Selamat Hari Pustakawan Nasional 7 Juli 2020

selamat

Selamat Hari Pustakawan Nasional
_____________
“Pustakawan menjadi ujung tombak keberhasilan perpustakaan dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat”
_____________

Pekanbaru – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru mengucapkan selamat Hari Pustakawan Nasional ke 47 yang jatuh pada 7 Juli 2020. Peringatan ini sebagai bentuk penghargaan dan aspirasi untuk memacu semangat pustakawan dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya.

Pustakawan merupakan ujung tombak keberhasilan perpustakaan dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat. Saat mendengar kata “Pustakawan”, pasti yang terlintas tidak jauh dari buku dan perpustakaan. Karena memang, pustakawan bertugas membantu orang menemukan buku, majalah dan informasi lainnya. Tapi bukan itu saja, pustakawan juga memiliki tanggungjawab atas kenyamanan dari setiap pengunjung perpustakaan loh.

Berdasarkan data Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia tercatat Indonesia memiliki tidak kurang dari 164.610 perpustakaan dengan 12.301 tenaga perpustakaan.

Dimana, 34 Provinsi sudah membentuk dinas perpustakaan. Dengan rincian, 491 Kabupaten/Kota dari 514 Kabupaten/Kota sudah memiliki dinas kelembagaan. Namun hanya 33 saja yang memiliki kelembagaan perpustakaan sendiri, sementara sisanya masih bergabung dengan dinas lainnya.

Tidak hanya perpustakaan saja yang memiliki peran besar dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, mandiri dan berdaya saing di era global seperti sekarang ini. Namun harus dibarengi dengan tekad kuat pustakawan itu sendiri agar pemanfaatan perpustakaan dan gemar membaca bisa menjadi gaya hidup di masyarakat.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :