bpa pekanbaru perpustakaan keliling

bpa pekanbaru perpustakaan keliling

Buku adalah jendela dunia, pepatah yang memberikan tempat tertinggi untuk tulisan-tulisan yang ada dalam buku. Wawasan yang didapat dari membaca bukulah yang menjadi awal dari perkenalan dengan dunia yang lebih luas. Melalui halaman demi halaman dalam buku, kita mendapat informasi yang dapat membuka mata kita akan keajaiban dunia, hanya melalui jendela di halaman buku.

Beragam jenis buku ditawarkan kepada pembaca. Mereka tinggal memilih topik dan jenis apa yang ingin dibacanya, ada komedi, petualangan, cerita sejarah, roman, bahkan cerita fiksi ilmiah pun turut mewarnai ragam buku yang ada di masyarakat.

Jika kita lihat ke sekolah, debu-debu hampir setebal buku yang diselimutinya. Jarang terlihat perpustakaan yang ramai oleh siswa. Kalaupun ramai oleh siswa biasanya karena ada tugas mata pelajaran yang mengharuskannya membaca buku di perpustakaan.

Fenomena tersebut hampir terjadi di setiap sekolah. Maka perlu ada pembaharuan perpustakaan agar dapat meningkatkan minat baca siswa, salah satunya dengan memberdayakan layanan perpustakaan keliling.

Perpustakaan keliling menghadirkan suasana baru sebuah perpustakaan. Dengan buku yang hampir selalu baru, perpustakaan keliling mampu menarik minat siswa untuk mengunjunginya.

Kendaraan perpustakaan keliling ditempatkan pada lokasi yang strategis agar dapat dilihat oleh siswa. Buku yang disiapkan dapat dibaca dimanapun sesuai kemauan siswa. Siswa juga fleksibel mencari lokasi yang nyaman bersama dengan teman-temannya sambil menikmati makanan atau minuman ringan yang mereka miliki. Mereka dapat berdiskusi santai, tertawa, dan bercanda bebas, suatu hal yang jarang dapat dilakukan di perpustakaan konvensional.

Perpustakaan keliling memang menawarkan perpustakaan dengan konsep berbeda. Yang perlu disediakan adalah buku-buku baru yang selalu berganti sesuai musimnya. Pelayanan yang bersahabat dan kedatangan yang rutin ke sekolah tentu akan menarik antusiasme siswa dan meningkatkan minat baca mereka.

Siswa yang hampir rata-rata remaja adalah siswa yang haus akan tantangan dan inovasi. Mereka membutuhkan sesuatu yang berbeda untuk menarik minatnya. Ditawarkannya perpustakaan keliling, diharapkan dapat menjadi awal terbentuknya rasa ingin tahu yang besar pada siswa sehingga mereka akan senantiasa haus akan ilmu pengetahuan.- Kompasiana
———————————————————————————————
Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru melalui ibu Nelfi Yonna mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang terlibat, semoga program Perpustakaan keliling dapat selalu berjalan sesuai harapan kita semua.
Smart BPA, Smart People, Smart City
-SALAM SMART-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :