Pemko Pekanbaru Kembali Terima Penyerahan Arsip

oleh -213 views

Pekanbaru – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) menyerahkan sejumlah arsip statis kepada Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Perpustakaan dan kearsipan, Jumat (15/01/2020).

Arsip-arsip tersebut diserahkan langsung oleh Kadis DP3A, Chairani kepada Kadispusip,Ir Hj Nelfiyonna M Si selaku Kepala LKD Pekanbaru dengan disaksikan oleh pihak Inspektorat dan Bagian Hukum Sekretariat Kota Pekanbaru yang juga berkesempatan menyaksikan kegiatan pemusnahan arsip sesuai jadwal retensi arsipnya.

“Langkah yang dilakukan DP3A Ini merupakan langkah yang tepat dan sangat kami apresiasi. Arsip yang diserahkan nantinya akan menjadi akses kepada publik dan generasi mendatang untuk mengenal bagaimana sejarah dari DP3A maupun OPD lainnya, karena arsip ini berfungsi sebagai memori kolektif bangsa,” kata Nelfiyonna.

Selain memudahkan akses, lanjut Nelfiyonna, penyerahan arsip juga bermanfaat dalam peningkatan kinerja serta pembenahan dalam pengelolaan kearsipan menjadi sistematis dan terorganisir sesuai dengan ketentuan UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan.

“Kami terus menginformasikan bahwa arsip itu penting untuk diselamatkan dan dijaga, karena memang masih minim kepercayaan dari masyarakat maupun OPD, khawatir arsip yang diserahkan bisa hilang. Ketika arsip diserahkan akan melalui proses baru nanti akan disimpan didalam depot arsip,” tambahnya.

Kemudian, pemusnahan arsip yang sudah tidak lagi memiliki nilai guna juga dilakukan oleh DP3A. “Pemusnahan arsip rutin dilaksanakan pada arsip yang memiliki batas kadaluarsa dan tidak lagi bisa menjadi bahan yang diperkarakan. Ini karena setiap harinya kita memproduksi arsip, jika tidak dimusnahkan konsekuensinya ialah kita harus menyiapkan tempat yang lebih besar,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Kadis DP3A Pekanbaru, Chairani menyampaikan pembinaan yang dilakukan Dispusip sebagai Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) itu diharapkan mampu untuk menata pengelolaan kearsipan sehingga bisa menjadi rujukan yang patut ditiru oleh instansi lainnya.

“Melalui kerjasama inilah kita bisa menjadi lebih baik lagi. Jujur tanpa ada arsip kita tidak bisa apa-apa, karena arsip itu penting. Maka, arahan dan masukan Dispusip sangat kami perlukan dalam upaya pengelolaan arsip kedepannya,” tutupnya.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.