Seandainya Solid Dian Permata Bunda Jadi Walikota – Lomba Menulis

oleh -202 views
Solid Dian Permata Bunda

“ Seperti kata pak jokowi, lakukan pekerjaan itu dengan tepat,bukan hanya cepat. keberhasilan tak bisa dihalangi jika yang kamu lakukan telah tepat”

Suatu pekerjaan tidak akan berhasil dengan tegesa gesa. Setiap proses yang dilalui berharga dan setiap detik setiap menit berharga karna proses. Bagaimanapun prosesnya setiap kota harus mampu bekerja sama. Kita harus bekerja keras agar kota kita tercinta ini dapat mewujudkan misinya menjadi smart city yang madani. Tapi sesuai kata pak Soeharto “Tuhan tidak merubah nasib suatu  bangsa sebelum bangsa itu merubah nasibnya” karna itulah setiap aspek perlu bekerja sama dalam membangun kota.

Nama saya Solid Dian Permata Bunda atau lebh akrab di panggil dengan Solid. Banyak yang bertanya pada saya apa arti nama yang saya gunakan. Kata ayah nama saya mengandung aarti bahwa Solid yang kokoh  dan kuat. Saya pernah bilang dengan ayah bahwa jika besar nanti saya ingin menjadi seseorang yang dapat berguna bagi bangsa saya terutama kota kelahiran  saya. Tapi pesan ayah jika kamu ingin menjadi seorang pemimpin buat lah kota itu seperti namamu yang solid karna setiap kota akan bersatu bila pemerintah dan masyarakat bisa bersatu dan kokoh sehingg bisa menjadi kota yang  cemerlang dan berkualitas. Andai kata saya walikota tentunya saya akan memperhatikan aspek aspek untuk melakukan perubahan\. Tentunya perubahan akan bermula dari pendidikan dan memperbaiki SDM .

Namu tak disangka pendidikan belum sepenuhnya berjalan baik dan tidak di pungkiri pulabahwa kesenjangan  pendidikan di kota ini masih ada walaupun sepertiya tidak terlihat. memperbaiki kualitas pendidikan.kota yang maju bersumber dari SDM yang berkualitas. Pendidikan memiliki peranan penting dalam hal ini. Maka dari itu saya merencanakan agar  setiap sekolah di kota saya memenuhi standar yang telah ditetapkan. Saya akan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti dinas pendidikan dan kepala masing masing sekolah yang ada untuk bagaiman caranya sekolah bisa menunjang lahirnya generasi emas kota ini salah satu yang akan saya kembangkan  adalah program kewirausahaan yang tidak hanya di lakukan oleh beberapa sekolah melainkan  setiap sekolah harus melaksanakan program tersebut. Karna zaman sekarang lapangan pekerjaaan atau jalan untuk menjadi orang yang sukses tidak hanya di dasarkan oleh ilmu melainkan skil dan kemam puan yang membuat siswa bisa berlatih menjadi seorang pengusaha muda yang nantinya akan mejadi bekal untuk kehidupannya kelak.

            Satu hal penting lainnya yaang tak bisa dilupakan adalah mengenai transpirasi setiap sekolah dalam  mengelola dana sekolah. Saya akan sangat bertindak tegas dalam hal  ini mengingat pemerintah pusat juga tengah gencar menggalakkan mengenai stop pungutan liar. Pemerintah  diharapkan dapat lebih selektif dalam memberikan bantuan  biaya siswa agar tidak ada lagi anak yang putus sekolah  karana tidak adanya biaya. Ini  juga merupakan tujuan saya untuk menghilangkan masalah klasik yang selama  ini kembali muncul bahkan  tidak pernah  hilang dari kota bahkan dari negri ini.Seandai saya wali kota saya akan memperjuangkan nasib mereka dan dana alokasi pendidikan harus digunakan secara benar. Kota saya harus maju oleh SDM yang berkualitas sehingga dapat mengolah SDA  dengan lebih pintar.

