Seandainya Astri Alvia Jadi Walikota – Lomba Menulis

oleh -299 views
ASTRI ALVIA

IMPIANKU

Waktu kecil, aku pernah berpikir seandainya diriku bisa membuat wilayah ini menjadi indah, asri, nyaman, tentram, dan , tentu aku akan mengetahui bagaimana seluruh isinya. dengan itu aku akan mempelajari bagaimana agar kotaku maju berkembang dan penduduknya lebih sejahtera.

Aku ingin, kota pekanbaru yang akan kelak kupimpin nanti itu seperti negara Jepang. Jepang itu, surgawinya para turis asing. Jepang mempunyai beberapa kota, salah satunya Tokyo. Tokyo, termasuk salah satu kota terbesar yang ada di Jepang. Tokyo juga menjadi daerah kunjungan pariwisata yang paling sering di kunjungi saat berlibur di Jepang. Aku menginginkan kota Pekanbaru itu juga seperti Tokyo. Mempunyai alat transportasi yang sangat canggih dan cepat. Disana kereta api bisa menjelajahi daerah ke daerah lainnya itu hanya 4 menit saja.

Aku ingin membuat jalur bus umum itu mempunyai jalurnya sendiri, menurutku  terkadang aku merasakan bus umum itu mengganggu apabila ketika bercampur dengan kendaraan yg lainnya.

Dalam keseharian,aku sering melihat di masyarakat dan mendengar berita bahwa jumlah pengangguran selalu meningkat. Hal ini dapat difaktorkan oleh banyaknya terjadi urbanisasi ke kota besar, jumlah lapangan kerja yg tersedia lebih kecil dari jumlah pencari kerja,pertumbuhan ekonomi tidak seimbang antara perkotaan dan pedesaan, kurang memiliki keahlian/skill,dan banyaknya terjadi pemutusan kerja (PHK) yang disebabkan perusahaan mengalami krisis ekonomi.

Disisi lain, aku melihat banyaknya berdirinya bangunan megah seperti mal, perkantoran, hotel, apartemen, fly over. Itu semua penyebab kemacetan, maka saya akan memerintahakan polisi lebih tegas dan sikat masalah itu dalam mengalami kemacetan. Sementara banyaknya penduduk kota yang hidup dan tinggal dilingkungan kumuh serta masih dalam taraf kemiskinan, kebodohan, kelaparan serta masih kurangnya tingkat kesehatan. Maka aku ingin mengubah hal ini satu persatu. Masyarakat yang tinggal kumuh akan diberi kapasitas yg bersih dan indah, biasanya mereka yang tinggal diperosok-perosok di kota pekanbaru ini.

Aku akan memulai dari hal yang lebih utama yaitu, aku ingin mendirikan dan membangun lembaga pendidikan yang dimulai dari jenjang sekolah dasar hingga keperguruan tinggi. ini akan membantu menunjang kualitas manusia Indonesia yang dapat bersaing dengan bangsa lain oleh karena itu bangsa yang maju memiliki SDM atau sumber daya manusia yang handal.

Selain itu meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan baru ditunjang dengan kemauan dan sarana yang prasana yang tersedia seperti sekolah, serta lembaga-lembaga sosial yang dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan masyarakat secara umum. Dan yang utama penanaman nilai nilai keagamaan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat agar selalu adanya budi pekerti yang mulia karena ilmu tanpa sifat dan nilai moral yang baik itu tidak ada artinya.

Kemiskinan itu bisa dipacu karena terjadinya ketimpang tindihan dalam perekonomian. Hal ini didorong oleh faktor alam yang sering berubah dan semakin tidak menunjang. Karena, terjadinya musim kemarau panjang yang menyebabkan hasil pertanian semakin berkurang atau terjadinya musim hujan yg menimbulkan banjir yg merusak lingkungan alam.

Selain itu adanya pengurangan tenaga kerja yg disebabkan oleh krisis ekonomi dilatari dengan pertumbuhan ekonomi dan banyaknya masuk investor asing yang menanamkan modal di Indonesia khususnya dikota-kota besar, salah satunya kotaku “Pekanbaru” jika ia merebut dan menguasai kotaku seenaknya bagaimana? pemikiranku tadi, terbayang yang sama dengan di FREEOT oleh karena itu  aku ingin sebaiknya bukan insvetor asing yang masuk ke wilayah ku, tetapi aku membutuhkan tenaga kerja Indonesia, maka itu akan mengurangi jumlah pengangguran

Ada beberapa hal yang dapat ku lakukan untuk mengatasi permasalahan perekonomian di atas, yaitu dengan membuka lapangan kerja serta pelatihan bagi calon tenaga kerja agar mereka mampu bersaing dengan tenaga kerja asing, karena setiap tenaga kerja adalah Sumber daya bangsa yang sangat utama.

Semua itu dapat aku lakukan tentu harus ada dasar utama dalam diriku yaitu, dasar-dasar nilai leluhur dan kepribadian yang dilandasi agama sehingga, membuatku untuk selalu bersikap dan bertindak atas dasar kemanusiaan sehingga, adanya kesetaraan budi pekerti. Karena aku menyadari bahwa sekecil apapun yang aku laukuakan, selagi itu untuk membangkit kota Pekanbaru lebih maju.

Meningkatkan kesejahteraan, kesehatan, pendidikan dan perekonomian masyarakat di kotaku dan memberi makna yang berarti bagi lingkungan masyarakat agar kehidupan mereka lebih baik.

Sebelum itu aku berpikir bagaimana caranya agar bisa impianku yang menjadi pemimpin kota yaitu Walikota Pekanbaru itu terwujud? Apa solusinya?…, ternyata solusinya adalah  belajar dengan sungguh-sungguh. Belajar sungguh-sungguh salah satu faktor  agar tercapainya tujuan yang ku impikan dan  bertekad demi kota Pekanbaru ku ini. Impian yang akan ku capai tentu harus melalui usaha dan kerja keras.Semoga saya bisa mewujudkan impianku ini.

“Tulisan ini di ikut sertakan dalam Lomba Hari Jadi Kota Pekanbaru ke 233 Tahun 2017”

ASTRI ALVIA

Nama Penulis : Astri Alvia

Nama Sekolah : SMP Islam As-Shofa

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.