Selamat Hari Dongeng Nasional Tahun 2018

oleh -419 views

hari dongeng nasional

Tanggal 28 November adalah hari kelahiran seorang legenda dongeng Indonesia, Drs Suyadi, atau yang biasa dikenal dengan Pak Raden. Kecintaan beliau pada dunia anak-anak, cerita, dan lagu, telah menginspirasi banyak orang. Karya-karya beliau telah menjadi teman masa kecil bagi beberapa generasi bangsa. Hingga pada akhir hayatnya, Pak Raden terus berpartisipasi, berkontribusi, dan berjuang dalam menghadirkan dongeng di tengah masyarakat.

Di lain pihak, dongeng sebagai salah satu jenis cerita merupakan peninggalan berharga dari nenek moyang kita. Budaya bertutur adalah salah satu kebudayaan tertua yang mengakar di Indonesia. Begitu banyak cerita rakyat yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, yang menjadi harta karun yang patut diapresiasi dan dilestarikan.  Terlebih lagi, kegiatan mendongeng dipercaya memiliki pengaruh yang sangat baik bagi perkembangan anak dan keharmonisan keluarga. Melalui dongeng, anak bisa mendapatkan suatu bentuk pembelajaran tanpa merasa digurui. Bahkan dengan secara berkala mendengarkan dongeng, kemampuan bahasa dan literasi anak dapat berkembang dengan sangat baik.

Para penggiat dongeng yang berkumpul dalam sebuah Forum Dongeng Nasional meyakini bahwa sudah saatnya dongeng perlu mendapatkan perhatian yang lebih besar dari seluruh masyarakat Indonesia. Sebuah Hari Peringatan dirasakan dapat berfungsi sebagai pengingat atas kebaikan yang dongeng bawa dalam kehidupan masyarakat. Hari ulang tahun Pak Raden dirasa sangat tepat untuk disandingkan dengan dongeng, karena seluruh hidup beliau pun memang tidak pernah lepas dari dunia hikayat.  Dongeng selain membangun kedekatan serta komunikasi, dapat memberikan dampak yang baik untuk generasi muda. Budaya bertutur inilah yang sudah diperkenalkan para orang tua kita, dan sudah selayaknya kita sebagai masyarakat Indonesia memberikan perhatian lebih dengan dicanangkannya Hari Dongeng nasional sekaligus sebagai penghormatan terhadap bapak dongeng Indonesia yang sudah berjasa besar bagi perkembangan anak-anak Indonesia melalui beragam karya beliau, yakni Pak Raden. (https://www.kemdikbud.go.id)

Kiranya dengan dongeng akan membawa Indonesia semakin kuat, bersatu dan makin menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air, dimulai dari diri kita. Mari kita bangkitkan semangat dongeng melalui hari Dongeng Nasional. Tokoh Pak Raden digambarkan sebagai karakter bapak yang pemarah dan selalu mengenakan pakaian khas Jawa. Unyil dan teman-temannya sering sekali ditegur oleh Pak Raden. Pak Suyadi yang menjadi pengisi suaranya. Dalam beberapa penampilan Pak Suyadi, dia sering mengenakan pakaian seperti Pak Raden. Orang-orang kemudian lebih mengenalnya dengan nama Pak Raden. Tokoh ini salah satu yang paling mudah diingat dalam film seri boneka itu.

Hari Dongeng Nasional dirayakan setiap tanggal 28 November. Perayaan ini baru ada sejak tahun 2015. Mengapa tanggal 28 November yang dipilih, ya?
Karena Tanggal Lahir Pak Raden. Hari Dongeng Nasional dideklarasikan di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 28 November 2015. Tanggal 28 November adalah peringatan hari kelahiran Drs. Suyadi atau yang dilebih dikenal dengan nama Pak Raden. Pak Raden adalah tokoh dalam film seri boneka Unyil yang pernah ditayangkan bertahun-tahun yang lalu.

Kiranya dengan dongeng akan membawa Indonesia semakin kuat, bersatu dan makin menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air, dimulai dari diri kita. Mari kita bangkitkan semangat dongeng melalui hari Dongeng Nasional.

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru #DispusipPekanbaru #Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan
#AyoJagaArsip #TertibArsip #perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book
#archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu
#SalamLiterasi
#SalamSmart

BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.