Perpustakaan komunitas Iqro’ Kota Pekanbaru

oleh -71 views

Pekanbaru, 17-09-2019 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru berkunjung ke perpustakaan komunitas Iqro’ yang berada di Jalan Lintas Timur, Km 15, Kulim, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, sesudah Panti Sosial Marsudi Putra Tengku Yuk, dalam kunjungan ini  Salah satu perpustakaan komunitas yang berhasil dibangun panggung dan kebun literasi. Saat ini dikomandoi oleh Muzakir  telah berkembang menjadi pusat aktivitas literasi tidak hanya bagi warga setempat. Perpustakaan komunitas Iqro’ mengembangkan kegiatan literasi secara rutin sehingga para relawan dapat meningkatkan keahlian.TBM Iqra'

ruang baca pustaka komunitas

Sering kali perpustakaan jarang dikunjungi oleh masyarakat dengan berbagai alasan namun yang paling sering ditunding adalah rendahnya minat baca masyarakat. Budaya baca adalah sikap dan tindakan atau perbuatan untuk membaca yang dilakukan secara teratur dan berkelanjutan sehingga menjadi sebuah kebiasaan atau budaya. Minat baca muncul ketika seseorang telah memiliki kemampuan membaca sedangkan budaya baca terpelihara bila bahan baca terjangkau dan jenis yang tersedia sesuai dengan minat pembacanya. Budaya baca dapat terwujud baik karena keinginan pribadi maupun bentukan lingkungan yang kondusif.

IMG_4763

hasil jahe merah komunitas iqra'Kemampuan literasi (dalam makna sempit adalah membaca dan menulis) merupakan piranti seseorang untuk meningkatkan kualitas hidup. Dimana kemampuan ini bisa diasah melalui kegiatan di perpustakaan komunitas. Bila hal ini telah disadari maka keberadaan perpustakaan akan makin berkembang, menjadi kepemilikan masyarakat setempat serta bertahan mengarungi waktu.

panggung literasi komunitas iqra'

panggung literasi 1

Untuk membangun spirit pengelola taman pustaka tentu perlu adanya etos percaya (trust) kepada peminjam atau pengunjung dan sesama pengelola. Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah membangun keyakinan pengelola bahwa perpustakaan kecil yang dibangun akan memberi manfaat kepada pengelola itu sendiri, dan suatu saat dapat kiranya bermimpi manfaat bagi sesama. Dengan demikian, keberadaan perpustakaan atau taman pustaka ini tidak ditentukan oleh banyak sedikitnya pengunjung.

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru #DispusipPekanbaru
#salamLiterasi#ayokeperpustakaan#Ayomembaca#perpustakaan #kearsipan
#budayabaca#perpussemakinbaik #mobilkelilingperpustakaan#Indonesia
#Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book
#archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.