Punya keluarga? ini cara cepat meningkatkan kegemaran membaca di keluarga

oleh -312 views
Cara meningkatkan kegemaran membaca keluarga

CARA MENINGKATKAN KEGEMARAN MEMBACA KELUARGA

Dalam Undang-Undang 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan telah disebutkan bahwa pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa, untuk menumbuhkan budaya baca tidak hanya dilakukan melalui lembaga satuan pendidikan, pemerintah, komunitas dan sebagainya (dalam hal ini masyarakat) saja, namun dalam keluarga juga dapat dilakukan pembudayaan kegemaran membaca. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan dalam pembudayaan kegemaran membaca dalam keluarga :

Cara meningkatkan kegemaran membaca keluarga

  1. Jadilah contoh membaca setiap ada kesempatan.

Gunakanlah waktu luang anda ketika berada di rumah dengan membaca, dengan demikian anggota keluarga akan merasa tertarik untuk membaca pula.

  1. Bacalah surat kabar sebagai bagian dari keluarga anda.

Mengapa surat kabar? Karena surat kabar merupakan salah satu sumber informasi yang senantiasa berisi informasi terbaru.

  1. Dukunglah dengan bahan bacaan antar generasi.

Koleksi yang dimilki haruslah lengkap untuk semua usia yang ada dalam anggota sebuah keluarga, agar koleksi tersebut menjadi menarik untuk dibaca oleh seluruh anggota keluarga.

  1. Saling membaca secara bergantian.

Selain mempererat hubungan antar anggota keluarga, membaca secara bergantian akan menambah kepercayaan diri untuk tampil bagi si pembaca.

  1. Diskusikan berbagai pilihan dari masing-masing bacaan para anggota keluarga.

Dengan berdiskusi akan menambah pengetahuan dan wawasan bagi anggota keluarga dan akan memberikan tantangan tersendiri tentunya.

  1. Rekomendasi buku-buku anda cintai semasa kanak-kanak.

Dengan memberikan bahan bacaan yang anda cintai, maka anak akan lebih tertarik untuk membacanya.

  1. Bawalah buku kemanapun anda pergi.

Dengan membawa buku kemanapun pergi, maka anak akan meniru perilaku tersebut.

  1. Sediakan buku-buku dan majalah di kamar anak anda.

Dengan menyediakan koleksi di dalam kamar anak, maka akan lebih memancing minat anak untuk membaca.

  1. Jadikan buku bacaan sebagai hadiah.

Rubahlah tradisi yang selalu memberikan hadiah berupa mainan atau yang lainnya dengan hadiah buku bacaan.

  1. Carilah buku-buku yang terkait dengan bermacam pekerjaan.

Usahakan tidak hanya menyediakan koleksi tentang satu atau dua keilmuan saja, namun lebih beragam, sehingga tidak membuat bosan dalam membaca.

  1. Carilah sahabat pena bagi anak anda.

Selain bahan bacaan, bahan untuk menulis juga sebaiknya disediakan bagi anak, agar informasi yang telah diperoleh dapat dikembangkan melalui tulisan.

  1. Jadikan kunjungan rutin ke perpustakaan sebagai acara rutin keluarga.

Mencari hiburan dan bermain bersama anak disaat weekend tidak hanya dapat dilakukan di mall atau tempat hiburan lain, perpustakaan bisa dijadikan salah satu objek. Karena salah satu fungsi sebuah perpustakaan adalah fungsi rekreasi. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru buka saat weekend dan mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan saat weekend anda bersama keluarga. Fasilitas dan layanannya gratis lagi.

  1. Tontonlah berbagai presentasi khusus di took buku.

Selalu menghadiri acara-acara pameran buku atau bedah buku akan lebih membuat cinta akan sebuah bahan bacaan.

  1. Perkenalkan anak anda pada buku-buku berseri.

Surat kabar dan majalah sebaiknya menjadi salah satu bahan bacaan yang diperkenalkan kepada anak, karena memiliki informasi terbaru setiap terbit.

  1. Manfaatkan buku-buku yang berhubungan dengan liburan.

Hal-hal yang berkaitan dengan liburan biasanya akan lebih disukai anak-anak, oleh sebab itu bahan bacaan tersebut dapat dijadikan langkah awal untuk menarik minat anak.

  1. Cobalah buku-buku dalam bentuk kaset.

Selain buku yang memilki fisik langsung, buku dalam bentuk kaset atau digital juga akan lebih disenangi oleh anak. Karena lebih kekinian.

  1. Beri semangat untuk mencoba secara aktif.

Selain menyediakan bahan bacaan, tentunya semangat dan dorongan dari orang tua juga harus dilakukan, agar anak senantiasa terdorong untuk membaca.

  1. Biarkan anak anda memilih minatnya dan mulailah dari situ.

Cobalah dengan menanyakan minat anak, buku apa yang ia minati, maka penuhilah informasi tersebut dan senantiasa dukung.

  1. Biarkan anak anda yang belum bisa membaca untuk menceritakan kisah dari gambar-gambar.

Cara ini dilakukan untuk anak yang belum bisa membaca, yaitu dengan menyediakan koleksi buku bergambar, dan setelah itu cobalah untuk bertanya mengenai gambar apa yang ia lihat dari koleksi tersebut dan mintalah untuk menceritakan.

  1. Mintalah pada anak anda untuk menceritakan kembali berbagai kisah.

Strory telling merupakan salah satu cara yang dapat mengasah daya ingat anak dan pemahamannya akan sebuah bacaan yang telah ia baca.

  1. Hubungkan kisah-kisah dalam bacaan dengan kehidupan sehari-hari si anak.

Ketika sebuah bacaan sedikit mirip dengan kehidupan si anak, maka anak akan lebih tertarik untuk membacanya.

  1. Mendorong anak-anak untuk lebih mempertanyakan buku dari pada anda.

Hal ini biasa terjadi ketika anak memilki tugas dari sekolah, biasanya anak akan menanyakan kepada orang tua, namun ketika anak bertanya maka arahkanlah untuk mencari jawaban soal tersebut dari sebuah buku.

            Selain beberapa cara untuk meningkatkan minat baca dalam keluarga di atas, ada hal lain yang sangat penting untuk dilakukan, yaitu menyeleksi koleksi yang akan disediakan di rumah untuk anggota keluarga. Karena tidak semua yang berkilau itu emas, dan tidak semua bahan bacaan itu baik. (AGM)

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.