Menghitung hari, iPekanbaru akan hadir sebagai Perpustakaan Digital berbasis sosial media

oleh -23 views
ipekanbaru epustaka bpa pekanbaru 01
ipekanbaru epustaka bpa pekanbaru 01

Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru dalam waktu dekat akan memperkenalkan aplikasi perpustakaan digital yang berbasis sosial media yang diberi nama iPekanbaru.  iPekanbaru adalah Aplikasi Perpustakaan digital (ePustaka) yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca eBook dan fitur sosial media. Aplikasi ini diwujudkan dengan kerjasama Badan Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Kota Pekanbaru (BPA Kota Pekanbaru) dengan PT. Woolu Akasara Maya (Aksaramaya) sebagai pengembang aplikasi.

iPekanbaru berbasis sosial media

Dalam iPekanbaru itu nantinya ada fitur ePustaka. ePustaka akan berisi kumpulan perpustakaan digital yang juga memiliki ribuan koleksi eBook yang bisa dipinjam dan dibaca secara online dan offline melalui berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, dan desktop/laptop. Nantinya untuk perpustakaan digital milik Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru akan menampilkan 4000 koleksi eBook yang merupakan bantuan dan hibah dari PT. Indosat.

iPekanbaru dapat digunakan untuk berbagai perangkat. Agar aplikasi dapat berjalan dengan baik pada smartphone berbasis android, ios dan dekstop atau laptop berikut standar spesifikasi untuk setiap perangkat.

Spesifikasi Minimal untuk Android :

-4.0 and up

-1 GB of RAM

-4-inch display size

Spesifikasi Minimal untuk iPhone/iPod :

-Required iOS 7.0 or Later

-Optimized for iPhone 5

-Compatible for iPhone and iPod Touch

Untuk PC/laptop minimum OS windows 7 dan ram 1GB.

iPekanbaru berbasis media sosial

Aplikasi iPekanbaru memerlukan koneksi internet untuk mengunduh di Play Store dan Appstore untuk iOS serta juga bisa mengunduh melalui Website   untuk format hybrid yang diakses menggunakan PC/laptop. Aplikasi juga dapat berjalan secara offline jika sudah login dan mendapatkan ebook yang diinginkan. Artinya eBook juga dapat dibaca saat offline.

Sebelum login ke iPekanbaru, pengguna harus memiliki akun iPekanbaru terlebih dahulu. Jika tidak ingin ribet mengisi form pendaftaran yang disediakan. Pada aplikasi ini juga terdapat fitur facebook dan google autentifikasi. Artinya dapat login dengan menggunakan akun facebook atau google yang dimiliki.

Jika melakukan pendaftaran melalui form daftar caranya adalah dengan mengisi data yang diperlukan sesuai dengan form yang tampil.

Username  : Nama lengkap pengguna

Email     : Alamat email, berfungsi sebagai username untuk Login

Password  : Kata kunci untuk masuk ke dalam aplikasi

Confirm Password : mengulangi kata kunci.

Dan terakhir tekan tombol Sign up : Untuk mengirimkan data registrasi

Untuk memulai menggunakan iPekanbaru anda terlebih dahulu masuk melaui menu login. Caranya dengan memasukkan email dan password yang diisi pada form registrasi pada tahap sebelumnya dan klik tombol Sign In. Jika berhasil anda akan masuk ke halaman dashboard, jika tidak akan ada notifikasi gagal login. Perhatikan dengan benar data yang dimasukkan.

Manfaat dari iPekanbaru ini sangat banyak sekali. Selain dapat membaca buku, penggunakan iPekanbaru dapat saling berteman, berinteraksi serta merekomendasikan buku yang menarik. Pengguna bisa membaca berbagai buku dalam satu aplikasi dengan mudah, praktis dan cepat, kapan saja dan di mana saja. Melalui iPekanbaru, pengguna/pembaca juga dapat berinteraksi langsung dengan penulis melalui fitur sosial media yang disediakan.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.