Seandainya Abdan Syakuro Jadi Walikota – Lomba Menulis

oleh -209 views
Abdan Syakuro

Sebelum dilantik saya akan merancang program kerja dan projek yang akan saya lakukan selama saya menjabat walikota Pekanbaru. Diawal masa jabatan saya akan fokus untuk memperbaiki lingkungan, termasuk taman. Saya akan membuat beberapa taman yang didalamnya bisa dilakukan beberapa kegiatan atau hobby dari masyarakat Pekanbaru, seperti bermain papan seluncur, sepatu roda, ataupun hanya sekedar berkumpul bersama teman-teman. Saya juga akan membuat sebuah tempat yang didalamnya para pecinta motor bisa berkumpul.

Pembangunan dan perbaikan jalan juga akan segera saya lakukan demi kenyamanan dan keamanan pengendara motor dan mobil. Seperti di Jalan Arifin Ahmad, banyak jalan yang berlubang dan bergelombang, tentu saja hal itu membuat para pengguna jalan akan merasa tidak nyaman dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Beberapa jalan layang juga akan saya bangun guna mengatasi macetnya Pekanbaru. Dan juga untuk mengatasi macet,saya akan meningkatkan fasilitas umum seperti bus, dan juga akan membuat kereta bawah tanah.

Kebersihan Kota Pekanbaru juga menjadi hal penting untuk dibenahi, mengingat Pekanbaru sudah beberapa kali menerima penghargaan sebagai kota adiwiyata,tentunya Pekanbaru harus menjadi contoh bagi kota-kota lain. Penghijauan merupakan salah satu upaya dalam menjaga keasrian alam Pekanbaru, reboisasi adalah salah satu upaya dalam penghijauan yang berguna untuk mengurangi panas di kota Pekanbaru. Saat ini, pohon-pohon yang ada di Pekanbaru terus berkurang seiring banyaknya pembangunan-pembangunan mall, hotel dan lain sebagainya. Tidak banyak dari bangunan yang dibuat tersebut, tidak terpakai alias bangunan kosong, tentu saja hal itu merupakan pemborosan tempat, mestinya lahan yang digunakan untuk membuat bangunan tersebut dapat dijadikan sebagai lahan terbuka hijau yang lebih bermanfaat.

Di bidang ketenagakerjaan tidak banyak dari pegawai negri sipil yang bekerja dengan tidak sungguh-sungguh, hal itu tentu saja dapat membuat masyarakat menjadi kecewa. Contohnya saja di dinas kebersihan yang kinerjanya tidak sesuai dengan harapan masyarakat, masih banyak titik di kota Pekanbaru yang bergelimangan sampah yang seharusnya diangkut oleh petugas kebersihan. Untuk menanggulangi hal tersebut, saya akan menambah jumlah petugas dan mobil kebersihan yang akan disebar di seluruh kota Pekanbaru.

Selanjutnya di bidang kesenian dan olahraga. Akhir-akhir ini, prestasi yang diraih oleh utusan yang dikirim oleh Pekanbaru ke beberapa perlombaan sangat sedikit. Tentunya hal ini harus menjadi perhatian pemerintah karena Pekanbaru harus ikut bersaing dengan kota dan provinsi yang lain. Fasilitas sarana dan prasana harus ditingkatkan guna menghasilkan bibit-bibit yang berkualitas dan mampu bersaing dengan daerah lain dan juga dapat mengikuti lomba ditingkat internasional. Kesenian juga harus ditingkatkan seperti qira’atul quran yang menjadi lomba tahunan bagi beberapa daerah di Indonesia. Pekanbaru tentunya harus mampu menghasilkan qori-qori bertalenta yang mampu menjuarai berbagai lomba ditingkat daerah maupun nasional. Harapan tersebut tentunya harus diiringi oleh usaha yang maksimal, seperti dilaksanakannya seleksi di sekolah-sekolah di tiap tingkatan yang selanjutnya akan dilatih oleh orang yang berbakat dibidang tersebut.

Yang terakhir adalah dibidang keamanan. Pekanbaru termasuk salah satu kota dengan tingkat kriminalitas yang tinggi di Indonesia, jumlah anggota polisi yang terbatas menjadi salah satu penyebabnya. Anggota polisi yang bertugas berpatroli baik siang ataupun malam harus ditambah, demi terwujudnya Pekanbaru kota yang aman. Lalu lintas Pekanbaru yang semakin ramai tentunya harus diawasi oleh polantas, jumlah anggota dan jadwal patrol polantas harus ditambah mengingat banyaknya pelanggaran lalu lintas yang banyak terjadi yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

“Tulisan ini di ikut sertakan dalam Lomba Hari Jadi Kota Pekanbaru ke 233 Tahun 2017”

Abdan Syakuro

Nama Penulis : Abdan Syakuro

Nama Sekolah : SMA Islam As-Shofa Pekanbaru

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.