Seandainya Felicia E. Susilo Jadi Walikota – Lomba Menulis

oleh -204 views
Felicia E. Susilo.

Impian Seorang Walikota

Siapa yang tidak mau menjadi seorang walikota? Menjadi sosok yang dihormati, disegani, dipercaya, serta di junjung tinggi oleh masyarakat. Tapi di balik semua hal indah dari menjadi seorang walikota, terdapat segala macam  seluk-beluk yang harus dilalui oleh seorang walikota. Ia harus dapat melawan segala celaan dan cacian dari seluruh aspek masyarakat, menjadi figur yang dapat di contoh, serta menjadi seorang teman bagi masyarakatnya dimana ia dapat mengerti segala keluh kesah yang muncul di kehidupan bermasyarakat. Seperti peribahasa “Karena nila setitik, rusak susu sebelanga.”, seorang walikota harus dapat meminimalisir kesalahan yang dapat terjadi karena dengan dilakukannya kesalahan, maka menurunlah kepercayaan warga terhadap pemimpinnya. Setiap walikota tentu memiliki impian untuk mensejahterakan daerahnya dengan cara yang berbeda-beda sesuai pemikiran masing-masing. Meskipun tanggung jawab yang ia pikul sangatlah besar, ia harus dapat bertahan dan selalu mencoba meraih impian yang diinginkan bersama. Oleh karena itu, menjadi seorang walikota tidak sebatas hanya menjadi seorang yang terkenal dan memiliki posisi, akan tetapi ia harus dapat menjadi seorang pemimpin.

Seandainya saya menjadi seorang walikota, saya ingin menjadi walikota Pekanbaru. Memang semua daerah memiliki potensi beragam yang dapat dikembangkan secara maksimal, tapi saya merasa Pekanbaru memiliki potensi yang sangat besar yang masih belum dimanfaatkan secara optimal. Pekanbaru Kota Bertuah, begitulah katanya. Dapat kita simak bahwa Pekanbaru sebagai kota berkah, dimana berarti Pekanbaru memiliki keberanekaragaman suku dan budaya, serta memiliki hasil tambang, yaitu minyak bumi yang berlimpah.

Seandainya saya menjadi seorang walikota Pekanbaru, saya akan mengembangkan sektor-sektor yang belum mendapat perhatian pemerintah. Salah satunya ialah bidang pertanian. Salah satu varietas unggul Pekanbaru adalah tanaman nenas. Buah nenas Pekanbaru identik dengan rasanya yang sangat manis, juga memiliki tekstur yang sangat garing dimana buah ini sangat banyak diincar dan diminati oleh semua orang. Selain enak di makan langsung, nenas ini juga sangat cocok untuk dibuat sebagai camilan, seperti kerupuk nenas. Populasi nenas ini juga sangat luas tersebar di daerah Pekanbaru. Sayangnya, nenas ini kurang disorot oleh pemerintah dan tidak dikembangkan. Akibatnya, banyak petani nenas Pekanbaru hidup pas-pasan dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Jika sektor ini dikembangkan, maka petani nenas Pekanbaru dapat hidup sejahtera dan perekonomian Pekanbaru dapat meningkat dengan pesat dan optimal. Selain pertanian, kemacetan juga mulai muncul dimana-mana. Kemacetan yang terjadi ini disebabkan oleh kapasitas jalan yang tidak memadai serta jam kerja yang sama di antara berbagai profesi. Jalan tol adalah salah satu cara alternatif untuk mengurai kemacetan jangka panjang. Oleh karena itu, saya akan membangun jalan tol yang berada di tempat yang layak. Banjir juga merupakan masalah terbesar Pekanbaru. Setiap kali hujan datang, belum sampai 1 jam jalanan sudah mulai ditelan air. Banjir ini disebabkan banyaknya masyarakat yang membuang sampah sembarangan tanpa mengingat efek jangka panjang yang dapat ditimbulkan. Jika saya menjadi seorang walikota Pekanbaru, saya akan mempercepat jam pemungutan sampah dan melakukan pemungutan sampah secara berkala dan mengolahnya demi kota yang asri, indah, dan tanpa banjir.

Jika saya menjadi seorang walikota Pekanbaru, saya akan melanjutkan potensi yang sudah dikembangkan secara maksimal dan akan memperbaiki potensi yang belum disorot oleh pemerintah maupun masyarakat. Memang pekerjaan menjadi seorang walikota sangatlah susah dan memikul beban yang sangat berat. Akan tetapi, saya percaya setiap orang dapat melakukannya jika mereka bekerja keras dan memiliki niat yang kuat. Jika saya menjadi seorang walikota Pekanbaru, saya akan merasa sangat terhormat serta akan melakukan tanggung jawab sebaik-baiknya untuk mengharumkan nama Indonesia baik dalam skala nasional maupun skala internasional. Bersama-sama kita bangun tanah bertuah ini untuk mencapai keinginan dan cita-cita yang satu, yaitu Tanah Berjaya.

“Tulisan ini di ikut sertakan dalam Lomba Hari Jadi Kota Pekanbaru ke 233 Tahun 2017”

Felicia E. Susilo.

Nama Penulis : Felicia E. Susilo

Nama Sekolah : SMA Darma Yudha

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.