Selamat Hari Buku Sedunia 23 April 2019

oleh -18 views

Sudah membaca bukukah kamu hari ini ???

Hari ini tanggal 23 April 2019. Pada tahun 1995 UNESCO menetapkan sebagai Hari Buku Sedunia dan Hari Hak Cipta Sedunia. Tanggal ini digunakan sebagai Hari Buku sedunia karena bertepatan dengan tanggal kematian beberapa penulis seperti Miguel de Carventes, William Shekespeare serta merupakan tanggal kelahiran beberapa penulis terkenal lainnya. Tujuan dari penetapan tanggal 23 April sebagai Hari Buku Sedunia adalah untuk memberi penghargaan kepada buku-buku dan kepada para penulis, serta untuk mempromosikan budaya membaca, penerbitan dan hak cipta.

Dengan kemajuan digital sekarang ini kita tidak lagi kesulitan untuk membaca apa saja. Tinggal masukkan kata kunci ke kolom pencarian, ketik informasi yang ingin dibaca kemudian tekan Enter, maka akan muncul beberapa arikel yang relevan dengan kata kuncinya.

hari buku sedunia 23 april

Namun, banyaknya media digital yang menyediakan berbagai jenis artikel, ternyata tidak mempengaruhi terhadap jumlah buku yang beredar. Bahkan jumlahnya semakin banyak yang tersedia di toko buku. Hal ini tentu saja merupakan kabar yang mengembirakan, karena menunjukkan minat baca masyarakat yang makin meninggkat.

Sumber literatur lain mencatat juga upaya menggagas Hari Buku Sedunia di Spanyol pada tahun 1923. Penggagasnya adalah penulis asal Valencia bernama Vicente Clavel Andres yang ingin memberikan penghargaan kepada penulis Miguel de Cervantes. Terlepas dari apapun dasar penetapannya, Hari Buku Sedunia ini patut diapresiasi dan dirayakan.
23 April 1995, UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) menetapkan 23 April sebagai Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia.
Di Indonesia peringatan hari buku dan hak cipta sedunia pertama kali dilakukan oleh Forum Indonesia Membaca (FIM) pada tahun 2006, untuk mengajak masyarakat agar mau membaca buku dan menjadikan membaca sebagai budaya, membaca buku merupakan suatu cara untuk membuka jendela dunia agar kita bisa mengetahui lebih tentang dunia yang belum kita tahu sebelumnya. Ayo membaca . . .

Di Hari Buku sedunia ini, Mari kita tinggkatkan membaca lebih baik, serta lebih bijak dalam memilih bacaan.

#kenaliperpustakaankotapekanbaru
#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru
#DispusipPekanbaru #Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan
#AyoJagaArsip #TertibArsip #perpustakaan #pustaka #pustakawan
#arsip#dokumen #library #librarian #book #archive #history #bandarayamelayu#bandarserimelayu

#SalamLiterasi
#SalamSmart

BACA & PINJAM >>> GRATISSS

Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/

-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.