Pengertian perpustakaan dan dasar-dasar manajemen perpustakaan

oleh -3.240 views

Pengertian perpustakaan dan dasar-dasar manajemen perpustakaan

Perpustakaan adalah kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun pemahaman tentang perpustakaan bagi sebagian masyarakat, nampaknya masih konvensional.
Perpustakaan masih dianggap sebagai tempat menyimpan buku, atau gudang buku. Padahal dengan semakin berkembangnya ilmu, fungsi dan tugas perpustakaan juga ikut berkembang.

dinas perpustakaan dan arsip

A. Definisi Perpustakaan

Untuk mengetahui lebih jauh tentang perpustakaan, perlu diketahui definisi dari perpustakaan. Perpustakaan berasal dari kata pustaka, yang berarti kitab atau buku. Setelah ditambah awalan per dan akhiran an menjadi perpustakaan yang artinya kumpulan buku-buku yang kini dikenal sebagai koleksi bahan pustaka. Dalam bahasa Inggris dikenal istilah Library yang berasal dari bahasa latin yaitu liber atau libri yang artinya buku.
Perpustakaan adalah gudang ilmu, sumber informasi yang penting yang dapat menguak sejarah masa lalu dan dapat dijadikan dasar menyususn perencanaan dan penelitian untuk masa mendatang. Perpustakaan bersifat universal, artinya siapapun, usia berapapun, apapun pekerjaannya dapat belajar dan mencari informasi di perpustakaan.

B. Tugas Perpustakaan

Secara garis besarnya tugas perpustakaan adalah:
1. Mengumpulkan, menyimpan dan menyediakan informasi dalam bentuk tercetak atau pun dalam bentuk elektronik kepada pemakai;
2. Menyediakan informasi yang dapat diakses lewat internet, namun harus pula
menyediakan peraturan-peraturan yang dapat melindungi kepentingan Perpustakaan dan keamanan informasi tersebut;
3. Terus memperhatikan kemajuan jaman dan kemajuan teknologi agar keinginan masyarakat dalam mengakses informasi dapat terpenuhi; Harus mampu menjadi jembatan penyedia informasi pada masa lalu, masa kini dan masa depan;
4. Perpustakaan harus terus mencari jalan agar tetap tanggap secara efektif dan inovatif terhadap lingkungan yang beragam dalam memenuhi harapan pengguna.

perpustakan
Fungsi dan Jenis Perpustakaan

A. Fungsi Perpustakaan

Fungsi perpustakaan dari masa-ke masa mungkin saja mengalami perubahan dan perkembangan, namun pada dasarnya fungsi perpustakaan dapat dijabarkan ebagai
berikut:
1. Fungsi Edukatif
Perpustakaan berfungsi sebagai tempat untuk belajar secara mandiri, di situ pengguna dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menambah ilmu dan wawasan. Siapapun dapat belajar di perpustakaan dengan mengikuti tata cara dan prosedur yang berlaku di perpustakaan tersebut. Dengan fungsi edukatif ini, perpustakaan membantu pemerintah, dalam program gemar membaca dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan belajar sepanjang hayat.

2. Fungsi Informatif.
Perpustakaan mempunyai fungsi informatif, artinya informasi yang dibutuhkan oleh pengguna dapat dicari di perpustakaan. Jenis informasi yang akan di dapat tergantung jenis perpustakaannya, apakah itu perpustakaan perguruan tinggi perpustakaan khusus dan perpustakaan sekolah (informasinya biasanya bersifat
ilmiah dan semi ilmiah ada juga yang non ilmiah/populer) atau pun perpustakaan
Nasional dan perpustakaan umum (informasinya lebih beragam, dari yang populer
hingga yang bersifat ilmiah)

3. Fungsi Penelitian
Perpustakaan mempunyai fungsi penelitian, artinya, sumber-sumber informasi yang ada di dalam perpustakaan tersebut dapat digunakan sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian. Berbagai informasi dapat dijadikan dasar untuk proposal penelitian, penunjang penelitian (tinjauan pustaka) yang hasilnya dapat diambil menjadi bahan pertimbangan untuk menarik kesimpulan dan saran dari suatu penelitian. Umumnya fungsi ini terdapat pada perpustakaan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dan perpustakaan khusus.

4. Fungsi Kultural
Perpustakaan mempunyai fungsi kultural artinya, perpustakaan memiliki dan menyediakan bahan pustaka baik tercetak maupun elektronik yang menyajikan kebudayaan daerah, kebudayaan suatu bangsa ataupun kebudayaan antar bangsa. Di perpustakaan juga tersimpan koleksi hasil karya budaya manusia dari masa-ke
masa, yang dapat dijadikan rujukan untuk mempelajari sejarah peradaban manusia

5. Fungsi rekreasi
Perpustakaan mempunyai fungsi rekreasi artinya, pengguna dapat mencari koleksi
yang bersifat populer dan menghibur. Disamping itu, pengguna dapat menggunakan media audio visual (TV, VCD dll) serta koran yang disediakan di perpustakaan tersebut. Untuk beberapa Perpustakaan, ada yang menyediakan taman dan mendekorasi ruang perpustakaan menjadi tempat yang nyaman dan, toko buku, warnet sampai mini-market.r pustaka

