Seandainya Siti Nailazikri Virananda Jadi Walikota – Lomba Menulis

oleh -161 views
Seandainya Siti Nailazikri Virananda Jadi Walikota
Seandainya Siti Nailazikri Virananda Jadi Walikota

Bismillahirrahmanirrahim…
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Seandainya saya jadi walikota, saya ingin menjadikan Kota Pekanbaru sebagai kota yang madani, bersih, ramah lingkungan, serta kota yang mempunyai generasi muda berprestasi.

Untuk menjadikan Kota Pekanbaru sebagai kota yang bersih, ada beberapa upaya yang dapat kita lakukan, seperti membuang sampah pada tempatnya. Saat ini, masih banyak warga yang membuang sampah sembarangan, sehingga lingkungan sekitarnya menjadi kotor dan menimbulkan bau yang kurang enak. Melalui hal ini, dapat disimpulkan, bahwa kesadaran masyarakat atas kebersihan lingkungan masih kurang. Padahal, jika kita bertanya, apa dampak dari membuang sampah sembarangan? Rata-rata warga dapat menjawabnya dengan benar. Banjir, merupakan salah satu dari sekian banyaknya dampak membuang sampah sembarangan. Daerah-daerah di Kota Pekanbaru sering sekali terkena banjir. Faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya banjir selain membuang sampah sembarangan adalah kurangnya saluran pembuangan air kotor/parit. Dapat kita lihat, saluran pembuangan air di Kota Pekanbaru masih kurang, sementara bangunan-bangunan di kota semakin banyak. Hal tersebut membuat saluran-saluran pembuangan air yang ada menjadi tidak mampu lagi untuk menampung limbah air kotor dan air hujan. Akibatnya, terjadilah banjir. Selain itu, saluran-saluran pembuangan yang ada juga banyak yang dipenuhi oleh sampah-sampah yang dibuang sembarangan oleh warga. Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukanlah kesadaran warga untuk membuang sampah pada tempatnya.

Untuk menjadikan Pekanbaru sebagai kota yang ramah lingkungan, beberapa upaya dapat kita lakukan, seperti menanam pohon disekitar lingkungan. Pohon merupakan paru-paru dunia. Oksigen untuk kita bernafas dihasilkan dari pohon. Di Pekanbaru, tingkat polusi udara semakin hari semakin tinggi. Untuk mengurangi tingkat pencemaran udara di Pekanbaru, kita membutuhkan banyak pohon untuk menyerap karbon dioksida yang ada. Karena itu, jika kita menerapkan sistem “satu orang untuk menanam satu pohon”, maka tingkat polusi udara di Pekanbaru dapat berkurang. Selain itu, upaya ini dapat menggantikan pohon-pohon yang sudah habis ditebang atau rusak akibat pembalakan liar dan pembakaran hutan.

Untuk menjadikan Pekanbaru sebagai kota yang madani, kita harus menjadi masyarakat yang beradab dalam membangun, menjalani, dan memaknai kehidupannya; dan melalui peningkatan kreativitas para remaja. Masyarakat madani merupakan sistem sosial yang berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat. Jadi, kita harus lebih mementingkan hal-hal yang berkaitan dengan masyarakat dibandingkan dengan kepentingan individu serta saling menghargai perbedaan.

Nah, untuk menjadikan Kota Pekanbaru sebagai kota yang berprestasi, untuk bidang pendidikan, akan diupayakan agar sekolah-sekolah di pekanbaru menerapkan program adiwiyata hingga bisa berprestasi sampai ke tingkat nasional seperti yang akan diikuti oleh sekolah saya MTsN 3 Bukit Raya Pekanbaru. Disekolah perlu dibina kepedulian para pelajar terhadap alam dan lingkungan sekitarnya. Selain itu perlu diadakan penertiban dan pembinaan untuk pelajar-pelajar yang sering membolos waktu pelajaran sekolah, penertiban warnet-warnet yang biasanya menjadi tempat bagi anak-anak untuk membolos. Mengadakan penyuluhan tentang bahaya merokok, narkotika dan obat-obat terlarang, pergaulan bebas, sedangkan pelajar yang terlanjur terjerat narkoba akan diberikan rehabilitasi dan pembinaan dengan menggunakan pendekatan terutama dari keluarganya sendiri, agar generasi muda pekanbaru terbebas dari bahaya narkotika. Untuk bidang seni dan olah raga, pelajar dan anak-anak muda diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan positif seperti ajang perlombaan kesenian, olahraga, berbagai pelatihan keterampilan dan sebagainya. Hal tersebut akan membuat pelajar dan generasi muda pekanbaru menjadi pribadi yang kreatif, sportif, terampil dan berprestasi. Demikianlah yang ingin saya lakukan seandainya saya menjadi walikota.

“ Tulisan ini di ikut sertakan dalam Lomba Hari Jadi Kota Pekanbaru ke 233 Tahun 2017 ”

Seandainya Siti Nailazikri Virananda Jadi Walikota
Nama Penulis : Siti Nailazikri Virananda

Nama Sekolah : MTsN 03, Bukit Raya, Pekanbaru.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.