Seandainya Habib Zulrefa Jadi Walikota – Lomba Menulis

oleh -18 views

                                                                                                        Pekanbaru, 14 Agustus 2017

Kepada

Yth. Walikota Pekanbaru

( Bapak DR.H. Firdaus, ST, MT )

Di Pekanbaru

Assalamualaikum Warohmatulahi Wabarokatuh.

             Salam hangat dari saya untuk Bapak. Bapak apa kabar ? Semoga Bapak selalu diberikan kesehatan dalam menjalankan tugas memimpin Kota Pekanbaru ini. Perkenalkan Pak, saya Habib Zulrefa siswa kelas XI SMAN Plus Provinsi Riau. Sebenarnya pak, sudah lama saya ingin mengirimkan surat ini kepada Bapak, seandainya saya menjadi Walikota pekanbaru ada beberapa hal yang ingin saya perbuat untuk Kota Pekanbaru ini. Pengandaian ini menurut saya cukup unik dan menarik, namun hal ini berdampak besar pada mobilitas masyarakat pekanbaru.

             Bapak Firdaus yang saya banggakan. Kota kita memang telah berkembang dengan pesat, taman-taman ditata dengan rapi dan pungli mulai hilang. Akan tetapi, masalah banjir masih menjadi perhatian utama yang harus segera diatasi. Hal ini memang terdengar  aneh, salah satu kota yang paling berkembang di Indonesia, masih memiliki masalah pada sistem drainase, tapi ini lah yang terjadi. Banjir masih terjadi di kota pekanbaru, terutama di musim hujan. Saya sebagai putra pekanbaru, tergerak untuk memberikan solusi untuk masalah banjir seperti yang terjadi di daerah sekitaran taman kaca mayang yang baru di bangun karena saluran air sudah banyak dibetonisasi.

             Seandainya saya menjadi walikota Pekanbaru, saya akan membuat kebijakan larangan  menutup selokan air yang berada dipinggiran jalan kota pekanbaru. Bila ada masyarakat yang melanggar akan dikenai denda sebesar RP 1.000.000,- per meter. Selain menerapkan peraturan ini, saya akan menggali lebih dalam anak-anak sungai yang ada di kota pekanbaru ini , karena anak-anak sungai tidak dapat dilebarkan lagi ke samping kiri dan kanannya karena telah dibangun pemukiman permanen. Hal yang akan saya lakukan selanjutnya adalah mengganti aspal yang digunakan dengan aspal yang tingkat penyerapan airnya lebih tinggi. Memang penggunaan aspal ini membutuhkan dana yang lebih besar, tetapi ini sepadan dengan manfaatnya agar penyerapan air di jalan raya lebih cepat dan debit air yang masuk ke selokan lebih sedikit.

Saya pernah membaca berita di koran yang membahas salah satu program Bapak. Saya mendukung langkah berani Bapak untuk membuka selokan-selokan yang telah dibeton. Hal ini saya nilai sebagai tindakan yang tepat untuk mengurangi masalah banjir yang disebabkan oleh sampah yang menyumbat selokan di Pekanbaru.  Memang, yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah yang telah semrawut adalah pemimpin yang berani mengambil tindakan tegas dan menyelesaikan masalah langsung ke akar-akarnya. Saya harap, Pak Firdaus dapat membawa Kota Pekanbaru menjadi kota yang lebih baik dari sebelumnya, terutama untuk penyelesaian masalah banjir. Sekian surat dari saya Pak. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan. Saya harap Bapak berkenan membaca dan membalas surat ini. Mari sama-sama kita majukan Kota Pekanbaru ini menjadi  “ Smart City Madani”.

“Tulisan ini di ikut sertakan dalam Lomba Hari Jadi Kota Pekanbaru ke 233 Tahun 2017”

no foto>

Nama Penulis : Habib Zulrefa

Nama Sekolah : SMAN Plus Provinsi Riau

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.