Seandainya Kelvin Churcill Jadi Walikota – Lomba Menulis

oleh -37 views
Kelvin Churcill

Apabila saya menjadi walikota di Pekanbaru , hal pertama yang ingin saya lakukan adalah membangun sekolah dasar yang baru. Mengapa? bukannya di Pekanbaru sudah terdapat banyak sekolah? Sekolah yang akan saya bangun ini bukan sekolah yang seperti biasa pada umumnya. Melainkan sekolah yang akan memakai sistem pendidikan yang sama seperti di luar negeri.

Seperti yang kita lihat , beberapa sekolah di Pekanbaru sudah menerapkan peraturan full day school atau yang biasa kita sebut proses belajar mengajar selama seharian. Mungkin sebagian dari masyarakat Pekanbaru setuju dengan peraturan ini. Tetapi sebagiannya lagi mungkin tidak setuju. Ada dampak positif dan dampak negatif dari peraturan tersebut. Dampak positifnya adalah anak-anak bisa mengikuti pelajaran tambahan di mana mereka bisa memperoleh ilmu yang lebih dalam lagi , dan juga menjalin hubungan yang lebih baik dan erat dengan teman sebayanya. Dampak negatifnya adalah hubungan antara anak-anak dengan keluarga dan kerabatnya menjadi kurang karena anak-anak harus menghabiskan waktu mereka di sekolah dari pagi hingga sore.

Maka itu , saya akan membangun sekolah dasar yang bertujuan untuk membangun pendidikan anak-anak agar lebih maju lagi. Bagaimana kualitas pendidikannya ? sekolah ini akan meminimalisir evaluasi tes yang harus di hadapi oleh anak-anak. Di mana anak-anak tidak perlu menghadapi tes yang terlalu banyak agar pikiran anak-anak tidak menjadi terlalu berat. Selain itu setiap anak-anak diberi otonomi khusus untuk menentukan jadwal ujiannya untuk mata pelajaran yang menurut dia sudah kuasai. Tujuan ini dibuat agar anak-anak dapat mengembangkan potensi dirinya lebih dalam lagi yang sudah lama dia kuasai. Tugas-tugas , les tambahan juga akan diminimalisirkan agar anak-anak bisa mendapatkan waktu lebih banyak lagi untuk bermain , bersosialisasi dan berkreasi. Selain itu proses pengajaran yang dilakukan oleh sekolah tersebut hanya di mulai dari pukul 08.00 sampai 13.00. Karena tidak hanya di sekolah , anak-anak juga membutuhkan bimbingan dari orang tua untuk membangun karakter mereka. Jadi anak-anak di berikan kesempatan untuk berinteraksi dengan teman sebayanya dan orangtuanya dalam waktu yang imbang.

Di dalam lingkungan sekolah tersebut , saya ingin membangun fasilitas yang nyaman bagi anak-anak tersebut seperti taman bermain. Bagaimana pun juga mereka masih anak-anak. Mereka juga membutuhkan hiburan agar mereka tidak merasa terbebani dengan pelajaran mereka. Dan bagian yang paling menarik , yaitu perosotan di lantai atas. Apa maksudnya? Mungkin sebagian dari anak-anak merasa kelelahan ketika harus turun tangga lagi. Lebih buruknya lagi apabila tangga tersebut sudah terlalu ramai sehingga anak-anak susah untuk turun kebawah. Dengan adanya perosotan ini , anak-anak tidak perlu khawatir lagi untuk turun kebawah. Selain memudahkan , perosotan ini juga berfungsi untuk menghibur anak-anak tersebut.

Mungkin kalian bertanya-tanya , kenapa saya mau membangun sekolah dasar seperti itu? Seperti yang kita lihat , masih banyak anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu untuk menghadapi pendidikan mereka. maka itu ini alasan saya ingin membangun sekolah dasar tersebut karena saya ingin membantu anak-anak di Pekanbaru untuk memajukan akademik dan potensi diri mereka. Serta memajukan kota tercinta kami agar bisa lebih baik untuk kedepannya lagi.

“Tulisan ini di ikut sertakan dalam Lomba Hari Jadi Kota Pekanbaru ke 233 Tahun 2017”

Kelvin Churcill

Nama Penulis : Kelvin Churcill

Nama Sekolah : SMA Darma Yudha

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.