Segera hadir, iPekanbaru sebuah inovasi Perpustakaan Digital dari BPA Kota Pekanbaru

oleh -68 views

Pekanbaru-WaliKota Pekanbaru Dr. H. Firdaus MT dalam melaksanakan misinya untuk mewujudkan Kota Pekanbaru sebagai Kota metropolitan yang madani akan me-launching iPekanbaru pada Kamis, 23 juni 2016 bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Pekanbaru yang ke-232. Acara launching iPekanbaru ini rencananya akan di laksanakan di halaman Kantor Walikota Pekanbaru pada pukul 08.00-10.00 pagi dengan mengundang pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru, LSM dan masyarakat Kota Pekanbaru.

Dalam acara ini juga akan dilaksanakan hibah buku terhadap perpustakaan umum Kota Pekanbaru guna menambah koleksi buku fisik di perpustakaan tersebut. Walikota Pekanbaru juga menyebutkan bahwa iPekan hadir sebagai sumber penyedia bahan bacaan, menyenangkan, dan mudah diakses tanpa dibatasi ruang dan waktu untuk masyarakat Kota Pekanbaru. Melalui iPekanbaru, Masyarakat Kota Pekanbaru diharapkan dapat berinteraksi dengan sesama masyarakat dengan menggunakan fitur-fitur media sosial yang terdapat di dalam aplikasi tersebut.

ipekanbaru2

iPekanbaru itu sendiri adalah sebuah aplikasi Perpustakaan Digital (ePustaka) yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca eBook dan fitur-fitur media sosial yang memungkinkan pembaca e-book dapat berinteraksi dengan pembaca lainnya ataupun dengan penulis bukunya secara langsung. iPekanbaru dikembangkan dengan berbagai fitur dan kegunaan yang memudahkan penggunanya sehingga iPekanbaru juga bisa digunakan untuk berbagai perangkat komputer dan telepon pintar dengan cara online dan offline.

iPekanbaru merupakan aplikasi hibah yang dikembangkan oleh moco atau PT aksaramaya. MOCO telah menciptakan beragam fitur unggulan yang dapat membuat pengalaman membaca eBook menjadi semakin menyenangkan. Dengan sekali sentuh, pengguna bisa membeli, sewa dan pinjam berbagai buku dengan menggunakan voucher. iPekanbaru dapat diunduh dan diakses melalui smartphone dan tablet berbasis Android dan iOS, serta hybrid untuk PC/laptop.

Di dalam iPekanbaru terdapat 4000 judul buku digital yang merupakan hibah dari PT.Indosat.tbk. PT Indosat adalah sebuah perusahaan telekomunikasi dan multimedia terbesar kedua di Indonesia untuk jasa seluler (Mentari, Matrix, IM3,dan StarOne). Jumlah koleksi buku dalam iPekanbaru ini akan terus bertambah untuk itu Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru di percaya sebagai pengelola iPekanbaru tersebut.

Ibu Hj. Nelfiyonna, M.Si selaku Kepala Badan menyebutkan bahwa di tunjuknya BPA sebagai pengelola iPekanbaru ini sejalan dengan visi BPA yaitu sebagai Pusat Informasi dan Dokumentasi serta Pusat Baca di Kota Pekanbaru.
Kegunaan iPekanbaru adalah sebagai media dalam mempercepat penyampaian informasi, baik peraturan, kebijakan pemerintah, dan sarana publikasi milik warga yang dapat dinikmati pula oleh warga atau dengan kata lain, dari warga untuk warga.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.