Seandainya Ledy Monica Jadi Walikota – Lomba Menulis

oleh -45 views
Ledy Monica

Seorang Pemimpin

Walikota itu apa? Walikota ialah seseorang yang memimpin dengan tegas namun dalam melaksanakan tugasnya terhadap kota dan negaranya, ia menggunakan niat yang besar, serta hati yang tulus. Tidak hanya itu, seorang walikota juga tidak akan membesar-besarkan dirinya, membanggakan dirinya sebagai walikota, yang terpenting ialah bagaimana ia dapat melaksanakan tugasnya, dan berbakti kepada kotanya. Karena, seorang pemimpin yang sesungguhnya, ialah seseorang yang selalu rendah hati, seseorang yang punya banyak masalah, keluhan, dan tanggung jawab, namun ia tak pernah sekalipun mengeluh. Sebab, ia menjadi pemimpin bukan untuk mencari nama, melainkan untuk memajukan kotanya, menjadi lebih baik dan sejahtera.

Seandainya saya sebagai siswi SMA ini, yang bukan siapa-siapa, menjadi walikota suatu hari nanti, saya tidak berjanji untuk menjadi seorang walikota yang kalian impikan, namun saya akan berusaha, berjuang untuk kota ini. Kota yang sudah saya tempati selama 16 tahun, kota yang sangat saya cintai, walaupun diluar sana banyak kota yang lebih indah, lebih maju, lebih sejahtera, namun saya sebagai salah satu warga Kota Pekanbaru, berilah saya kesempatan untuk belajar, belajar cara memajukan kota ini, dan mensejahterakan warganya.

          Jika suatu saat saya menjadi walikota, saya akan menjadi walikota yang jujur, tegas, rendah hati, serta seorang walikota yang bisa menjadi panutan bagi warganya. Seseorang yang tidak akan korupsi, seseorang yang menjalankan tugasnya dengan hati, walaupun tidak semua warga Pekanbaru mengenal nama saya, tetap itu bukanlah suatu masalah. Karena saya akan menjadi seorang pemimpin yang memimpin demi kotanya, bukan demi nama baiknya.

          Sebagai seorang teladan bagi warganya, saya akan selalu berpenampilan sederhana, tidak peduli sebanyak apapun uang yang saya miliki, saya akan berpenampilan sederhana dan sopan. Dalam perkataan juga harus lebih dijaga, agar tidak dapat menimbulkan suatu konflik. seseorang yang telah memilih jalannya untuk menjadi pemimpin, ialah seseorang yang dapat menjadikan dirinya sebagai teladan dan seseorang yang dapat menjalankan perkataannya, bukan untuk memamerkan dirinya sebagai walikota, juga bukan untuk memamerkan kebaikannya. Untuk apa saya menjadi walikota hanya karena haus akan harta, haus akan nama baik. Kalau emang begitu tujuannya, lebih baik saya tidak menjadi walikota. Karena saya tidak akan menjalankan tugas dengan sepenuh hati, yang akan kena impasnya adalah warga Pekanbaru yang tidak bersalah.

          Saya akan belajar untuk menuangkan ketulusan hati saya saat menjadi pemimpin kota ini, saya akan beri jiwa kepemimpinan saya dalam memimpin, saya akan menegaskan diri sebelum menjadi pemimpin, saya juga akan mendisiplinkan diri sebelum memimpin, dan saya akan selalu rendah hati dalam segala sesuatunya. Ingatlah, seseorang yang menyombongkan dirinya pasti akan jatuh suatu saat nanti.

          Tidak ada yang perlu tau bagaimana usaha saya dalam menjalankan tugas, tidak ada yang perlu tau sesibuk apapun saya, tidak ada yang perlu tau keluhan saya, apapun itu tidak ada yang perlu mengetahuinya, saya akan menjalankan tugas layaknya seorang pemimpin. Biarlah hanya Tuhan yang melihat jeri payah saya, yang terpenting ialah tujuan mulia saya tercapai sebagai seorang pemimpin.

“Tulisan ini di ikut sertakan dalam Lomba Hari Jadi Kota Pekanbaru ke 233 Tahun 2017”

Ledy Monica

Nama Penulis : Ledy Monica

Nama Sekolah : SMA Darma Yudha

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.