            Meningkatkan pelayanan publik juga hal yang penting. Andai kata saya walikota yang bekerja untuk masyarakat tentunya harus melayan i mereka dengaan baik. T idak lupa saya juga akan  memperindah layanan publik seperti memperbaiki jalan yang berlubang,mengatasi kemacetan dan menghilangkan sampah dari jalanan . Meningkatkan pelayanan publik juga akan menghilangkan pengemis yang ada di jalanan. Sebgai wali kota saya menggunakan dana pemerintah untuk  menampung para pengemis atau anak anak terlantar yang  seharusnya dirawat oleh pemerintah sesuai dengan UUD 1945. Apakah pengemis itu haanya akan ditampung?sehingga dapat  memeberatkan beban pemerintah? Tentunya tidak , pengemis yang masih bisa bekerja dapat kita arahkan untuk berwirausaha dengan memanfaatkan barang yang ada seperti membuat kerajinan dari limbah atau dapat membuat usaha makanan yang nantinya hasil tersebut dapat berguna bagi kehidupan mereka dan juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang nantinya akan menekan  pengemis atau rakyat terlantar danmenekan angka pengangguran yang  ada di kota Pekanbaru.

            Tidak hanya pelayanan publik saya sebagai walikota saya juga akan memperbaiki kinerja sistem birokrasi. Dalam artian lain akan memangkas sistem birokrsi yang terbukti hanya mempersulit masyarakat dan menghabiskan biaya yang cukup besar(jika ada). Kenapa birokrasi penting? Karna birokrasi yang baika kan menghasilkan kota yang baik. Dengan birokrasi yang teratur tentunya kota akan semakin maju.

            Anak anak juga akan menjadi perhatian penting bagi setiap kota karna anak anak adalah kader kader penerus bangsa dan akan mengembangkan  kota ini.salah satu  bentuk pethatian pemerintah  adalah dengan dikembangkannya program ramah anak  yang bertujuan untuk memupuk anak menjadi seseorang yang berbudi pekerti dan  berakhlak mulia.kenapa berbudi pekerti atau berakhlak mulia? Karna seorang pemimpin yang hebat tidak hanya mampu dalam  memerintah tapi mampu untuk memberikan contoh kepada rakyaatnyaa agar terwujudnya kota Pekanbaru yang madani.

            Namun bagaimana caranya? Tak bisa di elakkan bahwa ini bukan perkara mudah tapi saya akan coba misalnya,mengembangkan dan terus mengikuti program yang sudah ada yaitu program literasi yang nantinya akan menambah wawasan dari anak tersebut yang akan mewujudkan misi kota Pekanbaru yakni smart city dan program mengaji sebelum memulai pelajaran yang nantinya akan  menambah ketakwaan dan akhlak bagi seorang siswa yang juga akan mewujudkan misi kota Pekanbaru yang madani. Tentunya pemerintah tidak hanya memberi program tapi harus mendanai program tersebut seperti memberikan buku dan al quran gratis bagi tiap tiap sekolah.

            Namun masalah   yang juga sangat menguatirkan bagi kota Pekanbaru yaitu masalah narkoba dan sexs bebas. Sungguh ironi yang terjadi pada beberapa generasi muda yang sudah tejerumus kedalam masalah yang ada di kota Pekanbaru ini. Seperti yang kita ketahui bahwa kota Pekanbaru telah dinobatkan menjadi kota layak anak tingkat pratama. Andai kata  saya  walikota Pekanbaru tentunya saya akan membuat kota yang benar benar layak untuk ditempati anak dan bukan sekedar omongan tetapi melalui tindakan.

            Menurut saya masalah yang pertama adalah anak yang terlantar dimana mereka terpaksa bekeja di usia yang seharusnya masih bersekolah menjadi orang yang mengelurkan keringat dipinggir jalan kota Pekanbaru sambil berjualan ataupun meminta minta. Disini andai kata saya walikota maka seperti yang saya katakan sebelumnya anak anak tersebut akan ditampung oleh pemerintah sesuai UUD 1945 .

            Masalah yang kedua adalah masalah pergaulan bebas atau sexs bebas. Akibat perkembangan zaman dan kemajuan teknologi banyak anak anak yang terpengaruh oleh kebiasaan atau perilaku orang asing yang menomor duakan tuhan dimana kebiasaan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan dan dapat merusak penerus bangsa kita 20 tahun yang akan datang. Andai kata saya wali kota tentunya saya akan melakukan 3M (Menghimbau,Memperingati,Menuntun) para pemuda tentang bahayanya sexs bebas tentunya melalui seminar ataupun  penyuluhan di setiap setiap sekolah  mulai SD,SMP, dan SMA.

