Seandainya Vanya Fiona Jadi Walikota – Lomba Menulis

oleh -33 views
Vanya Fiona

Jika saya menjadi walikota Pekanbaru, hal pertama yang akan saya benahi adalah masalah sampah. Kemanapun kita pergi, kita akan selalu berjumpa dengan sampah, baik berukuran kecil maupun besar. Kita sudah bersekolah 12 tahun bahkan lebih, tetapi membuang sampah tidak pada tempatnya seperti “bawaan” kita dari kecil. Padahal disekolah kita selalu diajarkan untuk buang sampah pada tempatnya. Maka dari itu, saya akan melakukan sosialisasi dengan masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya.

            Hal kedua yang akan saya benahi adalah pengemis atau gepeng. Mereka akan saya kumpulkan lalu diberi sedikit ilmu bahwa meminta itu tidak baik. Setelah itu, mereka akan diberikan pekerjaan sesuai dengan minat dan kemampuannya, tentu dengan gaji yang sesuai.

             Hal ketiga yang akan saya benahi adalah tempat-tempat hiburan. Mayoritas warga Pekanbaru beragama Islam. Tetapi umat Islam lah yang sering tertangkap oleh Satpol PP saat sweeping di tempat-tempat hiburan tersebut. Maka dari itu saya hanya memberi izin kepada tempat hiburan yang sesuai dengan peraturan dan undang-undang.

            Hal keempat yang akan saya benahi adalah memperbanyak pohon. Saya ingin membangun sebuah bangunan yang berisi tanaman atau biasa disebut dengan taman vertikal. Insyaallah akan dibangun didaerah yang padat kendaraannya karena tumbuhan dapat menghasilkan O2 dan menyerap CO2. Setelah itu, saya akan menggalakkan penanaman pohon di daerah permukiman.

            Hal kelima yang akan saya benahi adalah penjualan aset daerah atau negara. Riau merupakan daerah yang sangat kaya akan bahan tambang seperti minyak, batu bara dan lainnya. Itu membuat negara luar melirik ke Riau. Lalu mereka berinvestasi dengan membeli tanah kosong dengan jumlah yang luas, karena kita biasanya terpaku pada “angka” yang diberikan negara luar tersebut. Kita akan mengatakan “Ya, silahkan”. Tahukah kita? Di bawah tanah yang kosong nan tandus itu, terdapat bermacam2 bahan tambang seperti emas, uranium, dan lainnya. Yang jika dihitung dapat melebihi beberapa kali lipat dari “angka” yang diberikan oleh negara luar tersebut.

             Hal keenam yang akan saya benahi adalah beasiswa. Saya senang memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi agar Riau mempunyai SDM yang berkualitas tinggi dan tidak dianggap remeh oleh negara luar.

            Hal ketujuh yang akan saya benahi adalah pembangunan. Beberapa tahun kebelakang, Pekanbaru sudah dijamuri oleh hotel dan mall, masyarakat sudah mulai jengah oleh pembangunan ini, apalagi lokasinya yang berdekatan dapat menyebabkan macet. Alangkah baiknya mall atau hotel ini diganti menjadi taman-taman  hijau yang dapat menyejukkan lagi menambah estetika kota Pekanbaru.

             Hal kedelapan yang akan saya benahi adalah pariwisata. Pekanbaru harus memperbanyak ikon-ikon pariwisata agar dapat mendongkrak penghasilan bagi masyarakat sekitar.

            Hal kesembilan yang akan saya benahi adalah infrastruktur jalan di Pekanbaru karena masih banyak sekali jalan berlubang dan bergelombang yang dapat membahayakan pengguna jalan. Lalu saya akan melanjutkan bangunan yang sudah terbengkalai seperti jembatan Lethon III Siak

            Demikianlah hal-hal yang akan saya lakukan jika saya menjadi walikota di Pekanbaru. Jika bukan saya yang menjadi walikota Pekanbaru, hendaknya ia melakukan salah satu poin yang saya jabarkan diatas.

“Tulisan ini di ikut sertakan dalam Lomba Hari Jadi Kota Pekanbaru ke 233 Tahun 2017”

Vanya Fiona

Nama Penulis : Vanya Fiona

Nama Sekolah : SMA Islam As-Shofa Pekanbaru

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.