Pekanbaru Lakukan Rapid Test dan Desinfeksi Masal untuk Cegah Penyebaran Covid-19 -Dispusip Sumbangkan 100 Masker dan Enam Personil

oleh -331 views

Pekanbaru – Dalam rangka percepatan penanganan Virus Corona (Covid-19) di Pekanbaru, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melakukan aksi penyemprotan desinfektan dan rapid test masal di sejumlah wilayah. Upaya ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Pekanbaru. Kegiatan sudah dilakukan sejak Sabtu (30/5/2020) lalu di Tenayan Raya.

_MG_6841

Pada Selasa (2/6/2020), Pemko melakukan Apel Siaga Penyemprotan Desinfektan dan Rapid Test Masal yang dilaksanakan di Kantor Lurah Tangkerang Selatan Jalan Imam Munandar. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Gubernur Riau H Syamsuar selaku Pembina Upacara serta Walikota Pekanbaru yang diwakili Wakil Walikota Pekanbaru.

_MG_6718

Pada upacara ini, tampak hadir sejumlah OPD yang ada di lingkup Pemko Pekanbaru, salah satunya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Pekanbaru yang ikut mengirimkan relawan dan alat-alat. Tampak hadir juga kelompok mahasiswa serta organisasi masyarakat di wilayah tersebut serta Forkompimda dan personil keamanan.

Di hadapan seluruh peserta, Syamsuar menyampaikan bahwa saat ini Riau sudah mengalami penurunan transmisi lokal. Ia pun menyampaikan terimakasih kepada seluruh petugas dan masyarakat yang sudah bekerjasama mencegah penularan Covid-19 selama masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) beberapa waktu lalu.

“Saat ini masih ada dua daerah yang zona merah di Riau yakni di Meranti dan Bengkalis. Kita juga memiliki zona hijau di daerah Rohil dan Kuansing. Untuk Pekanbaru, statusnya saat ini masi zona kuning,” papar Syamsuar.

Meski saat ini sudah mulai terjadi perlambatan penyebaran Covid-19, Gubernur meminta seluruh kalangan untuk tidak berhenti berusaha. Kepatuhan dan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan harus tetap dilakukan. Apalagi dari WHO (World Health Organization), belum ada vaksin Covid-19 hingga saat ini dan masa pandemi virus tersebut belum diketahui sampai kapan.

“Masyarakat harus tetap mengikuti arahan pemerintah. Masa New Normal bukan kembali seperti awal semula, tapi menjadikan kebiasaan menjaga penularan virus sebagai bagian dari kebiasaan. Saling mengingatkan bukan lagi menjadi hal yang aneh sesama masyarakat,” jelasnya.

Walikota Pekanbaru yang diwakili oleh Wakil Walikota, H Ayat Cahyadi, menyebutkan bahwa penurunan transmisi lokal di Pekanbaru harus disyukuri. Ke depannya, Pekanbaru harus menjadi zona hijau dengan usaha bersama seluruh pihak.

Ayat menyampaikan di masa sekarang, masyarakat harus tetap produktif dalam berusaha. Mulai dari pedagang, penyedia jasa, dan profesi lainnya selama masa new normal. “Namun kita harus tetap memakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak,” katanya.

_MG_6835

Hari ini, Pemko akan melakukan rapid tes masal dan desinfektan di beberapa daerah. Daerah yang menjadi sasaran saat ini adalah di Kelurahan Tangkerang Utara dan Tangkerang Selatan. “Kita sudah lakukan aksi ini di tiga kecamatan. Tampan, Tenayan Raya, dan hari ini Bukit Raya. Kamis kita akan lakukan juga di Marpoyan Damai” jelas Ayat.

Personil dan alat-alat yang digunakan dalam aksi ini sendiri berasal dari berbagai pihak. Mulai dari kalangan pemerintahan, TNI/Polri, ormas serta mahasiswa. Dari Dispusip sendiri menyumbangkan 100 buah masker yang dibuat oleh salah seorang pegawai Dispusip, enam orang personil dengan tiga unit alat semprot desinfektan.

“Dalam aksi ini, Dispusip juga ikut berpartisipasi. Hari ini kita ikut membantu dan meramaikan Apel serta proses desinfeksi ke rumah warga. Jadwal kita selanjutnya tanggal 4 Juni 2020 di Marpoyan Damai,” ungkap Kepala Dispusip Pekanbaru, Hj Nelfiyonna.

_MG_6790

Setelah apel, jajaran Dispusip yang dipimpin langsung oleh Nelfiyonna langsung melakukan desinfeksi di rumah warga sekitar Jalan Kina dan Jalan Meranti. Dispusip juga memberikan informasi dan literasi tentang Covid-19 kepada masyarakat.

Nelfiyonna juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi anjuran pemerintah dalam berkegiatan. Untuk layanan Dispusip sendiri, saat ini masih dibatasi pada layanan digital saja. Masyarakat dapat mengakses buku lewat aplikasi iPekanbaru secara gratis. Sedangkan layanan langsung di kantor saat ini masih dihentikan sementara hingga ada kebijakan selanjutnya dari Walikota.

_MG_6900

“Senang bisa berkontribusi untuk Pekanbaru sehat. Alhamdulillah juga bisa memberikan literasi masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan terutama menggunakan masker, mencuci tangan, dan social distancing untuk pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 di tengah masyarakat,” tutup Nelfiyonna.

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru #DispusipPekanbaru

#salamLiterasi #ayokeperpustakaan #Ayomembaca #perpustakaan #kearsipan

#budayabaca #perpussemakinbaik #mobilkelilingperpustakaan #Indonesia

#Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip

#perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip #dokumen #library #librarian #book

#archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu #BICorner

#SalamLiterasi #SalamSmart #Sinopsis #SinopsisBuku

BACA & PINJAM >>> GRATISSS

————————

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru

Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.

Telpon : (0761) 859318

WA : 0813-7809-1515

Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com

Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id

Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU

Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.Pku

Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/

-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.