            Malasah yang ketiga cukup segnifikan yaitu narkoba. Banyak generasi muda yang menyepelekan hal ini karna merasa yakin tidak akan pernah menggunakannya. Tetapi, sebenarnya semua orang adalah calon pengguna narkoba itu sendiri yang kita usahakan adalah kita jangan sampai mengubah status calon pengguna menjadi pengguna atau pun pengedar narkoba. Salah satu hal yang mudah untuk menghancurkan generasi bangsa adalah melalui narkoba.  Banyak anak muda sekarang kurang memiliki iman mencoba coba narkoba karna di bujuk dan terlihat ingin gaul yang akhirnya menjadi pecandu narkoba dan akan terus berkembang dari tangan ketangan dan rantai itu akan terus berlangsung sampai nantinya kita sebagai pemerintah bekerja sama dengan pihak yang bersangkutan untuk memutus rantai tersebut dan menghilangkan permasalahan narkoba yang ada di kota Pekanbaru ini. Bagaimana caranya? Tentunya jika saya menjadi wali kota maka saya akan bekerja sama dengan pihak yang terkait atau BNN kota Pekabaru terkait narkoba yang sudah menjamur dikalangan penerus bangsa. Tentunya usaha tersebut tidak akan berhasil jika hanya di lakukan olehpemerinth tetapi masyarakat juga harus melakukan upaya dalam pencegahan nakoba. Selanjutnya saya akan bekerjasma dengan BNN melakukan PRP(Pencegahan,Rehabilitasi,Pemberantasan)dalam menghadapi penyalahgunaan narkoba. Sehingga akan tercipta generasi hebat yang bebas narkoba.

            Lepas dari masalah sosial tau lainnya siapa yang tak kenal dengan budaya melayu yang kental, siapa yang tak rasa makanan pekanbaru yang khas, dan siapa yang buta dengan tradisi melayu yang bermakna. Setiap kota harus memiliki daya tarik yang dapat membuat orang lain ingin untuk mengunjungi kota tersebut. Sama halnya budaya melayu  .Seperti yang kita ketahui riau adalah kota yang memiliki potensi dan budaya budaya yang banyak dan sangat mengandung niai nilai moral yang luhur,namun sayangnya kebudayaan itu sering diabaikan dan menjadi  peringkat ke sekian untuk diperhatikan. Seperti kata pepatah gajah mati mennggalkan gading sama halnya orang orang terdahulu kota ini yang telah tiada meninggalkan budaya nya yang seharusnya kita sebagai penerus dapat mengembang kan bukan menghilangkan,memperkenalkan dengan bangga bukan malu dengan budaya,kenyang dengan makanannya yang khas bukan kenyang dengan uang rakyat.

            Sebagai ibu kota profinsi Riau tentunya Pekanbaru harus memberikan citra yang positif terhadap profinsi Riau. Banyak budaya ,banyak tempat,dan banyaknya makanan yang dapat menjadi daya tarik dari kota Pekanbaru.Misalkan budaya bebalas pantun yang merupakan salah satu identitas dari kota ini. Namun sayang banyak generasi muda yang malu untuk mengembangkannya karna dianggap sudah ketinggalan zaman dan dianggap tidak gaul. Memang benar kini zaman telah berkembang teknologi melaku pesat bahkan andai kata saya walikota generasi muda harus melek dengan teknologi tapi jangan  lupa dengan budi. Tidak bisa di pungkiri jika kita ingin mejadi smart city maka kita harus tajam akan teknologi  kita harus menguasai teknologi tetapi bukan dikuasai oleh teknologi. Sebagai generasi muda kita juga harus menjunjung tinggi budaya jangan sampai kota kita yang kaya akan budaya semakin lama semakin memudar . Andai kata saya walikota saya akan mencoba masuk di hati para pemuda untuk menggunkan pantun. Melalui seminar budaya yang menarik sehingga dapat menimbulkan ketertarikan generasi muda dalam budaya.

