Seandainya Dyana Rachmawati Jadi Walikota – Lomba Menulis

oleh -49 views
Dyana Rachmawati

TANGGUNG  JAWAB

Pemimpinku…………
Dahulukan kepentingan rakyatmu daripada golonganmu
Kau sekarang hidup untuk untuk kami bukan golonganmu
Ingatlah banyak jutaan jiwa menaruh harapan padamu

Sebagai seorang pemimpin harus selalu mendengar perkataan dan pendapat rakyatnya,Pemimpin juga harus selalu hidup di dekat rakyat-rakyatnya,jangan sesekali mengambaikan apa kata rakyat karna rakyat lah yang memilih pemimpin bukan pemimpin yang memilih pemimpin.

Saya bernama Dyana Rachmawati seandainya saya menjadi wali kota saya akan menolaknya,Karna saya tidak pantas menjadi wali kota,kalau saya menjadi wali kota berarti saya akan menjadi pemimpin disebuah kota yang saya pimpin.Saya bukan merendahkan diri saya sendiri tapi saya takut.Takut kalau saya menjadi wali kota saya harus bertanggung jawab atas semuanya,Saya orangnya bukannya tidak bertanggung jawab tapi setiap pemimpin harus menjadi pemimpin untuk diri sendiri terlebih dahulu baru bisa menjadi pemimpin untuk orang lain.Dan karna itulah saya harus menolak menjadi wali kota,misalnya saya menjadi wali kota berarti saya harus menjadi pemimpin yang adil dan bijaksana di kota yang saya pimpin walaupun saya tidak bisa memipin diri saya sendiri berarti egois dong.Tapi,saya akan berusaha menjadi pemimpin untuk diri saya sendiri dan akan menjadi pemimpin untuk rakyat saya.

Jika saya mejadi pemimpin di sebuah kota yang saya pimpin.Saya akan berusaha sekuat tenaga merubah kekuranggan kota tersebut dengan izin dari ALLAH SWT dan dari dukungan rakyat saya sendiri.Saya hanya manusia biasa yang selalu berusaha menjadi seorang yang luar biasa dengan dukungan orang-orang yang mau mendukung saya.Saya tau kalau menjadi pemimpin itu harus memiliki jiwa yang besar dan memiliki pengalaman menjadi seorang pemimpin dan saya tau akan hal itu.Walaupun saya gak ada pengalaman sedikit pun tapi saya akan berusaha belajar dengan semua pemimpin di seluruh dunia ini.Dan saya akan menjadi pemimpin yang diidolakan oleh masyarakat saya.Saya juga akan menjalankan tugas-tugas saya dengan memliki kerakter pemimpin dalam syariat islam yaitu:

  1. Pemimpin haruslah orang-orang yang amanah, amanah dimaksud berkaitan dengan banyak hal, salah satu di antaranya berlaku adil.
  2. Seorang pemimpin haruslah orang-orang yang berilmu, berakal sehat, memiliki kecerdasan, kearifan, kemampuan fisik dan mental untuk dapat mengendalikan roda kepemimpinan dan memikul tanggung jawab.
  3. Pemimpin harus orang-orang yang beriman, bertaqwa dan beramal shaleh, tidak boleh orang dhalim, fasiq, berbut keji, lalai akan perintah Allah Swt dan melanggar batas-batasnya. Pemimpin yang dhalim, batal kepemimpinannya.
  4. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tatanan kepemimpinan sesuai dengan yang dimandatkan kepadanya dan sesuai keahliannya.
  5. Senantiasa Menggunakan Hukum yang Telah Ditetapkan Allah.
  6. Tidak meminta jabatan, atau menginginkan jabatan tertentu.

Semoga ALLAH selalu bersama saya dan semoga juga saya akan menjalakan tugas-tugas saya sebagai pemimpin dengan pandangan islam.Saya ingin merubah kota yang saya pimpin menjadi Berjaya dan membuat kota yang saya pimpin bersih dan indah.

“Tulisan ini di ikut sertakan dalam Lomba Hari Jadi Kota Pekanbaru ke 233 Tahun 2017”

Dyana Rachmawati

Nama Penulis : Dyana Rachmawati

Nama Sekolah : SMA Babussalam Pekanbaru

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.