B. Jenis Pepustakaan

Setiap perpustakaan yang didirikan mempunyai tujuan, organisasi, jenis pemakai dan kegiatan yang berbeda-beda. Karena perbedaan ini maka perpustakaan menjadi berbeda-beda jenisnya. Beberapa pakar mengelompokan jenis perpustakaan sebagai berikut.
1. Perpustakaan Nasional
Perpustakaan Nasional adalah perpustakaan yang didirikan oleh suatu Negara (biasanya di satu Negara hanya ada satu) yang mempunyai fungsi utama untuk menyimpan semua bahan pustaka tercetak, terekam serta multi media yang diterbitkan oleh Negara tersebutdan atau mengenai Negara tersebut.
2. Perpustakaan Umum
Adalah jenis perpustakaan yang didirikan oleh masyarakat umum dan di biayai oleh masyarakat itu sendiri baik secara langsung (swadaya) maupun tidak langsung seperti melalui pajak. Perpustakaan umum biasanya mempunyai cirri-ciri sebagai berikut :
a. Perpustakaan terbuka untuk umum
b. Siapa saja boleh masuk
c. Dibiayai dengan dana masyarakat
3. Perpustakaan Khusus
Maksud dari perpustakaan khusus ini adalah perpustakaan instansi pemerintah maupun instansi swasta. Tujuan didirikanya perpustakaan ini biasanya untuk mendukung instansinya dengan cara menyediakan informasi bagi pegawai di lingkungan instansi tersebut guna memelihara dan meningkatkan pengetahuan pegawai yang bersangkutan.
4. Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana dan fasilitas penyelenggarakan pendidikan sehingga setiap sekolah semestinya memiliki perpustakaan. Tujuannya adalah membantu para murid untuk mencapai tujuan khusus sekolah yang bersangkutan dan tujuan pendidikan pada umumnya. Pengelolanya adalah guru pustakawan atau guru-guru dan pegawai yang diberi tugas tambahan. Sedangkan pemakainya adalah para siswa atau pelajar dan guru-guru dari sekolah yang bersangkutan.
5. Perpustakaan Perguruan Tinggi
Adalah perpustakaan yang berada di lingkungan perguruan tinggi, universitas, sekolah tinggi, akademi dan pendidikan tinggi lainnya yang pada hakekatnya merupakan bagian integral dari suatu perguruan tiungginya.

Konsep Dasar dan Pengertian Manajemen
A. Definisi
Manajemen berasal dari bahasa Inggris management dengan kata kerja to manage yang secara umum berarti mengurusi. Secara umum penertian manajemen adalah pengendalian dan pemanfaatan semua factor dan sumberdaya yang menurut suatu perencanaan (planning) diperlukan untuk mencapai atau menyelesaikan suatu tujuan kerja yang tertentu (Prajudi dalam Sutarno,2004).
B. Perkembangan Manajemen Secara Singkat
Manajemen sudah digunakan orang sejak dahulu. Manajemen sendiri telah mengalami 5 tahap perkembangan , seperti (1) manajemen autoriter, (2) manajemen ilmiah, (3) manajemen hubungan manusia, (4) manajemen berorientasikan hasil, (5) manajemen tanggung jawab social.

Fungsi-fungsi Manajemen
Koontz dan O’donnel dalam bukunya The Principle Of Management : an Analysis of Managerial Function menyebutkan fungsi manajemen tersebut ada lima, yaitu planning, organizing, staffing, directing, dan controlling.
A. Planning atau Perencanaan
Untuk mencapai tujuan yang baik dan efisien dalam bidang apapun biasanya kita harus membuat rencana. Perencanaan dapat diartikan sebagai menentukan sasaran yang ingin dicapai, tindakan yang ingin dilakukan, bentuk organisasi yang sesuai untuk mencapainya dan personal yang harus melaksanakan kegiatan tersebut.
B. Organizing atau Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah penetapan struktur peran-peran melalui penentuan aktivitas yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan, pengelompokan aktivitas, penugasan kelompok aktivitas kepada managerpendelegasian wewenang untuk melaksanakanya, pengkoordinasian hubungan-hubungan wewenang dan informasi baik horizontal maupun vertical dalam struktur organisasi.
C. Staffing atau Pengisian Jabatan
Staffing atau pengisian jabatan dapat didefinisikan sebagai pengisian jabatan dalam struktur organisasi dengan cara mengidentifikasikan kebutuhan tenaga kerja, mendaftar tenaga kerja yang ada, merekrut, memilih, menempatkan, promosi, menilai, dan member imbalan dan melatih orang yang di perlukan.
D. Directing atau Pengarahan
Directing dapat diartikan sebagai memimpin dan mengawasi orang-orang bawahan atau subordinat (tidak termasuk manajer atau anggota manajemen). Proses directing tersebut melibatkan kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain.
E. Controlling atau Pengawasan
Controlling atau pengawasan merupakan suatu usaha yang sistematis untuk menetapkan standar prestasi pada sasaran perencanaan, merancang system-sistem umpan balik informasi, membandingkan prestasi actual dengan standar, menentukan apakah ada penyimpangan serta menetapkan cara memperbaiki penyimpangan tersebut.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.