Tak hanya itu,andai kata wali kota maka saya akan bekerja sama dengan pihak dinas pendidikan untuk memasukkan pembelajaran yang cukup mendalam tentang pantun atau budaya lainnya dan berusaha membuat para siswa cinta akan budayanya yang menjadi identitas darikota ini. Dilihat dari ke khassan makanan kota Pekanbaru yaitu bolu kemojo dan minuman laksamana mengamuk serta makanan yang berbahan dasar dari sagu. Andai kata saya walikota saya akan mengintruksikan pada sekolah sekolah yang sebelumnya saya beritahu diatas tentang program kwirausahaan untuk para siswa agar dapat membuat makanan khas dari Riau atau Pekanbaru ini agar makanan tersebut tidak akan pernah hilang dan langka di kota Pekanbaru ini. Dan dilihat dari tempat siapa yang tak tau tentang tugu tugu yang ada di kota Pekanbaru. Seperti yang kita ketahui tugu tugu yang ada di Pekanbaru adalah miniatur yang merupakan monumen yang ciri khas dari masing masing daerah. Tetapi sangat disayangkan bahwa banyak tugu yang sudah dibuat tapi tidak dijaga dan dirawat dengan baik oleh masyarakat maupun pemmerintah. Inilah yang membuat kita miris dengan kurangnya kesadaran  dari masyarakat yang kurang bertanggung jawab mencoret atau kurang peka nya pemerintah melihat keadaan sekitar. Andai kata saya wali kota Pekanbaru tentunya saya akan menjaga,merawat dan membuat tugu tugu tersebut tetap menjadi miniaatur kota Pekanbaru yang juga menjadi identitas kota ini. Jika kita telah menjaga,merawat dan mengembangkan budaya maka kita akan mencapaikan keberhasilan dalam menghulu budaya melayu menghilir riau berintegritas yang tidak hanya menjadi tag line dalam hut Riau tapi juga menjadi misi yang akan tercapai dengan kerja keras kita dalam melestarikan budaya ini.

            Kota Pekanbaru merupakan kota yang memiliki misi untuk menjadi smart city dan madani,yang bermaksud akan menjadi kota pintar yang berkualitas dan kota yang aman,tentram,dan tentunya menjadi kota yang sejahtera. Tetapi yang disayangkan kota ini belum sepenuhny untuk dapat memenuhi misinya tersebut. Kenapa?karena kota yang madani atau kota yang nyaman adalah kota yang dapat menjaga dan mengolah ligkungannya dengan bijak. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan mengelola sampah yang sebenarnya merupakan masalah yang masih saja menghantui kota Pekanbaru ini. Apakah kita sudah mencoba menangani sampah? Tentunya sudah namun setiap maslah tidak akan pernah selesai jika tidak meiliki kesadaran. Sebenarnya peran penting untuk menjaga lingkungan tersebut adalah masyarakat sekitar yang harus peka dengan lingkungannya sendiri. Dan oleh sebab itu seandai saya walikota Pekanbaru tentunya saya akan menghimbau kepada masyarakat kota Pekanbaru betapa besar pengaruh sampah pada lingkungan dan keindahan kota dan sangat pentingnyaa peran masyarakat dalam mewujudkan kota pekanbaru yang bebas dari sampah. Apa yang bisa dilakukan pemerintah sebagai sseorang yang juga berperan penting dalam menghimbau masyarakat tentang bahayanya sampah? Yaitu dengan menghimbau dan memfasilitasi kota pekanabaru dengan bank sampah yang di kelola dengan baik dan berorganisasi secara terus menerus. Dengan bank sampah yang dikelolaa dengan baik maka kita dapat mencegah masalah sampah yang berserakan dan juga dapat memilah sampah yang masih dapat digunakan contohnya sampah pelastik yang tidak dapat diuraikan dan akan bertumpuk sehingga akan menyebabkan banjir. Tetapi dengan mengelolanya dengan bijak maka kita bisa mengubah sampah tersebut menjadi barang barang yang berguna seperti taas,dompet dll yang berbahan dasar limbah yang nantinya akan mengwujudkan kota Pekanbaru yang smart dalam mengelola sampah,menambah skil masyarakat dengan berwira usaha dan dapat mengurangi pengangguran karna menciptakan lapangan pekerjaan yang tercipta dari kegiatan berwirausaha yang bermodal dari sampah. Dan menciptakan keberhasilan untuk mengubah sampah jadi berkah.

Solid Dian Permata Bunda

Nama Penulis : Solid Dian Permata Bunda

Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Pekanbaru

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.