Merangsang Minat Baca Siswa Melalui Dongeng

oleh -450 views

Pekanbaru – Meningkatkan minat baca pada anak sejak dini tidak akan berhasil tanpa adanya bukti nyata yang dilakukan. Untuk itulah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru memiliki ruang baca tersendiri bagi anak-anak dengan berbagai macam koleksi buku.

kunjungan tk islamic 2

Disela kunjungan Taman Kanak-kanak (TK) Future Islamic School untuk mengikuti serangkaian kegiatan Dispusip, diantaranya mewarnai dan mendongeng. Puluhan siswa tersebut juga tampak menikmati kegiatan membaca buku-buku anak, seperti dongeng yang tersedia disetiap rak.

“Dari kunjungan ini diharapkan anak-anak dekat dengan kegiatan membaca, meskipun belum mengenal baca tulis. Tapi dengan melihat gambar-gambar dan dongeng bisa membuat anak tertarik membaca kedepannya,” Kepala TK Future Islamic School, Wiwid Sulastri SPd pada Rabu (22/01/2020).

kunjungan tk islamic 4

Disampaikan Wiwid, ini kali kedua pihaknya berkunjung ke Dispusip. “Kunjungan pertama saat tahun lalu, sudah banyak perubahan disini yang menarik. Dari kegiatan yang disediakan oleh Dispusip untuk anak-anak tentu memberikan banyak manfaat untuk anak berkreasi, tapi semoga saja bisa ditambah lagi kegiatan,” jelasnya.

kunjungan tk islamic 6

Kedatangan pihak sekolah sendiri disambut langsung oleh Tia Khairurriza, S.Ip selaku pembawa acara dan Pustakawan Ely Marni sebagai pendongeng. Dalam kesempatan itu, Ely mengatakan kegiatan mendongeng pada anak sejak dini dapat merangsang minat baca. “Setelah mendengarkan dongeng yang menarik, sering kali anak akan tertarik untuk mendengarkan cerita dongeng lainnya,” jelasnya.

kunjungan tk islamic 7

Selain itu, mendongeng mempunyai beberapa manfaat untuk membantu anak-anak berimajinasi yang pastinya sangat penting bagi perkembangan daya pikirnya. “Dongeng pula menjadi sarana dalam menanamkan etika dan nilai-nilai kehidupan melalui karakter dongeng. Bisa belajar nilai kejujuran, rendah hati, empati, tolong menolong dan lainnya,” tutupnya.

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru #DispusipPekanbaru
#salamLiterasi#ayokeperpustakaan#Ayomembaca#perpustakaan #kearsipan
#budayabaca#perpussemakinbaik #mobilkelilingperpustakaan#Indonesia
#Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book
#archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.Pku
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.