Kecamatan Binawidya Gelar Rapat Koordinasi Administrasi Penataan Kecamatan Baru

oleh -110 views

Pekanbaru – Kecamatan Binawidya menggelar Rapat Koordinasi Terkait Administrasi Penataan Kecamatan Binawidya dan Kecamatan Tuahmadani bersama organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Pekanbaru, Senin (18/01).

Rapat dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Camat Binawidya, Abdul Barri, S.IP dan dihadiri oleh Bagian Tata Pemerintahan Setda Pekanbaru, Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Disdukcapil, Dinas Pertanahan, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Sekcam Tuahmadani, Sekcam Binawidya dan seluruh lurah se Kecamatan Tuahmadani dan Kecamatan Binawidya.

“Untuk Kecamatan Tampan dimekarkan menjadi dua Kecamatan, yakni Binawidya dan Tuahmadani. Nama Kecamatan Tampan sudah dihapuskan. Untuk mewujudkan kantor pemerintah kecamatan lebih dekat dengan masyarakat ini banyak yang harus dipersiapkan. Bersama dengan OPD terkait kita saling berkoordinasi untuk kelancaran tugas kedepannya,” kata Abdul Barri, S.IP.

Dikatakan Abdul Barri, penyelenggaraan tata pemerintahan dan pelayanan publik masih mengalami beberapa kendala. Untuk itulah dibutuhkan arahan dan pembinaan dibutuhkan kedepannya guna mendorong mewujudkan Kota Pekanbaru menjadi smart city madani.

“Baru saja diinformasikan bahwa pengkodean wilayah baru sudah keluar. Namun terkait bagaimana cara pengelolaan kearispan, bagaimana pelaporan LKPJ dan lainnya ini masih belum. Tentunya, ini tidak akan selesai dalam sekali pertemuan, pembinaan dan arahan pastinya akan dilakukan kembali,” terangnya.

Diungkapkan Kepala LKD yang juga menjabat sebagai Kepala Dispusip, Ir Hj Nelfiyonna M Si melalui Sekretariat Dispusip, Nofrita Deli, SPd M Si, bahwa arsip sebagai sumber informasi dalam administrasi penting dijaga dan kelola dalam suatu organisasi pemerintahan. Sebagai Lembaga Kearsipan Daerah (LKD), pihaknya siap memberikan pembinaan kearsipan ke instansi terkait.

“Kearsipan sangat perlu dikelola dengan baik. Karena, penataan kearsipan tidak sekadar disimpan atau ditumpuk begitu saja, tetapi perlu diatur cara penyimpanannya. Mulai dari pengelolaan arsip dinamis, arsip keuangan, arsip kepegawaian dan arsip vital. Saat kita kehilangan arsip, identitas kita juga akan hilang. Maka ini yang kita dorong agar setiap instansi/organisasi menjaga arsip dengan baik dan benar,” tutupnya.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.