers” karena adanya ‘booming’ (peningkatan besar), tingkat kelahiran pada tahun 1980-an dan 1990-an. Untungnya di abad ke 20 tren menuju keluarga yang lebih kecil di negara-negara maju terus berkembang, sehingga dampak relatif dari “baby boom echo” umumnya tidak sebesar dari masa ledakan populasi pasca perang dunia ii. Karakteristik milenial berbeda-beda berdasarkan wilayah dan kondisi sosial-ekonomi. Namun, generasi ini umumnya ditandai oleh peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media, dan teknologi digital”.

IMG_9043

Beliau juga menyebutkan “Ipekanbaru ini dapat diakses dengan mengunduh aplikasinya melalui playstore di smartphone berbasis android, sementara karena untuk ios belum dapat mengaksesnya.  Beragam informasi bermanfaat yang terseleksi dapat dibaca secara gratis.  Kemudahan ini disediakan, tidak lain agar masyarakat kota pekanbaru termasuk generasi milenial kota pekanbaru dapat meningkatkan minat baca yang pada akhirnya adalah terbentuknya budaya baca sebagai indikator majunya peradaban dan budaya masyarakat kota pekanbaru”.

Kecenderungan generasi milenial dalam penggunaan gadget untuk mengakses informasi, dinas perpustakaan dan kearsipan kota pekanbaru sebagai perangkat daerah yang memiliki tanggung jawab menyediakan informasi, juga berupaya dengan menyediakan fasilitas membaca secara digital yaitu perpustakaan digital Ipekanbaru.

pemateri

Materi yang disampaikan oleh Eko Faizin

Di sebagian besar belahan dunia, pengaruh mereka ditandai dengan peningkatan liberalisasi politik dan ekonomi; meskipun pengaruhnya masih diperdebatkan. Masa resesi besar (the great recession) memiliki dampak yang besar pada generasi ini yang mengakibatkan tingkat pengangguran yang tinggi di kalangan anak muda, dan menimbulkan spekulasi tentang kemungkinan krisis sosial-ekonomi jangka panjang yang merusak generasi ini.

Pertanyaannya adalah kenapa kita harus bijak dalam menggunakan media di era millenal ini ?

Sejatinya setiap orang membutuhkan informasi untuk keberlangsungan hidupnya. Sejatinya informasi tersebut sangatlah berguna dalam kehidupan bermasyarakat. Bahkan orang-orang yang hidupnya di penjara sekalipun, memerlukan informasi yang terjadi di dunia luar. Salah satu alasan mengapa setiap orang memerlukan infomasi adalah untuk meningkatkan wawasan mereka, serta menambah edukasi bagi keberlangsungan hidupnya.

Meski saat ini kita dimudahkan dalam hal apapun termasuk dalam mendapatkan informasi, kita harus memiliki sikap yang bijak serta pola berpikir kritis, agar kita mampu menyaring informasi mana saja yang memiliki nilai positif, dan membuang informasi yang dianggap tidak layak untuk kita konsumsi.

foto bersama genbi riau

foto bersama peserta

foto bersama peserta

Mudah-mudahan melalui kegiatan sharing session Genbi pada hari ini dapat menjadi motivasi dan rambu-rambu bagi seluruh generasi milenial khususnya, dan masyarakat kota pekanbaru secara umum, untuk lebih bijak dalam bermedia di era milenial termasuk memilih dan memilah media mana yang bermanfaat bagi pengembangan diri ke arah yang positif.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP)
Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Gallery Arsip DISPUSIP Pekanbaru

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru
#DispusipPekanbaru #Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan
#AyoJagaArsip #TertibArsip #perpustakaan #pustaka #pustakawan
#arsip#dokumen #library #librarian #book #archive #history
#bandarayamelayu #bandarserimelayu
#SalamLiterasi
#SalamSmart

BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :