Seandainya Adinsya Jadi Walikota – Lomba Menulis

oleh -172 views
Adinsya

Bismillahhirrohmaanirrohim…

Assalammualaikum Wr.Wb.

            Pemimpin adalah seseorang yang menjadi panutan bagi anggota yang dipimpinnya. Menjadi pemimpin merupakan salah satu cita-cita saya dari kecil. Saya terinspirasi menjadi seorang pemimpin dari sosok Rasulullah SAW, karena beliau merupakan seorang pemimpin yang sangat adil, bertanggung jawab dan rela berkorban untuk umatnya. Bahkan dia tidak akan makan sebelum rakyatnya kenyang, selalu memberikan keadilan dan kesejahteraan , serta tidak akan pernah tidur sebelum semua hak umatnya terpenuhi. Seperti itulah sosok yang dirindukan rakyat pada saat ini, walaupun itu sangat sulit dilakukan akan tetapi saya sangat ingin menjadi seorang sosok pemimpin seperti Rasulullah SAW sebisa dan semampu saya.

            Seandainya saya menjadi Walikota Pekanbaru saya akan selalu memperhatikan kesejahteraan masyarakat dalam setiap pengambilan keputusan . Saya juga akan menggali dan mencari serta mengembangkan segala potensi yang ada di kota Pekanbaru ini. Hal yang menjadi prioritas saya adalah kesejahteraan rakyat, karena seorang pemimpim bukanlah apa-apa tanpa adanya rakyat. Untuk mewujudkan hal tersebut hal pertama yang akan saya lakukan adalah memperhatikan penduduk yang bermukim di pinggiran kota Pekanbaru yaitu dengan cara memperbaiki fasilitas dan akses jalan, sehingga masyarakat setempat dapat menempuh jalan dengan mudah. Karena sebelumnya pemerintah hanya memperhatikan bagian kota yang ditengah saja, sedangkan dipinggiran kota tidak terfasilitasi.

            Ketika anda berjalan-jalan disekitar jl. Soekarno-Hatta apakah yang anda lihat? Mungkin anda melihat bangunan-bangunan megah seperti Mall SKA, Transmart dan bangunan lainnya. Tapi jika anda perhatikan dengan mata hati anda, maka anda akan melihat anak-anak kecil berlarian mengejar kendaraan yang menunggu lampu merah untuk menawarkan dagangannya,  yang seharusnya mereka belajar dan bermain. Apa yang anda rasakan ketika melihat peristiwa tersebut? Miris, prihatin, simpati tanpa melakukan apapun?. Jika saya menjadi Walikota Pekanbaru saya akan merangkul anak-anak yang terlantar di jalanan dan mendirikan sebuah yayasan untuk menampung anak-anak kurang mampu tersebut. Dengan memberikan beasiswa agar mereka dapat mengenyam bangku pendidikan untuk meraih cita-cita dan merubah nasib agar menjadi lebih baik lagi.

            Seandainya saya menjadi Walikota Pekanbaru saya akan menjadi jembatan bagi siswa/i yang memiliki bakat dibidang akademik maupun non akademik, sekaligus memfasilitasi mereka dalam bentuk dana dan alat agar siswa/i yang berbakat tersebut dapat mengembangkan dan mendalami bakat yang dimilikinya. Karena pada sebelumnya mayoritas siswa/i di kota Pekanbaru banyak memiliki bakat yang tidak dapat mengembangkannya lebih luas lagi akibat keterbatasan biaya dan fisik. Oleh karena itu kita sebagai pemimpim kota harus dapat memanfaatkan segala potensi yang dimiliki oleh siswa/i tersebut. Agar nantinya potensi tersebut dapat dikembangkan lagi sehingga membuat nama kota Pekanbaru menjadi harum dn lebih dikenal lagi secara nasional sebagai kota yang berprestasi.

              Mesjid Raya Agung An-Nur adalah mesjid terbesar di Riau, yang mana mesjid ini merupakan tempat ibadah umat muslim. Akan tetapi, sekarang fungsinya sudah bertambah seperti untuk berjoging, belajar, olahraga, berjualan, dll. Seandainya saya menjadi Walikota Pekanbaru saya akan mengatasi masalah tersebut dengan cara menambah fasilitas pada taman-taman yang telah tersedia, seperti memberi fasilitas untuk olahraga, belajar, serta tempat untuk bersantai. Agar masyarakat pun bisa melakukan aktivitas sesuai dengan fungsi tempat masing-masing.

              Suhu di kota Pekanbaru ini bisa dikatakan cukup panas, hal ini dikarenakan penanaman pohon yang cukup minim, oleh karena itu seandainya saya menjadi Walikota pekanbaru saya akan melaksanakan “gerakan menanam 1000 pohon” disetiap sekolah, pemukiman warga serta lahan kosong. Hal tersebut bertujuan agar udara di kota Pekanbaru menjadi lebih segar dan sejuk. Hal ini juga membuat masyarakat kota Pekanbaru tidak malas lagi keluar saat siang hari.

              Kota Pekanbaru merupakan kota yang mayoritas penduduknya bersuku melayu, jafi sebaiknya budaya yang berbau melayu harus selalu dibudidayakan serta dikembangkan lagi, agar masyarakat tidak melupakan budaya dan sejarah yang sudah ada pada zaman yang lalu. Seandainya saya menjadi Walikota Pekanbaru maka saya akan membangun sebuah gedung kesenian melayu dan mengajak anak-anak muda penerus generasi untuk belajar budaya dan kesenian melayu secara gratis, karena masih banyak anak-anak yang berpotensi dan berdarah seni yang nantinya bakat tersebut akan diasah lagi agar menjadi sempurna. Budaya itu harus selalu diteruskan bukan dilupakan.

            Objek wisata merupakan sesuatu yang ada didaerah tujuan wisata yang menjadi daya tarik agar orang-orang mau datang dan berkunjung kedaerah tersebut. Kota Pekanbaru merupakan kota yang memiliki sedikit objek wisata dan objek wisata tersebut pengunjungnya masih sedikit yaitu hanya orang-orang lokal saja. Jadi seandainya saja jadi Walikota Pekanbaru saya akan membuat beberapa destinasi wisata yang nantinya akan menarik perhatian semua orang diberbagai kota seperti membuat Taman Rekreasi yang dilengkapi dengan fasilitas untuk anak-anak, remaja da orang dewasa, lalu membuat Taman Bunga yang indah, membuat Monumen-monumen yang mendeskripsikan tentang kota Pekanbaru, serta membuat Taman Khayalan  yang didalamnya sudah didesain seperti dunia dongeng dan berisi patung-patung dari tokoh kartun seperti Smurf, Mario, Minions, Mickey Mouse, dan tokoh kartun lainnya, sebagai spot foto yang sangat menarik. Hal-hal seperti itu lah yang sangat didambakan oleh masyarakat Pekanbaru agar mereka tidak perlu ke luar kota untuk berliburan.

            itulah yang menjadi harapan saya saat menjadi seorang walikota dan saya berharap kota pekanbaru dapat berkembang dengan pesat agar menjadi kota yang nyaman, aman dan damai untuk semua kalangan masyarakat. Demikian lah angan-angan saya jika menjadi Walikota Pekanbaru. Apabila ada hal-hal yang dianggap tidak mungkin, marilah kuta sama-sama berusaha untuk menjadikannya agar menjadi kenyataan.

Wassalammualaikum Wr.Wb

“Tulisan ini di ikut sertakan dalam Lomba Hari Jadi Kota Pekanbaru ke 233 Tahun 2017”

Adinsya

Nama Penulis : Adinsya

Nama Sekolah : SMKN 1 PEKANBARU

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.