Selamat Hari Gerakan Nasional Membaca 12 November 2018

oleh -196 views

Pekanbaru, 12 November 2018 – Indonesia memiliki Hari Gerakan Nasional Membaca yang dirayakan setiap tanggal 12 November. Peringatan ini dicanangkan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri pada tahun 2002 untuk membantu meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia yang masih rendah pada kala itu dibandingkan dengan negara lainnya. Namun, meski telah diperingati sejak tahun 2002, minat baca masyarakat Indonesia hingga saat ini masih tergolong rendah.

hari gerakan nasional membaca 12 novemberDengan berjuta alasan pentingnya membaca, tetap saja tak membuat masyarakat berfikir bahwa membaca itu merupakan sebuah keharusan yang teramat penting untuk dilakukan. Maka dari itu, pustakawan sebagai orang yang memegang peran besar dalam hal pentingnya literasi harus mampu untuk ambil bagian dan mengembangkan inovasi serta cara bagaimana supaya membaca benar-benar menjadi kegemaran bagi bangsa Indonesia. 12 Nopermber 2002 di peringati sebagai Hari Gerakan Nasional Membaca yang di canangkan oleh Presiden Megawati.

Bersempena hari gerakan nasional membaca 12 November, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru bersama GPMB (Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca) Kota Pekanbaru menggelar sepekan Festival literasi 2018. dan minggu 11 November 2018 telah di adakan acara mendongeng di CFD Masjid An-Nur Jalan Hangtuah, Pekanbaru Kota, Riau. Acara ini menghadirkan Kak Agus DS (master of the storryteller). Kegiatan yang diadakan yaitu acara mendongeng, baca buku dan Nonton bareng. yang difasilitasi 1 Unit Mobil Perpustakaan Keliling oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru dan dihairi  mobil literasi pelita hati dari SMA 7 Pekanbaru untuk memeriahkan acara hari gerakan nasional membaca 2018. Dongeng langsung dibawakan oleh Kak Agus DS, dilanjutkan kegiatan baca buku bersama, Nonton Bareng Film Dongeng Anak dan ditampilkan juga foto-foto dari Arsip Kota Pekanbaru. Kegiatan dimulai pada jam 06.00 WIB dan berakhir pada jam 10.00 WIB. 

Acara ini dibuka oleh kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si dalam sambutannya beliau menyampaikan sangat senang dengan acara yang ditaja oleh forum GPMB bekerja sama dengan DISPUSIP yaitu acara sepekan literasi yang menurutnya ini adalah gerakan besar bagaimana meningkatkan minat baca anak-anak melalui dongeng.

5

2

6

7

8

12

3

Selamat Hari Gerakan Nasional Membaca 2018

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru#DispusipPekanbaru #Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan
#AyoJagaArsip #TertibArsip #perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book
#archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.