Pameran Foto Suguhkan Rekam Jejak Pekanbaru Dari Masa Ke Masa

oleh -101 views

Pekanbaru – Jejeran foto-foto sejarah perkembangan Kota Pekanbaru dipajang secara rapi dalam pameran arsip. Perjalanan Kota Pekanbaru mulai dari pembangunan hingga interaksi sosial masyarakatnya ternyata menarik untuk ditelisik untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, khususnya pada generasi muda.

Dalam perjalanannya, perubahan Kota Pekanbaru secara baik terabadikan lewat sebuah gambar. Seperti tampak pada salah satu foto, bagaimana Jalan Diponegoro pada tahun 1970 masih tampak asri dan belum banyak bangunan disana. Berbeda dengan kondisi Jalan Diponegoro tahun 2018, terlihat jalanan sudah diaspal, terdapat lampu jalan serta kini daerah bundaran tugu keris telah menjadi pusat jajanan dan tempat kumpul anak muda Pekanbaru.

Pameran rekam jejak Pekanbaru dari masa ke masa diselenggaran oleh Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekabaru dalam acara Musrenbang angka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kota Pekanbaru 2022 dengan tema peningkatan pembangunan manusia dan kualitas infrastruktur untuk percepatan pemulihan ekonomi dan kehidupan masyarakat di Hotel Pangeran, Senin (29 Maret 2021).

“Gambar dapat berbicara ribuan kata dan memberi banyak makna didalamnya. Maka, dalam acara Musrenbang, kita berkesempatan untuk berpartisipasi melakukan pameran. Foto-foto yang disuguhkan mengabadikan peristiwa dari masa lalu dan kembali diceritakan kepada kita dimasa sekarang, sehingga generasi muda mengetahui sejarah Kota Pekanbaru,” kata Kepala Dispusip Kota Pekanbaru, Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Yasser Hamidy mengapresiasi pameran foto ini. Kesadaran sejarah akan terbangun dengan baik lewat kesadaran menjaga arsip, karena suatu bangsa terbentuk dari pengalaman bersama dimasa lampau.

“RI, Ir Soekarno pernah mengatakan jas merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Ini penting bagi anak cucu kedepan. Kepada seluruh elemen masyarakat yang memiliki foto-foto bersejarah di Pekanbaru, terkait bangunan, dokumen maupun foto agar bisa menyampaikan ke Dispusip,” jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan salah seorang pegawai Bappeda Kota Pekanbaru, Febri Andriati bahwa perkembangan Pekanbaru harus diketahui oleh generasi muda agar mereka dapat mengetahui bagaimana perkembangan sejarah daerahnya. “Terutama untuk putra daerah, kita harus tahu ini. Arsip sebagai memori kolektif yang mengambarkan perjalanan sejarah bangsa dari masa ke masa,” ungkapnya.

Pameran rekam jejak Pekanbaru dari masa ke masa telah beberapa kali diselenggarakan oleh Dispusip Pekanbaru. Maka dari itu, salah seorang warga Pekanbaru, Fernando mengharapkan pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dispusip bisa mengadakan pameran pada area publik yang banyak dikunjungi masyarakat luas.

“Ini menarik, kita bisa melihat Pekanbaru tempo dulu. Kalau boleh Dispusip kedepannya bisa menggelar kembali pameran di area publik, seperti mall, RTH agar masyarakat bisa mudah melihatnya,” pungkasnya.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.