Press Release Kegiatan Festival Literasi Kota Pekanbaru 2019

oleh -724 views

Festival Literasi Kota Pekanbaru Tahun 2019 Dilaksanakan Selama Bulan Oktober Tahun 2019 Dengan  Menggelar Berbagai Kegiatan Literasi Bagi Masyarakat Kota Pekanbaru Dengan Memanfaatkan Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi Dan Wahana Berkegiatan.

Festival Literasi Ini Dilaksanakan Sebagai Pengejawantahan Dari Kebijakan Transformasi Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Sebagaimana Digariskan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Guna Mendorong Seluruh Lapisan Masyarakat Belajar Sepanjang Hayat (Long-Life Education) Yang Bertujuan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Kemampuan Literasi.

fastival literasi 2019

Sebagaimana Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan Pasal 2 Bahwa “Perpustakaan Diselenggarakan Berdasarkan Asas Pembelajaran Sepanjang Hayat, Demokrasi, Keadilan, Keprofesionalan, Keterbukaan, Keterukuran, Dan Kemitraan”, Festival Literasi Kota Pekanbaru Tahun 2019 Diselenggarakan Dengan Melibatkan Peran Berbagai Mitra Yang Diawali Dengan Kegiatan Pemilihan Duta Baca Kota Pekanbaru Tahun 2019 Yang Dilanjutkan Dengan Kegiatan :

  1. Penyusunan Sinopsis Dan Resensi Bagi 100 Siswa Sma/Smk Se-Kota Pekanbaru Dengan Narasumber Saudari Melati, S.Ikom Dari  Komunitas Kongkow Nulis
  2. Meet Up Akademi Berbagi Untuk Mensosialisasikan Kegiatan-Kegiatan Literasi Yang Dapat Digelar Bersama Dengan Perpustakaan Kota
  3. Bedah Buku “Menelusuri Jejak Kota Pekanbaru Lewat Gambar Dari 1784 Sampai 2018” Karya Ir. Sudarmin, Mt., I.A.I Yang Diikuti Guru-Guru Sd Dan Smp Se-Kota Pekanbaru Dengan Narasumber Penulis, Budayawan Dan Pengamat Perkotaan.
  4. Pemanfaatan Life-Skill Book Karya Dr. Bambang Setiaji Dan Surip Prayugo Yang Dimiliki Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru Berupa Pembuatan Virgin Coconut Oil Yang Diikuti Oleh Perwakilan Ibu-Ibu Pkk Kecamatan Dan Kader Kampung Kb Kota Pekanbaru Yang Dibimbing Oleh Ibu Rita Dari Esdelapan.
  5. Workshop Menulis Buku Yang Diikuti Siswa Sd Dan Smp Se-Kota Pekanbaru Dengan Narasumber Dari Forum Lingkar Pena
  6. Literasi Informasi Digital Dengan Tema “Aku Dan Medsos” Yang Dibimbing Oleh Narasumber Dari Komunitas Kongkow Nulis Khairil Habibi, St
  7. Lomba Mewarnai Bagi Siswa Tk Se-Kota Pekanbaru
  8. Lomba Yel Gemar Membaca Bagi Siswa Smp Dan Sma Sederajat Se-Kota Pekanbaru
  9. Kegiatan Literasi Kerjasama Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kotapekanbaru, Ftbm Riau Dan Soina Riau Yang Menghadirkan Pendongeng Kak Elyne Dan Kak Aina Yang Bertemakan “Cinta Lingkungan Dan Membaca” Di Rth Kaca Mayang
  10. Talkshow Tokoh Literasi Nasional Di Hotel Aryaduta Tanggal 29 Oktober 2019 Dengan Narasumber Gol A Gong Dan Bapak Dr. Tjahjo Suprayogo, M.Si Sebagai Hasil Kerjasama Gpmb, Dispusip Dan Forum Tbm, Dan
  11. Yang Akan Dilaksanakan Pada Hari Ini Yaitu Kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca Dengan Tema “Pustakawan Berkarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.  Kegiatan Ini Merupakan Sinergitas Tim Perpustakaan Nasional Ri Dan Panitia Festival Literasi Kota Pekanbaru Dengan Kegiatan :
  1. Pengukuhan Bunda Baca Kota Pekanbaru Periode 2019-2022 Oleh Kepala Perpustakaan Nasional Ri
  2. Grand Final Dan Pengukuhan Duta Baca Kota Pekanbaru Tahun 2019 Oleh Walikota Pekanbaru
  3. Pengukuhan Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (Gpmb) Kota Pekanbaru Periode 2019-2023 Oleh Ketua Pengurus Pusat Gpmb,
  4. Talkshow Gemar Membaca Dengan Narasumber Kepala Perpusnas Ri, Walikota Pekanbaru, Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Riau Dan Pegiat Literasi Sekaligus Penasehat Pengurus Pusat Forum Taman Bacaan Masyarakat.  Adapun  Peserta Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca Sebanyak 200 Orang Yang Terdiri Atas Kalangan Masyarakat Umum, Kepala/Guru Sekolah,  Penggiat Perpustakaan Tbm, Pemerhati Perpustakaan Dan Budaya Baca, Pengelola Berbagai Jenis Perpustakaan, Mahasiswa, Siswa Sma, Smk Negeri /Swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat (Lsm), Pkk, Karang Taruna, Perwakilan Media Cetak Dan Elektronik Serta Tokoh Agama/Adat/Pemuda Dan Perangkat Daerah Serta Kelurahan Di Lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.

Sebagai Penutup Festival Literasi Kota Pekanbaru Tahun 2019, Pada Siang Harinya Digelar Rapat Koordinasi Pengembangan Perpustakaan Kecamatan/Kelurahan Dan Masyarakat Yang Dihadiri 180 Orang Peserta Terdiri Atas  Utusan 12 Kecamatan, 83 Kelurahan Dan 55 Pengelola Perpustakaan Atau Taman Bacaan Masyarakat Serta  Anggota Gpmb Kota Pekanbaru Dengan Narasumber Ketua Pengurus Pusat Gpmb Dan Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Dan Pengkajian Minat Baca Perpusnas Ri.

—Salam Literasi—

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.