Seandainya Herwika Juliana Jadi Walikota – Lomba Menulis

oleh -28 views
Herwika Juliana

 Bismillahhirrahmanirahiim

Assalammua’laikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Walikota adalah pemimpin dari sebuah kota. Menjadi walikota bukanlah hal yang mudah, menjadi wali kota harus jujur dan adil serta bijaksana. Seandainya saya menjadi walikota saya akan berusaha menjadi pemimpin yang adil, jujur dan bijaksana untuk kota Pekanbaru yang kita cintai ini.

Bukan hanya menjadi pemimpin yang jujur, adil dan bijaksana saja, tetapi saya juga akan menjadi pemimpin yang mengutamakan pendidikan para penerus bangsa, ketertiban masyarakat dalam berkendaraan maupun dalam membayar pajak tepat waktu, dan juga kebersihan, serta juga mengembangkan minat baca anak-anak.

Pendidikan di kota Pekanbaru untuk anak anak yang kurang mampu kita lihat sangat sedikit yang dapat bersekolah, kebanyakan anak-anak dari keluarga yang kurang mampu bekerja membantu orang tua nya, ada yang bekerja sebagai pengemis, memungut sampah dan sebagainya. Seharusnya anak-anak wajib bersekolah. Jadi seandainya jika saya menjadi walikota saya akan membuat peraturan baru untuk anak yang tidak mampu, tetapi berprestasi atau memiliki bakat yang luar biasa, mereka akan membayar biaya sekolah 50% dari100% biaya sekolah yang sudah ditetapkan sebelumnya.

 Seandainya saya menjadi walikota saya bersama para mentri yang lainnya akan memadai fasilitas sekolah, seperti mesjid, lapangan olahraga dan sebagainya.Serta saya juga akan membuat pengelompokan kelas sesuai dengan minat dan bakat seperti yang sudah dilakukan oleh MTsN 03  Kota Pekanbaru. Kelas nya akan dibagi menjadi 5 Macam minat bakat untuk Tsanawiya dan 4 macam minat bakat untuk SDN, SMPN, SMA/SMK. Macam-macam 5 minat bakat untuk Tsanawiyah adalah Biologi, Fisika, Matematika, B. Arab, dan B.Ingris. Dan kelas minat bakat untuk SDN, SMPN, SMA/SMK adalah Fisika, Biologi, Matematatika,dan Bahasa Ingris. Tujuan untuk pengelompokan tersebut adalah agar anak-anak bisa lebih mendalami minat dan bakatnya, dan jika ada perlombaan seperti olimpiade, atau sebagainya dalam bidang MATEMATIKA atau yang lainnya anak-anak yang mengikuti lomba akan diambil dari murid-murid yang termasuk kedalam kelas minat dan bakat MATEMATIKA. Cara siswa atau siswi mendalami pelajaran minat dan bakat nya tanpa menganggu jam pelajaran wajib, dengan cara mendapatkan pelajaran tambahan pada hari kamis atau jum`at, yang membahas tentang kelas minat dan bakat masing masing.

Ketertiban masyarakat dalam berkendara harus benar-benar dilaksanakan untuk menghindari kemacetan. Jalan digunakan untuk pengendara bukan tempat parkir. Jadi pemerintah bersama dengan polisi akan membasmi tempat parkir yang menggunakan jalan raya. Dan juga trotoar digunakan untuk pejalan kaki bukan pengendara motor atau bukan juga digunakan untuk tempat parkir. Gunakan lah jalan yang disediakan sebagai mana fungsinya.

Ketertiban dalam membayar pajak harus dilakukan tepat waktu. Karena uang pajak yang kalian bayar untuk kemajuan kota kita ini, bukan digunakan untuk kehidupan pribadi walikota atau pemerintah yang lainnya. Seandainya saya jadi Walikota saya akan menetapkan wajib membayar pajak tepat waktu. Jika terlambat mereka akan membayar denda.

Kebersihan adalah sebagian dari iman, jadi kita harus menjaga kebersihan, karena kebersihan adalah bukti kita memiliki terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kebersihan bisa dimulai dari hal-hal kecil. Seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan selokan disekitar rumah bersama keluarga. Dilanjutkan di sekolah dengan bimbingan para guru menghijaukan lingkungan sekolah seperti yang sudah dilakukan MTsN 03 Kota Pekanbaru yang sudah menjadi sekolah Adiwiyata Provinsi dan sebentar lagi MTsN 03 Kota Pekanbaru akan menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Seandainya saya menjadi walikota saya akan melakukan penyuluhan untuk semua sekolah agar melakukan penghijauan atau menjadikan sekolah nya menjadi sekolah Adiwiyata. Bukan hanya bangga atas prestasi menjadi sekolah Adiwiyata saja tetapi juga menjadikan sekolah kita sejuk dan udara yang kita hirup bersih.

Kemudian pembersihan dilanjutkan oleh masyarakat. Masyarakat harus memiliki kesadaran masing-masing seperti “ini kotaku, kotaku harus bersih”, jika mereka memiliki kesadaran masing-masing pasti sampah di kota Pekanbaru tidak akan ada. Maka saya akan menerapkan program “Minggu bersih.” Maksud dari program saya ini adalah pada hari Minggu semua warga akan melaksanakan gotong royong membersihkan selokan dari sampah bersama sama disekitar RT yang ditempati. Minggu bersih dipimpin oleh ketua RT dan dipantau oleh ketua RW.

Mengembangkan minat baca bukan hanya untuk anak-anak tetapi untuk semua umur. Tetapi saya lebih mengutamakan anak-anak. Seandainya saya jadi walikota saya akan membuat pustaka keliling lebih banyak baik menggunakan mobil, motor ataupun sepeda. Baik itu buku pelajaran ataupun buku cerita Nusantara. Saya percaya bukulah yang akan memajukan suatu peradaban, bukan mall.

Sekian tulisan ini saya sampaikan mohon maaf  karna ada kesalahan kata.

Assalamua’laikum Warahmatullahi Wabarakatuh

“Tulisan ini di ikut sertakan dalam Lomba Hari Jadi Kota Pekanbaru ke 233 Tahun 2017”

Herwika Juliana

Nama Penulis : Herwika Juliana

Nama Sekolah : MTsN 03 Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.