Seandainya Linda Ariyani Jadi Walikota – Lomba Menulis

oleh -70 views
Linda Ariyani

Kotaku, Kotamu, dan Kota Kita Bertuah

Pekanbaru merupakan ibu kota Provinsi Riau. Tak terasa kota Pekanbaru sudah menempuh 233 tahun perjalanan dari Senapelan hingga menjadi Pekanbaru yang sekarang ini. Sebagai warga asli Pekanbaru, saya sadar bahwa kota kita tercinta ini memiliki seribu satu potensi yang masih dapat dikembangkan. Menjadi pemimpin dari kota bertuah ini tentulah bukan hal yang mudah, namun bila saya diberikan kesempatan untuk memimpin kota madani ini, saya akan meningkatkan ketertiban lalu lintas, membuat zebra cross di setiap lampu merah dan membudayakan kegemaran berjalan kaki, seperti halnya di kota negeri seberang. Meningkatkan fasilitas kendaraan umum, seperti melatih pengendara kendaraan umum agar lebih professional sehingga bukan hanya warga Pekanbaru, bahkan pengunjung yang dating juga dapat menikmatinya dan dapat mengurangi pemakaian kendaraan bermotor,  karena seperti yang kita ketahui bersama, pemakaian kendaraan bermotor dalam jumlah besar oleh warga Pekanbaru dapat menyebabkan Polusi Udara dan meningkatkan kemacetan hingga resiko kecelakaan lalu lintas.

Sebagai aparat sipil negara, melaksanakan tugas secara disiplin dan sebaik mungkin merupakan suatu kewajiban. Bila saya diberikan amanah menjadi pemimpin negeri bertuah, saya akan melakukan penertiban di setiap pusat perbelanjaan, sehingga saat jam kerja tidak ada lagi kendaraan berplat merah yang terparkir di tempat rekreasi, karena budaya disiplin harus diterapkan kepada siapapun, termasuk aparat sipil negara yang menjadi panutan warganya. Penertiban yang serupa juga perlu dilakukan kepada anak-anak sekolah, misalnya di Warung Internet ( warnet ) dan tempat nongkrong lainnya pada saat jam sekolah. Kualitas pendidikan di kota ini juga perlu ditingkatkan lagi, membudayakan jiwa jujur dan anti menyontek juga merupakan salah satu upaya mencegah korupsi pada masa dimana anak-anak yang sekarang akan memimpin negeri ini. Saya juga akan melakukan penertiban terhadap anak-anak jalanan dan penjual Koran sehingga mereka dapat merasakan pendidikan seperti anak lainnya. Selain pemerataan kualitas pendidikan, saya juga akan mengapresiasi siswa dan guru berprestasi misalnya dengan memberikan bantuan pendidikan berupa beasiswa, agar kelak mereka dapat kembali dan membangun Kota Bertuah yang lebih baik lagi.

Sektor ekonomi merupakan sektor yang paling penting, saya akan memberikan perhatian khusus bagi para pelaku UMKM ( Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dengan memberikan program pembantuan modal, serta melakukan pelatihan tenaga kerja. Saya akan membuat aplikasi berbasis jaringan internet yang menjadi wadah dari bertemunya pencari kerja dan pemilik perusahaan. Membangun suatu wadah yang menampung berbagai ide dan kreasi dari berbagai kalangan juga diperlukan misalnya dengan membentuk dan mendukung berbagai komunitas kreatif dan positif dengan memberikan tempat berkumpul. Saya akan membangun suatu gedung pertemuan bagi berbagai kegiatan organisasi dan komunitas, sehingga kegiatan positif dapat terus dilakukan oleh berbagai kalangan. Kota Bertuah kental dengan budaya melayu dengan berbagai tradisi hingga kuliner. Sektor kuliner merupakan salah satu sector ekonomi yang berpeluang besar, oleh karena itu saya akan menyediakan suatu tempat berkumpulnya berbagai masakan tradisional, jajanan melayu, dan berbagai makanan kaki lima dengan kualitas bintang lima, sehingga akan menjadi daya tarik baik bagi warga Pekanbaru maupun wisatawan yang berkunjung. Membudayakan jiwa kewirausahaan juga penting terutama bagi kalangan muda, saya akan mengadakan lomba kewirausahaan bagi anak muda setiap tahunnya dan diberikan bantuan modal bagi para pemenangnya, sehingga setiap tahun akan tercipta berbagai usaha dengan ide dan kreasi baru.

Kenyamanan warga Pekanbaru juga perlu dijaga dengan memperbaiki berbagai fasilitas umum seperti museum, dan membangun Gedung Sains dan Teknologi di negeri ini. Membuat lebih banyak lagi Ruang Terbuka Hijau (RTH)  dengan fasilitas internet sehingga warga Pekanbaru dapat mencintai alam, dan kota ini menjadi lebih indah. Memfasilitasi pasukan kuning (pasukan kebersihan) misalnya dengan memberikan penghasilan yang layak, dan membuat gerakan peduli sampah, misalnya daur ulang dan bank sampah, mendukung sekolah-sekolah untuk mendapatkan adiwiyata, sehingga kota ini bersih dan nyaman. Keamanan juga perlu ditingkatkan dengan mengurangi tingkat kriminalitas dan pengangguran, sehingga warga Pekanbaru merasa aman. Listrik merupakan sumber energi yang sangat penting, saya akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya sehingga dapat membantu pasukan energi listrik dari PLTA dan tidak akan ada istilah ‘mati lampu’ atau ‘mati listrik’. Selain itu, kesehatan adalah hal yang penting dalam hidup manusia, oleh karena itu saya akan memperbanyak rumah sakit dan pengobatan gratis tanpa melupakan kualitas dan kesejahteraan para dokter. Supremasi hukum dan keadilan juga akan menjadi perhatian saya. Saya juga akan meningkatkan kredibilitas pemerintahan dengan memberikan pelaporan secara berkala kepada warga Pekanbaru misalnya melalui website atau sosial media dan menyediakan call center 24 jam untuk mendengar aspirasi dan keluhan warga. Terakhir, saya akan berusaha menciptakan kerukunan dan kebersamaan antar umat beragama, sehingga warga Pekanbaru dari berbagai suku, ras, agama, dan budaya dapat hidup bersama dengan harmonis dan damai, sehingga tercipta Pekanbaru Kota Bertuah ( bersih, tertib, usaha bersama, aman, dan harmonis).

“Tulisan ini di ikut sertakan dalam Lomba Hari Jadi Kota Pekanbaru ke 233 Tahun 2017”

Linda Ariyani

Nama Penulis : Linda Ariyani

Nama Sekolah : SMA Darma Yudha

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.