Radio Belacan : Belajar Dalam Bercanda

oleh -167 views

Pekanbaru – Di era serba digital seperti hari ini telah banyak terjadi perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya di bidang komunikasi. Berbagai media layanan komuniasi dituntut beradaptasi mengikuti perkembangan yang ada dan terus berinovasi hingga menciptakan konten menarik pada khalayak.

Radio merupakan salah satu media komunikasi yang terus eksis dan konsisten ada hingga sekarang. Transisi dari stasiun radio konvensional ke radio streaming berbasis internet menjadi bukti inovasi di era disrupsi dengan jangkauan yang sangat luas karena bersifat global. Berbeda dengan radio konvensional yang memiliki jangkauan terbatas karena menggunakan antenna.

Melihat ini, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menghadirkan layanan streaming radio sebagai bentuk pengembangan inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat berbasis teknologi, yakni Radio Belacan ( Belajar Dalam Canda).

Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan kegemaran membaca kepada masyarakat, terutama anak-anak dengan berbagai program pilihan setiap harinya yang dapat diakses melalui website : https://dispusip.pekanbaru.go.id/radio-online/ atau dapat diunduh melalui link berikut ini  https://bit.ly/RadioOnlineBelacan.

  • Senin ( Belimbing : Belajar dengan Pembimbing)
  • Selasa ( Selasih : Seputar Lagu Penuh Kasih)
  • Rabu ( Mengkudu : Mengenal Daerah Kota Pekanbaru)
  • Kamis (Kenari : Kenali IT dan Teknologi)
  • Jum’at ( Subjek : Kisah Tokoh Inspirasi)
  • Sabtu – Minggu ( Jangkar : Jalan-jalan dan Rekreasi)

Pendengar Radio Belacan dapat bergabung untuk memperoleh informasi dan pengetahuan secara gratis. Adanya fitur chat yang dapat memberi informasi kepada masyarakatan yang bertanya seputar pengetahuan tertentu dan request lagu yang tersedia pada website maupun aplikasinya. Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru secara tidak langsung dapat memaksimalkan layanannya dan berpeluang mempromosikan perpustakaan kepada khalayak lebih luas lagi.

Dampaknya ialah meningkatkan kunjungan ke perpustakaan, serta kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh informasi dan pengetahuan secara online, tanpa harus datang ke perpustakaan.

Seperti diketahui, perpustakaan selain tempat belajar dan mendapatkan informasi bisa juga sebagai sarana rekreasi. Radio Belacan menyajikan berbagai cerita dan informasi dengan cara menghibur dan menarik sesuai dengan kategori usia pendengarnya, seperti lagu anak- anak, lagu dewasa, lagu rohani, lagu kebangsaan Indonesia dan lagu-lagu mendidik lainnya.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.